Bakso President

7 Makanan Khas Malang yang Wajib Kamu Coba

Malang merupakan kota wisata yang selalu menjadi tujuan liburan akhir pekan. Ada banyak spot wisata alam yang memukau di Malang seperti kawasan wisata petik apel, Pantai Balekambang, Selecta hingga destinasi wisata kekinian seperti BNS, Jatim Park dan lain-lain. Namun, liburan ke Malang tidak akan lengkap tanpa menikmati kuliner khas daerah. Ragam kuliner Malang legendaris berikut wajib masuk dalam daftar tujuan icip-icip Anda.

1. Soto Ayam Lombok

Soto Ayam Lombok bukan berasal dari Pulau Lombok lho! Namun, lokasi pertama warung soto ayam kampung ini di Jalan Lombok, Malang. Soto ayam ini memiliki citarasa lezat yang istimewa sehingga Anda wajib mengunjungi kuliner Malang yang telah berdiri sejak tahun 1955 ini. Datang saja setiap hari mulai pukul 07.00-00.30 WIB untuk menikmati seporsi Soto Ayam Lombok.

Soto Ayam Lombok
Soto Ayam Lombok (foto: kuliner-khas-malang.blogspot.com)

2. Bakso President Malang

Kuliner Malang yang paling terkenal adalah bakso. Ya, Anda tidak boleh liburan ke Malang tanpa mampir ke kedai bakso paling fenomenal yaitu Bakso President Malang yang beralamat di Jalan Batanghari nomor 5, belakang Hotel Savana. Keunikan bakso satu ini dibandingkan jenis bakso lain ada pada pilihan isi dan menu. Anda bisa memilih bakso urat, bakso besar, bakso kecil, bakso telur dan lain-lain.

Bakso President
Bakso President (foto: arifsetiawan.com)

3. Pos Ketan Legenda

Pos Ketan Legenda telah ada sejak tahun 1967 yang masih berdiri hingga sekarang. Anda bisa menikmati sajian kuliner khas berupa olahan ketan yang tak biasa. Ada banyak pilihan menu kuliner olahan ketan yang bisa Anda coba seperti ketan bubuk, ketan susu, ketan keju, ketan durian dan lain-lain. Datang saja ke kawasan alun-alun Batu tepatnya di Jalan KH. Agus Salim yang buka setiap hari mulai pukul 15.00-03.00 dini hari.

Pos Ketan Legenda
Pos Ketan Legenda (foto: ikutilangkahkaki.com)

Baca juga: 5 Tempat Wisata Alam Populer di Malang

4. Sate Landak dan Biawak Bu Ria

Salah satu kuliner Malang yang memiliki banyak peminat adalah Sate Landak dan Biawak Bu Ria. Bagi Anda yang suka mencoba tantangan kuliner ekstrem, wajib mencoba mencicipi sate landak yang ternyata memiliki daging lembut lho! Selain itu, bumbu-bumbu khas menjadikan seporsi sate landak dan biawak di sini selalu laris manis. Penasaran dengan kuliner ekstrem ini? Datang saja ke Jalan Raya Bugis nomor 47 Saptorenggo.

Sate Landak Bu Ria
Sate Landak Bu Ria (foto: ourwisatamalang.com)

5. Pecel Kawi

Kuliner Malang legendaris yang buka sejak tahun 1979 ini bernama Pecel Kawi. Citarasa seporsi pecel di sini berbeda dari kebanyakan pecel yang ada di Malang. Konon rasa sambal kacang begitu gurih dan lebih kental sehingga membuat Pecel Kawi menjadi favorit banyak orang. Anda bisa menikmati pecel dengan sambal kacang gurih dilengkapi rempeyek renyah. Lokasi Pecel Kawi ada di Jalan Kawi nomorĀ  43B, Malang.

Pecel Kawi
Pecel Kawi (foto: mainasik.com)

6. Warung Ronde Titoni

Berdiri sejak tahun 1948, Warung Ronde Titoni telah populer sebagai kuliner Malang Raya. Anda bisa menikmati wedang ronde yang menjadi menu kuliner utama atau memilih aneka makanan penghangat tubuh lain seperti angsle, cakue, roti goreng dan lain-lain. Lokasi Warung Ronde Titoni ada di Jalan Zainal Arifin Malang.

Warung Ronde Titoni
Warung Ronde Titoni (foto: ngalam.co)

7. Toko Oen

Kuliner Malang yang tidak boleh dilewatkan saat momen liburan adalah berkunjung ke Toko Oen. Anda bisa melihat langsung tempat nongkrong favorit kaum Belanda tempo dulu. Ya, Toko Oen masih mempertahankan gaya klasik sejak dibangun tahun 1930 lalu. Selain bisa menikmati desain interior tua, Anda bisa memesan kelezatan es krim Toko Oen yang melegenda. Ada pula aneka kuliner lain seperti steak, nasi goreng dan kue kering yang bisa Anda coba di Jalan Basuki Rahmad Malang.

Toko Oen
Toko Oen (foto: rinaldimunir.files.wordpress.com)

Informasi lengkap tempat wisata di Malang

Kuliner Malang yang enak dan lezat lain tentu masih banyak sekali. Anda wajib menjelajah setiap tempat kuliner yang menawarkan citarasa melegenda. Yuk, ajak keluarga besar hunting kuliner di kota Malang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *