sate lilit

5 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

Makanan khas Bali memang sangat terkenal. Bukan hanya karena berasal dari daerah yang banyak digandrungi wisatawan lokal maupun asing, namun juga bumbu rempahnya yang kuat dan pedas hingga membuat lidah bergoyang. Rasanya kurang lengkap jika sudah di Bali namun belum mencicipi berbagai makanan khas Bali. Apa saja makanan khas Bali tersebut? Berikut ini 5 makanan khas ala Bali:

1. Ayam Betutu

Meskipun namanya ayam betutu, tidak selalu ayam yang digunakan sebagai bahan dasarnya. Ada juga pedagang yang meracik bebek dengan bumbu ayam betutu tersebut. Makanan ini merupakan ikon kuliner Bali. Bumbu rempahnya yang kaya akan tekstur pedas akan memanjakan para pecinta makanan pedas. Uniknya, bumbu rempah tersebut dimasukkan ke dalam perut ayam, sedangkan dagingnya dibungkus daun pisang. Untuk mendapatkan rasa yang pedas, gurih, sekaligus lembut, ayam ini dipanggang dalam bara api sekam hingga satu hari satu malam.

ayam betutu
Ayam Betutu (Foto: http://www.perutgendut.com/)

2. Sate Lilit

Meskipun namanya sate, jangan dibayangkan kuliner ini berwujud potongan daging yang ditusuk pada sebatang bambu. Sate lilit merupakan daging yang dicincang halus, kemudian diberi bumbu rempah Bali, baru dililitkan pada batang serai atau bambu. Karena merupakan daging halus, sudah tentu sangat empuk dan gurih karena bumbunya yang menggugah selera. Apalagi jika sate tersebut dililitkan pada batang serai. Aroma batang serai yang harum semakin menambah perut menjadi keroncongan. Daging yang paling disukai sebagai bahan dasar sate lilit adalah ikan tenggiri.

sate lilit
Sate Lilit (Foto: http://resephariini.com/)

Baca juga: 5 Pura Favorit di Bali yang Wajib Dikunjungi

3. Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung

Jika mendengar istilah rujak, yang terbayangkan pasti buah-buahan. Ya, makanan khas Bali ini memang berbahan dasar buah, seperti mangga, yang dicampurkan dengan kuah pindang yang super pedas. Sensasi pedas dan segar akan Anda dapatkan dalam kuliner ini. Sedangkan, jika bahan dasar yang digunakan adalah rumput laut yang dicampur kuah pindah dan cabe pedas, inilah yang disebut dengan rujak bulung. Rasanya juga tidak kalah segar dan pedasnya.

Rujak Kuah Pindang
Rujak Kuah Pindang (Foto: http://www.perutgendut.com)
Rujak Bulung
Rujak Bulung (Foto: http://www.leonardo-slatter.com/)

4. Nasi Jinggo

Jika di Yogya terkenal dengan nasi angkringan, di Bali tidak mau ketinggalan. Dengan kemasan yang hampir sama, nasi dengan porsi satu genggaman tangan, nasi jinggo menjadi makanan yang murah meriah di Bali. Seperi makanan khas Bali lainnya, nasi ini juga menawarkan sensasi super pedas pada lauk yang menyertainya, seperti ayam suwir, mi goreng, maupun tempe goreng. Karena porsinya cukup minimalis, Anda tidak akan kenyang jika hanya memakan satu porsi. Namun, jangan khawatir, harganya yang murah meriah tidak akan menguras kantong Anda meskipun makan beberapa bungkus.

Nasi Jinggo
Nasi Jinggo (Foto: http://jualnasikotakbali.com)

5. Nasi Tepeng

Makanan ini cukup unik karena berupa nasi lembek seperti bubur yang di atasnya disiram bumbu rempah ala Bali yang super pedas. Belum lagi cara penyajiannya yang menggunakan daun pisang. Selain rasa nasi yang nikmat, makanan pelengkap seperti kacang panjang, nangka muda, kelapa parut, terong, ayam suwir, hingga telor membuat sajian ini banyak digemari orang.

Nasi Tepeng
Nasi Tepeng (Foto: https://ksmtour.com)

Baca juga: Mau ke Bali? Jangan Lupa 5 Oleh-Oleh Khas Bali ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *