Masjid Agung Banten

8 Tempat Wisata Banten yang Wajib Kamu Ketahui!

Banten, provinsi baru yang merupakan pecahan Jawa Barat memiliki banyak potensi wisata yang tak kalah menarik. Provinsi yang terletak di sebelah barat ibukota Jakarta ini layak dijadikan destinasi wisata untuk mengisi liburan Anda. Selain memiliki pantai yang indah di tempat wisata Banten kita juga bisa menemukan keindahan yang lainnya.

Bagi Anda yang mungkin sudah mulai bosan mengunjungi tempat wisata yang itu-itu saja, inilah tempat wisata di Banten yang layak didatangi.

8 Tempat Wisata Menarik di Provinsi Banten

1. Masjid Agung Banten

Anda ingin melakukan wisata halal yang sedang naik daun? Tempat wisata Banten memiliki Masjid Agung yang akan membuat perjalanan religi kamu semakin lengkap. Berlokasi di Kota Serang, masjid yang telah berusia ratusan tahun tersebut merupakan perpaduan budaya beberapa etnis yang ada di sana seperti Jawa, Cina dan juga Eropa.

Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten (foto: pesona.travel)

2. Pantai Anyer

Menyebut Banten pastilah orang akan teringat pada sebuah pantai yang terkenal yaitu Anyer. Pesona keindahan tepi laut di Anyer memang sudah terkenal sejak lama. Jangan lupa untuk memasukkan Pantai Anyer dalam daftar kunjungan ke Banten. Soal penginapan tidak perlu khawatir karena ada banyak cottage bisa ditemukan di kawasan wisata tersebut.

3. Rumah Hutan Banten

Tempat wisata Banten juga menawarkan bentuk keindahan lainnya yang pasti akan disukai oleh anak-anak. Ya, di pinggiran Serang yaitu di Desa Cidampit ada sebuah tempat wisata dimana di sana kamu bisa menemukan rumah pohon yang asri dan mirip cerita dalam dongeng. Mengajak anak-anak ke tempat tersebut akan membuat mereka gembira dan makin mencintai alam.

Rumah Hutan Banten
Rumah Hutan Banten (foto: sepedaan.com)

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Sering Dikunjungi!

4. Taman Nasional Ujung Kulon

Inilah tempat wisata edukasi yang patut kamu pertimbangkan untuk dikunjungi. Di tempat wisata ini kita bisa melihat dari dekat salah satu binatang yang dilindungi yaitu badak bercula satu. Bukan itu saja di kawasan hutan tropis tersebut kamu bisa menemukan hewan lainnya seperti beberapa binatang primata, babi, badak jawa dan masih banyak lagi.

Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon (foto: qtiket.com)

5. Curug Bumi

Suka kamping? Mengapa tidak mencoba tempat wisata Banten yang satu ini. Ya, di kawasan curug selain bisa menikmati ketenangan alam disertai suara gemericik air terjun, kamu juga bisa berkemah di sana. Curug Bumi atau Leuwi Bumi berlokasi di daerah Padarincang, Banten.

Curug Bumi
Curug Bumi (foto: phinemo.com)

6. Pantai Sawarna

Bagi yang hobi berselancar silahkan datangi Pantai Sawarna yang berada di kawasan Banten Selatan tepatnya di Bayah. Ombak yang cukup besar dan pantai yang indah membuat Pantai Sawarna cukup sering dikenal di media sosial.

Tanjung-Layar-Sawarna
Tanjung Layar, Sawarna (foto: sawarna.net)

Baca juga: 9 Tempat Wisata Anak Populer di Bandung

7. Pantai Sangiang

Tidak jauh dari kawasan Pantai Anyer hanya sekitar 45 menit saja naik perahu, kamu akan sampai di Pantai Sangiang yang masih merupakan bagian dari Selat Sunda. Tempat wisata di Banten tersebut juga merupakan lokasi yang menarik untuk melakukan aktivitas lain seperti snorkeling, memancing, bersepeda, berkemah dan banyak lagi sambil menikmati keindahan benteng peninggalan jaman penjajahan Jepang.

Pantai Sangiang
Pantai Sangiang (foto: penawisata.com)

8. Sungai Ciberang

Bagi kamu yang menyukai olahraga air seperti arung jeram wajib mengunjungi tempat wisata Banten satu ini. Sungai Ciberang merupakan tempat yang tepat untuk melakukan arung jeram bersama keluarga, kerabat atau rekan-rekan Anda. Petualangan yang seru dan memacu adrenalin akan Anda rasakan sepanjang perjalanan menyusuri sungai tersebut.

Hijaunya pepohonan di sisi sungai akan semakin menyejukkan mata. Disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki untuk sampai ke Sungai Ciberang. Hal tersebut akan lebih memudahkan perjalanan mengingat jalan untuk mencapai tempat tersebut cukup terjal.

Sungai Ciberang
Main rafting di Sungai Ciberang (foto: bantenwisata.com)

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Bali Utara

Nah 8 tempat wisata Banten diatas ini mana yang akan Anda kunjungi pertama? Ditunggu ceritanya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *