Selecta Batu Malang

8 Wahana Seru yang Bisa Kamu Temukan di Selecta Batu Malang

Selecta Malang, tepatnya di Kota Batu merupakan wisata alam yang sejak lama menjadi tujuan wisatawan lokal maupun luar kota. Wisata alam ini terkenal dengan wisata taman bunga atau kebun bunga karena di dalamnya ada banyak sekali rangkaian taman bunga berwarna-warni. Wisata taman bunga Selecta ini dibangun cukup lama yaitu sekitar 8 tahun, masa pembangunan antara tahun 1920 hingga 1928.

Nama Selecta sendiri diambil dari bahasa belanda yaitu ‘selectie’, artinya pilihan dan dulunya diperuntukkan untuk peristirahatan orang Belanda. Namun, tahun 1950 mulai dibuka untuk umum setelah sebelumnya direnovasi. Luas keseluruhan wisata ini  18 hektar, dengan area taman bunga sekitar 10 hektar. Selecta Malang terus berkembang hingga sekarang, saat ini sudah banyak wahana yang disediakan untuk pengunjung.

Selecta Batu Malang
Selecta Batu Malang (foto: piknikasik.com)

Liburan Seru di Selecta Malang 

Untuk masuk ke wisata bunga Selecta Batu Malang, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 35 ribu rupiah. Wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 6 pagi sampai pukul 6 sore hari. Selain wisata bunga, Selecta Batu Malang juga menyediakan banyak wahana seru untuk melengkapi liburan para pengunjung. Berikut ini 8 wahana seru di Selecta, antara lain :

1. Sky Bike

Sesuai dengan namanya, wahana yang satu ini memungkinkan pengunjung untuk bersepeda tanpa mengayuh alias sepeda langit. Pengunjung bisa membayar 20 ribu untuk menaiki wahana ini, dan akan dibawa mengelilingi taman bunga dengan lintasan.

Sky Bike
Sky Bike (foto: hargatiket.net)

2. Play Ground OutBound

Jika membawa anak kecil dan belum boleh menaiki wahana seperti sky bike dan lainnya, bisa mengunjungi play ground outbound. Untuk bermain di play ground ini cukup membayar tiket wahana sebesar 10 ribu dan bisa main sepuasnya. Tentu dengan didampingi orang tua dan tim pengawas di Selecta Malang.

Outbound
Outbound (foto: datawisata.com)

3. Menunggang Kuda

Bagi yang suka berkuda, boleh juga nih naik wahana menunggang kuda yang tersedia untuk anak-anak hingga dewasa. Peralatannya pun lengkap seperti sepatu khusus berkuda, topi dan pengaman. Cukup membayar 10 ribu, ditemani dengan pawang atau pengawas kuda, pengunjung akan diajak berkeliling taman bunga Selecta.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Hits di Batam

4. Waterpark

Untuk yang tidak ingin bermain atau menikmati pemandangan bunga di Selecta, bisa main air di waterpark. Menariknya, air kolam di waterpark selecta ini langsung dari pegunungan, jadi airnya dingin sekali. Waterpark ini memiliki berbagai wahana perosotan yang umumnya digunakan untuk anak-anak.

Waterpark Selecta Malang
Waterpark di Selecta (foto: harga.info)

5. Pemandian Air Panas

Pengunjung yang tidak bisa main air karena airnya terlalu dingin tidak perlu khawatir karena di taman selecta ini juga ada pemandian air panas. Jadi tetap bisa main air walaupun tidak tahan dengan dinginnya air pegunungan di waterpark. Untuk menikmati pemandian air panas, pengunjung bisa membayar tiket 5 ribu rupiah saja.

6. Perahu Ayun

Wahana yang Satu ini juga sering disebut kora-kora. Seperti namanya, wahana ini berbentuk perahu besar yang berayun-ayun ke kanan dan ke kiri. Wahana ini termasuk yang paling seru dan berhasil membuat deg-degan karena ayunannya kurang lebih 90 derajat.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Di Maribaya Bandung

7. Bioskop 4D

Satu lagi keseruan yang ada di Selecta Malang yaitu bioskop 4D. Nonton Bioskop 4D paling seru ramai-ramai dengan teman atau keluarga. Karena selain menonton bioskop, pengunjung akan ikut merasakan secara langsung petualangan yang ada di dalam film.

8. Pasar Bunga

Meski menyediakan taman atau kebun bunga, pengunjung tidak boleh memetik atau mengambil bunga di area taman. Karena bunga-bunga di selecta memang dibudidayakan. Oleh karena itu, pengelola wisata menyediakan pasar bunga khusus untuk pengunjung yang ingin membawa pulang bunga-bunga cantik di selecta.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Unik di Yogyakarta

Masih banyak sekali wahana yang ada di selecta seperti flying fox, kiddie ride, perahu bebek dan lainnya. Pengunjung bisa puas bermain seharian hingga sore. Fasilitasnya juga lengkap, area parkir luas, terdapat toilet, musholla dan juga tempat makan. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *