Sate Bulayak

7 Makanan Khas Lombok Yang Boleh Dicoba!

Banyak orang yang menganggap jika Lombok terkenal dengan pariwisatanya yang sangat mengagumkan. Namun, siapa sangka jika pulau yang cukup kecil ini memiliki ragam makanan khas Lombok yang sangat menggoda dan wajib untuk dicicipi.  Tentu saja, cita rasa makanan tersebut sangatlah unik dan pastinya akan membuat Kamu ketagihan untuk mencoba lagi dan lagi. Oleh sebab itu, pastikan selalu mencicipi makanan tersebut guna membuat liburanmu semakin sempurna.

Tidak kalah dengan kuliner yang berasal dari berbagai daerah lain, makanan khas Lombok ternyata mampu membuat para wisatawan ketagihan untuk selalu mencoba di saat bertandang ke lokasi wisata tersebut. berikut ini beberapa jenis makanan yang memiliki cita rasa khas Lombok yang wajib Kamu coba selama bertandang ke Lombok:

1. Sate Rembiga

Bagi Kamu penggila sate, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan khas Lombok yang dikenal dengan sebutan sate rembiga. Sebuah kuliner yang sangat terkenal di Lombok ini ternyata dulunya dikonsumsi oleh para raja saja. oleh sebab itu, jika Kamu penasaran dengan cita rasa makanan yang dikhususkan untuk raja, pastikan Kamu menyempatkan diri untuk berburu sate rembiga.

Sate Rembiga
Sate Rembiga (Foto: http://warungsaterembigautama.com/)

2. Ayam Taliwang

Makanan khas Lombok lainnya adalah ayam taliwang yang dibuat di sebuah kampung yang bernama Taliwang. Bisa dibilang bahwa ayam taliwang ini merupakan warisan dari masa ke masa hingga sekarang kuliner tersebut banyak diminati oleh para wisatawan sehingga dijadikan sebagai bagian dari mata pencaharian. Hal unik dari kuliner ini adalah rasanya yang renyah sebab ayam yang digunakan masih berusia 3-5 bulan.

Ayam Taliwang
Ayam Taliwang (Foto: goodindonesianfood.com)

3. Plecing Kangkung

Bagi Kamu yang suka dengan kuliner kangkung, Kamu bisa mencari makanan khas Lombok yang dikenal dengan sebutan plecing kangkung. Kuliner yang dibuat dengan merebus kangkung serta menambahkan sambal tomat di atasnya dan dilengkapi dengan berbagai sayuran lain seperti kacang panjang ataupun tauge banyak dinikmati oleh wisatawan yang singgah di Lombok.

Plecing Kangkung
Plecing Kangkung (Foto: resepmedia.com)

Baca juga: 7 Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba

4. Sate Bulayak

Akan sangat kurang jika Kamu yang berkunjung ke Lombok tidak mencicipi makanan khas Lombok yang dikenal dengan sebutan sate bulayak. Sebuah sate yang dibuat dengan memilih bahan sesuai dengan keinginan yang mencangkup daging ayam, sapi ataupun usus sapi ini menjadi primadona para pengunjung ke Lombok. Sajian ini akan nikmat jika dihidangkan bersama bulayak yang merupakan lontong dengan pembungkus daun aren.

Sate Bulayak
Sate Bulayak (Foto: indonesiakaya.com)

5. Nasi Balap Payung

Dikenal sebagai makanan khas Lombok Tengah, nasi balap payung adalah sebuah kuliner yang sangat menggoda dan pastinya dikombinasikan dengan bumbu yang sangat menggugah selera. Dalam penyajiannya, nasi ini disajikan dalam bentuk nasi kedelai yang dikombinasikan dengan telur asin serta ayam suwir. Meskipun sederhana, sajian ini sangat lezat.

Nasi Balap Payung
Nasi Balap Payung (Foto: foody.id)

6. Ayam Rarang

Jika Kamu singgah di Lombok Timur, pastikan untuk mencicipi makanan khas Lombok yang dikenal dengan nama ayam rarang. Sebuah kuliner dengan bahan dasar ayam dan dibuat di wilayah Rarang ini dibumbui dengan bumbu yang masih segar. Dalam satu porsinya terdiri dari ayam goreng kering, sayur bayam dan sajian ayam Rarang dengan bumbunya yang special.

Ayam Rarang
Ayam Rarang (Foto: facebook.com/migrationology)

7. Sate Tanjung

Dikenal sebagai kuliner khas desa Tanjung, sate tanjung memiliki bahan dasar yang berupa ikan. Sebagai makanan khas Lombok, kuliner ini memiliki cita rasa yang sangat berbeda sebab bahan dasar ikan yang digunakan adalah ikan cakalang. Untuk mendapatkan kuliner ini, Kamu bisa menuju ke pasar tanjung ataupun di sekitar wilayah Terminal Tanjung.

Sate Tanjung
Sate Tanjung (Foto: iqbalkautsar.com)

Ragam makanan khas Lombok memang sangatlah bervariasi dan Kamupun bisa memilih salah satu makanan yang menjadi favorit Kamu selama beriwisata di Lombok. Sangat kurang sempurna jika Kamu berwisata tanpa mencicipi ragam kuliner yang sangat menggoda lidah untuk selalu dicicipi cita rasa khas Lombok yang sangat unik.

Cek ini: informasi lengkap tempat wisata di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *