Ahli Berkendara

Mudik Naik Mobil? List Ini Sudah Kamu Cek Belum?

Persiapan mudik menggunakan mobil memang harus diperhatikan lebih detail bagi kamu yang hendak pulang kampung. Pasalnya, ada beberapa poin penting yang akan mempengaruhi kelancaran mudik kamu nanti. Service mesin secara berkala harus menjadi prioritas mengingat jalur darat selalu padat lalu lintas. Hal ini dikarenakan banyak orang lebih suka bepergian menggunakan kendaraan pribadi yang dianggap lebih nyaman dibandingkan kendaraan umum.

7 Tips Melakukan Persiapan Mudik

Agar mudik Anda tidak menjadi masalah maka ada baiknya persiapkan beberapa hal berikut ini. Diantaranya yakni :

1. Mengecek kondisi mobil secara keseluruhan

Tips persiapan mudik menggunakan mobil yang paling penting adalah cek kondisi mobil secara keseluruhan baik mesin, rem, ban, oli, bahan bakar dan lain-lain. Pastikan melakukan service rutin agar mobil siap menjadi kendaraan pribadi yang nyaman. Jika memang hendak mudik menggunakan mobil sewaan, kamu harus memastikan bahwa jasa sewa merupakan rental kredibel yang memiliki kualitas mobil terjamin.

Mengecek Mobil
Mengecek Mobil (Foto: http://www.autotronix.ca/services/vehicle-inspection/)

2. Membawa peralatan dan perlengkapan kebutuhan mobil

Bagaimana jika mobil mengalami mogok atau macet sedangkan bengkel lumayan jauh? Mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan saat berada di tengah perjalanan, kamu harus membawa peralatan dan perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan. Sedia payung sebelum hujan tentu lebih baik, bukan?

Selain itu ada baiknya kamu membawa charger handphone yang dapat digunakan di mobil atau membawa power bank untuk memastikan kelancaran komunikasi dan GPS handphone dapat berfungsi

3. Kelengkapan surat mobil

Bagi kamu yang hendak mudik memakai mobil, pastikan kelengkapan surat-surat mobil dengan baik. Jangan sampai kamu lupa mengecek persiapan mudik menggunakan mobil satu ini. SIM dan STNK wajib kamu bawa untuk menghindari risiko tilang khususnya saat berada di daerah lain. Urusan bakal ribet kalau surat mobil tertinggal di rumah, ya!

Surat Mobil
Surat Mobil (Foto: https://carvaganza.com)

4. Menyesuaikan kapasitas penumpang dan bagasi

Persiapan mudik menggunakan mobil juga harus memperhatikan kapasitas penumpan dan bagasi mobil. Jangan sampai kamu memaksa membawa jumlah penumpang yang melebihi kapasitas maksimal. Selain itu, barang bawaan yang terlalu banyak juga akan menimbulkan masalah lain seperti mobil oleng saat dikemudikan.

5. Mengatur jadwal keberangkatan

Tips mudik yang juga harus kamu pertimbangkan adalah memilih jadwal pulang kampung yang tepat. Sebaiknya kamu memilih rentang waktu jauh hari dibandingkan mudik menjelang lebaran. Hal ini untuk meminimalisir lonjakan arus mudik lebaran yang padat. Begitu pula saat memutuskan arus balik, pilih waktu yang tepat atau memastikan kondisi mobil siap berpacu kembali.

6. Pastikan keahlian berkendara

Apakah mudik menggunakan kendaraan pribadi merupakan kali pertama? Tips persiapan mudik menggunakan mobil yang harus kamu cek kembali adalah keahlian berkendara. Jika memang hendak menyetir sendiri, kamu harus benar-benar mengetahui titik-titik rawan dan daya pacu kendaraan.

Kalau mudik mengajak seluruh anggota keluarga khususnya anak-anak, pastikan kamu mengendarai mobil dengan kecepatan wajar. Jangan sampai mengabaikan kesehatan dan kenyamanan anak-anak demi mengejar ketepatan waktu sampai di kampung halaman

Ahli Berkendara
Ahli Berkendara (Foto: http://www.canadiandriversed.com)

7. Mengoptimalkan kesehatan dengan baik

Tips persiapan mudik menggunakan mobil yang tidak boleh dilewatkan adalah kesehatan. Kalau kamu hendak menyetir sendiri, pastikan memiliki kesehatan dan stamina prima. Utamakan istirahat jika memang membutuhkan waktu untuk memulihkan diri dari kelelahan. Jika memungkinkan, sebaiknya memiliki anggota keluarga yang juga memiliki keahlian menyetir. Kalau kamu merasa lelah, ada orang yang bisa menggantikanmu mengemudikan kendaraan.

Baca juga: Mudik Ketika Puasa, Simak 8 Tips Ini Untuk Tetap Fit!

 

7 tips persiapan mudik menggunakan mobil di atas wajib kamu perhatikan jika ingin pulang kampung dengan lancar. Jangan lupa pula untuk membawa kunci cadangan dan memastikan AC berfungsi dengan baik mengingat tradisi mudik tahun ini bertepatan dengan cuaca panas. Nah, kini kamu bisa bersiap mengunjungi orangtua atau sanak saudara di kampung halaman dengan aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *