Gardu Action

5 Tempat Wisata Unik di Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya identik dengan tempat wisata pantainya. Di kota gudeg ini, Anda juga bisa menikmati berbagai wisata unik yang tidak bakal Anda temui di daerah lain. Tak heran jika banyak wisatawan yang mengidolakan tempat nyaman ini sebagai alternatif wisata untuk mengisi liburan. Nah, jika Anda ingin tahu wisata unik yang terdapat di Yogyakarta, simak artikel ini hingga selesai.

1. Gardu Action

Pantai Parangkusumo tentu tidak asing lagi di telinga Anda. Di kawasan yang satu jalur dengan Pantai Parangtritis ini tersimpan tempat unik yang bisa Anda kunjungi, yaitu Gardu Action. Secara sekilas, tempat ini hanya merupakan tempat beristirahat dan berselfie. Beberapa tempat duduk dari kayu dan ban karet, bahkan sofa-sofa usang, terpasang rapi di bawah teduhnya pohon cemara. Beberapa ornamen yang ada di beberapa sudut juga semakin mempercantik tempat ini. Namun, siapa sangka jika barang-barang tersebut merupakan barang sampah yang diolah sedemikian rupan hingga nyaman digunakan sebagai tempat untuk menghabiskan liburan?

Gardu Action
Gardu Action (Foto: instagram.com/gilangpradana.s)

2. De Mata Trick Eye Museum

Tidak seperti museum pada umumnya, museum yang ada di Yogyakarta ini menampilkan tipuan mata yang mempesona. Berbagai gambar tiga dimensi yang unik dengan ukuran besar terpampang di dinding, siap mendampingi Anda dalam berpose. Sebagai contoh, Anda bisa seperti sedang memanjat sebatang pohon dengan panda lucu, tidur di atas ratusan paku tanpa sakit, dan gambar lainnya yang lebih menantang. Unik dan serunya tempat ini membuat banyak wisatawan menggemarinya. Tak heran jika Anda harus mengantre hanya untuk bisa berpose di satu gambar favorit.

De Mata Trick Eye Museum
De Mata Trick Eye Museum (Foto: instagram.com/februkresnanto)

Baca juga: 5 Gunung Tertinggi di Indonesia

3. Taman Pelangi

Sebelum menjadi Taman Pelangi, dahulu tempat ini merupakan Museum Jogja Kembali yang mempunyai bentuk unik, yaitu kerucut dengan puncak tumpul. Di dalam museum ini tersimpan berbagai macam barang bersejarah. Dalam perkembangannya, di pelataran museum ini dibangun taman indah, lengkap dengan ribuan lampion yang sangat indah pada saat malam. Tidak hanya itu, berbagai permainan anak dan food court juga ada di tempat ini.

taman pelangi
Taman Pelangi (Foto: instagram.com/arianti_ria)

4. Alun-alun Kidul

Alun-alun yang terletak di belakang kraton Yogyakarta ini memang sangat menarik saat malam tiba. Banyaknya sepeda tandem dan odong-odong dengan lampu kelap-kelip membuat suasan alun-alun menjadi meriah. Belum lagi banyaknya anak yang berlarian mengejar gelembung-gelembung busa. Uniknya, di tempat ini Anda juga bisa mencoba masangin, berjalan dengan mata tertutup hingga melintas di antara dua beringin besar yang ada di tengah alun-alun. Konon, bagi orang yang berhasil melewatinya, semua keinginannya akan terkabul.

Alun-alun Kidul
Alun-alun Kidul (Foto: instagram.com/bernardmaruli)

5. Prawirotaman

Tempat ini sebenarnya merupakan nama kampung. Berbagai macam model baju batik bisa Anda dapatkan di tempat ini. Tidak hanya itu, di tempat ini Anda juga bisa mencari penginapan unik dengan harga sangat terjangkau. Banyaknya kafe, artshop, toko buku, hingga pasar tradisional membuat banyak wisatawan yang lebih nyaman memilih menginap di kampung ini daripada di pusat kota.

Prawirotaman
Prawirotaman (Foto: http://www.eastasy.com/)

Baca juga: 5 Danau Terunik dan Tercantik di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *