Tol

Jalur Mudik 2018, 7 Tol Baru Siap Dilintasi!

Menjelang hari raya idul fitri, berbagai persiapan sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia termasuk pembangunan jalur tol yang nantinya akan dilintasi oleh para pemudik menuju kampung halaman. Seperti halnya tol jalur mudik 2018 kali ini, yaitu tol Trans Jawa yang membentang dari Cikampek (Jawa Barat) hingga mencapai wilayah Surabaya (Jawa Timur).

Seperti yang dilansir dari Okezone, dari pembangunan tol yang telah dilaksanakan oleh pihak pemerintah, berikut ini referensi jalur mudik 2018 yang bisa anda lalui.

1. Tol Pemalang – Pejagan

Diungkapkan oleh pihak Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, bahwa untuk tol jalur mudik 2018 yang sampai sekarang sudah beroperasi di Jawa Tengah adalah jalur tol Pemalang – Pejagan. Meskipun jalur ini sudah bisa difungsikan untuk jalur mudik, namun masih ada beberapa titik yang ternyata juga difungsikan sebagai jalur fungsional

2. Tol Batang – Semarang

Untuk anda yang berencana mudik ke Jawa Tengah, Roy Lumowa juga mengungkapkan jika tol jalur mudik 2018 yang membentang mulai Tol Batang – Semarang secara fungsional juga sudah siap untuk dilalui. Hingga kini, pembangunan sedang dilakukan dengan cepat dan diharapkan selesai H-10 atau di awal Juni. Meskipun nanti ada sebagian jalan yang masih berupa tanah, keseluruhannya ini masih dibilang on progress.

Baca juga: Mudik Naik Mobil? List Ini Sudah Kamu Cek Belum?

3. Tol Pemalang – Batang

Ruas tol jalur mudik 2018, Tol Pemalang – Batang dengan panjang 38,20km ini juga dinyatakan siap untuk dilalu sebagai jalur mudik 2018. Hal ini diungkapkan oleh pihak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yaitu Basuki Hadimuljono yang pada telah melakukan peninjauan di lokasi. Sebelumnya, jalur tol ini difungsikan sebagai jalur darurat, namun di tahun ini jalur tol Pemalang – Batang sudah dapat difungsionalkan

4. Tol Brebes – Gandulan

Lagi, menurut Royke Lumowa, bahwa untuk tol jalur mudik 2018 yang dalam hal ini adalah tol Brebes – Gandulan juga siap untuk beroperasi pada mudik lebaran kali ini. meskipun demikian, jalur Kaliangsa – Gandulan atau sepanjang 30km masih belum begitu mulus untuk dilewati roda empat. Akan tetapi, hingga kini pengerjaan terus dilakukan guna memastikan kesiapan jalur tol tersebut

5. Tol Bogor – Ciawi Sukabumi (Bocimi)

Saat ini, dilaporkan bahwa tol jalur mudik 2018 yaitu tol Bogor – Ciawi Sukabumi dan juga jalur Bogor Outer Ring Road (BORR) saat ini sedang dalam proses pembangunan yang sangat signifikan. Jalur tol yang sempat mangkrak selama 25 tahun ini dipastikan akan bisa dilalui di musim lebaran kali ini.

6. Tol Semarang – Solo

Untuk tol jalur mudik 2018 yang dalam hal ini adalah tol Semarang – Solo diharapkan oleh pihak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan segera selesai pada seksi IV dan V. Jalur ini nantinya akan menghubungkan Salatiga dan Kartasura dengan panjang 32,24km. Sayangnya, untuk saat ini jalur Kali Kenteng masih dalam kondisi kritis yang nantinya akan tetap dilanjutkan pembangunannya

7. Tol Pandaan – Malang

Peningkatan volume kendaraan dari Malang ke Surabaya di musim lebaran memang tidak bisa dihindari, sehingga tol jalur mudik 2018 yaitu Tol Pandaan – Malang terus dilakukan upaya pembangunan. Namun demikian, tol ini akan bisa beroperasi secara penuh di akhir 2018 nanti. Meskpun demikian, jalur tol ini masih bisa dijadikan sebagai jalur alternatif untuk mudik 2018 kali ini.

Baca juga: Mudik Ketika Puasa, Simak 8 Tips Ini Untuk Tetap Fit!

Banyak tol jalur mudik 2018 yang sedang dalam proses pembangunan besar – besaran sebagai bagian dari cara untuk memperlancar arus mudik lebaran tahun ini. Akan tetapi, banyak pula beberapa jalur yang masih dalam tahapan pembangunan namun juga bisa dilewati sebagai jalur alternatif. Untuk tetap menjaga kenyamanan pemudik, telah dibangun rest area sebagai tempat beristirahat di beberapa ruas tol. Dengan demikian, aktivitas mudik anda akan lancar hingga sampai kampung halaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *