Ksitigarbha Bodhisattva

8 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru yang Lagi Hits

Tanjung Pinang adalah pusat pemerintahan daerah yang ada di Kepulauan Riau. Tanjung Pinang sendiri mempunyai tempat-tempat wisata menarik dan indah, tetapi didominasi oleh objek wisata religi. Penasaran tentang apa saja tempat wisata Tanjung Pinang yang hits? Yuk temukan jawabannya di bawah ini.

Wisata di Tanjung Pinang Terbaru yang Hits

Berikut ini beberapa daftar wisata yang ada di Tanjung Pinang terbaru dan yang paling hits:

1. Pulau Penyengat

Tempat wisata Tanjung Pinang yang pertama ialah Pulau Penyengat yang merupakan sebuah pulau kecil dan masih masuk dalam wilayah Kota Tanjung Pinang. Jarak tempuh dari pusat kota menuju Pulau Penyengat hanya 2 kilometer jalan darat, lalu dilanjutkan 15 menit menyeberangi lautan. Selanjutnya wisatawan melanjutkan dengan berjalan kaki kira-kira 200 m hingga tiba di pintu gerbang.

Di pulau ini memiliki pemandangan luar biasa. Selain itu, terdapat lima spot wisata antara lain Gedung Mesiu, kompleks pemakaman Raja Ali Haji, kompleks pemakaman raja Abdurrahman serta istana raja. Masjid Sultan Riau yang megah dengan berwarna terang juga berada di pulau ini.

Pulau Penyengat
Pulau Penyengat (foto: kemdikbud.go.id)

2. Masjid Pink

Destinasi wisata religi Tanjung Pinang ini mempunyai nama asli Masjid An-Nur Kawal, tetapi lebih dikenal sebagai Masjid Pink karena keseluruhan bagian luar bangunannya berwarna pink. Masjid yang satu ini memiliki gaya arsitektur yang terlihat mirip Taj Mahal. Sedangkan desain interior di dindingnya dihiasi dengan banyak ukiran kaligrafi.

Masjid Pink
Masjid Pink (foto: pesona.travel)

3. Ksitigarbha Bodhisattva

Vihara ini sebenarnya bernama Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. Namun saat ini lebih dikenal dengan sebutan seribu patung atau vihara seribu wajah. Tempat ibadah bagi umat Buddha ini menjadi vihara terbesar ke-2 se-Asia Tenggara setelah salah satu vihara di China. Saat masuk wilayah vihara pengunjung akan melewati pintu gerbang menyerupai pintu gerbang kota di China pada zaman dahulu dihiasi banyak bebatuan impor China.

Salah satu yang menarik dari objek wisata Tanjung Pinang ini yakni jumlah patung Lohannya yang mencapai 500 patung dengan wajah berbeda-beda serta 40-an patung Buddha. Jajaran patung Lohan di vihara ini tertata rapi dan semuanya berwarna sama yaitu keabu-abuan dengan tinggi mencapai 2 m.

 

Ksitigarbha Bodhisattva
Ksitigarbha Bodhisattva (foto: backpackerjakarta.com)
Patung 500 Lohan
Patung 500 Lohan (foto: melalaak.blogspot.com)

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Bali Utara

4. Masjid Sultan

Tempat wisata Tanjung Pinang yang terkenal salah satunya Masjid Sultan yang tegak berdiri di pulau Penyengat – Tanjung Pinang. Keunikan masjid ini ialah campuran bahan bangunannya yang bukanlah semen, putih telur, tanah liat dan kapur.

Warna khas hijau kuning masjid ini juga tak pernah berubah meski beberapa kali mengalami pemugaran. Pengunjung juga dapat melihat koleksi perpustakaan berupa kitab-kitab kuno dan Al-Quran dengan di tulisan tangan.

Masjid Sultan Riau di Pulau Penyengat
Masjid Sultan Riau di Pulau Penyengat (foto: wacana.co)

5. Masjid Dompak

Keindahan ornament dan arsitektur masjid bergaya Melayu ini mampu menarik perhatian wisatawan. Masjid Dompak berada di Kecamatan Bukit Besar, Kota Tanjung Pinang. Pengunjung dapat melihat pemandangan eksotis hutan bakau dengan jelas dari ketinggian di atas menara Masjid Dompak.

6. Pantai Trikora 

Objek wisata alam Pantai Trikora menawarkan pemandangan alam indah. Konon pemberian nama Trikora berasal dari wisatawan asing yang menjuluki pantai ini dengan nama Three Corral. Akan tetapi, penyebutan di lidah warga setempat menjadi pantai Trikora.

Aktivitas yang sering dilakukan pengunjung di objek wisata Tanjung Pinang ini antara lain snorkeling mengagumi habitat di bawah laut yang indah, berenang, dan memancing di atas bebatuan besar sekitar bibir pantai.

Pantai Trikora
Pantai Trikora (foto: anekatempatwisata.com)

7. Danau Biru

Objek wisata yang memiliki keindahan memukau ini dijuluki sebagai Icelandnya Indonesia. Objek wisata alam Danau Biru merupakan salah satu tujuan populer wisatawan. Danau ini berasal dari lubang bekas penggalian tambang, lalu air hujan mengisi lubang tersebut hingga menjadi danau jernih berwarna biru.

Danau Biru
Danau Biru (foto: bintantourism.com)

8. Bukit Panglong

Area Bukit Panglong dahulu merupakan bekas pertambangan yang diubah menjadi salah satu tempat wisata. Aktivitas pengerukan terus-menerus di bukit ini membentuk kawah dengan kedalaman sekitar 50 meter. Kawah tersebut menjadi danau cantik berisi air hujan dan air tanah. Pemandangan di sekitar Bukit Panglong juga tak kalah indahnya.

Bukit Panglong
Bukit Panglong (foto: jalanwisata.id)

Baca juga: 7 Fakta Candi Borobudur yang Belum Kamu Ketahui!

Itulah delapan tempat wisata Tanjung Pinang yang hits dan wajib dikunjungi. Ketika menginjakkan kaki di Kepulauan Riau sempatkan mengunjungi delapan tempat wisata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *