Danau Tamblingan

7 Tempat Wisata di Bali Utara

Siapapun yang mendengar kata Bali, maka yang dipikirkan pertama kali adalah destinasi wisata di Bali Selatan seperti Pantai Kuta, Tanah Lot, atau Pura Uluwatu. Cukup jarang menyebutkan tempat wisata yang lain. Padahal jika dibandingkan dengan wisata Bali selatan, wisata Bali utara juga tak kalah saing untuk masalah keindahan hingga suasananya.

Ada cukup banyak wisata Bali utara yang direkomendasikan. Berikut ini beberapa tempat wisata di Bali utara yang dijamin bakal bikin ketagihan.

1. Pantai Lovina

Salah satu tempat wisata Bali utara yang juga sudah cukup terkenal di kalangan mancanegara adalah pantai Lovina. Pantai yang identik dengan lumba-lumba ini terletak di Kabupaten Buleleng. Ya, hampir setiap harinya sekitar pukul 05.00 WITA Kamu bisa menyaksikan lumba-lumba yang berenang di permukaan laut. Jika beruntung, Kamu bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba yang melompat kegirangan disini.

Nah, bagi Kamu yang kurang begitu suka dengan hawa pantai, bisa mampir ke Sinsing Waterfall. Air terjun ini lokasinya cukup dekat dengan Lovina dan sering juga didatangi wisatawan lokal ataupun asing. Selain menyaksikan keindahan air terjunnya, Kamu juga bisa menyaksikan monumen peninggalan jaman Belanda. Dari cerita yang beredar, monument ini dibangun pada tahun 1869.

Pantai Lovina
Lumba-lumba (foto: http://balihellotravel.com)

2. Air Terjun Gitgit

Wisata Bali utara selanjutnya adalah air terjun Gitgit. Air terjun dengan tebing tertinggi di sekitaran Bali utara ini tak hanya indah namun juga menawarkan nuansa sejuk yang menggoda. Tak hanya dijadikan tempat wisata seperti biasanya, air terjun Gitgit juga sering digunakan sebagai tempat pemotretan bagi para fotografer yang menginginkan foto berlatar air terjun.

Air Terjun Gitgit
Air Terjun Gitgit (foto: wisatabaliutara.com)

3. Air Panas Banjar

Pemandian air panas yang terletak di Desa Banjar, Kecamatan Banjar ini sudah cukup terkenal dikalangan wisatawan lokal maupun manca. Lokasi pemandian ini juga tidak terlalu jauh jika berangkat dari Singaraja, ibukota Buleleng. Dalam waktu kisaran 30 menit, Kamu bisa sampai kesini, mandi air panas, dan hilanglah segala rasa lelah dan penat seharian.

Di pemandian air panas Banjar, Kamu akan menemukan 3 kolam yang satu sama lain saling berdekatan. Dulunya kolam-kolam ini digunakan untuk mandi oleh para tentara Jepang. Bagi Kamu yang membutuhkan tempat relaksasi yang nyaman dan tenang, wisata Bali utara ini cukup direkomendasikan. Nah, jika ingin berkunjung kesini, waktu yang paling baik yakni pagi hari. Diwaktu ini biasanya tamu yang datang hanya sedikit.

Air Panas Banjar Besar
Air Panas Banjar Besar (foto: wisatabaliutara.com)

Baca juga: 5 Pura Favorit di bali yang Wajib Dikunjungi!

4. Air Terjun Cinta

Selain Air Terjun Gitgit, wisata Bali utara juga memiliki air terjun lain yang tak kalah keren yakni air terjun Cinta yang terletak di Desa Wanagiri. Berlokasi di areal kebun kopi, air terjun ini menawarkan spot unik untuk berfoto mulai dari anjungan kupu-kupu, dek berbentuk jantung, serta sarang burung raksasa. Dinamakan air terjun Cinta karena disini ada 2 air terjun dimana di pertemuannya berbentuk hati.

Air Terjun Cinta
Air Terjun Cinta (foto: avillabali.com)

5. Air Terjun Sekumpul

Air terjun Sekumpul yang berlokasi di desa Sekumpul ini bisa dibilang sangat indah, bisa dikatakan bahwa ini adalah air terjun terindah di Bali. Seperti namanya “sekumpul” yang artinya berkumpul, disini Kamu bakal menemukan tujuh air terjun terpisah, dengan ketinggian yang berbeda-beda namun tetap dalam satu kawasan. Sangat indah dan memesona. Rugi rasanya jika kesini namun tidak mengabadikan foto berlatar air terjunnya.

Air Terjun Sekumpul
Air Terjun Sekumpul (foto: balihonestdriver.com)

6. Danau Tamblingan

Wisata Bali utara juga menyajikan wisata danau, salah satunya adalah danau Tamblingan. Danau yang masih asri dan belum tercemar ini menawarkan suasana yang tenang dan alami sehingga sangat cocok bagi Kamu yang ingin liburan santai. Didekat danau Tamblingan juga danau lagi yang bernama danau Buyan. Letaknya cukup dekat sehingga jika mampir ke Tamblingan, pastikan juga mampir ke danau Buyan.

Danau Tamblingan
Danau Tamblingan (foto: ksmtour.com/)

7. Motocross di Gunung Batur

Salah satu cara terbaik untuk menikmati Gunung Batur selain trekking yakni dengan bermain motocross. Gunung berapi aktif yang terletak di Desa Batur Kintamani ini merupakan salah satu gunung favorit para pendaki. Nah, kini sudah banyak persewaan motocross di kawasan Gunung Batur yang bisa Kamu coba.

Itulah 7 tempat wisata Bali utara yang bisa Kamu datangi bersama teman, atau keluarga. Keindahan serta suasananya yang sangat tenang dan asri dijamin tak kalah dibandingkan dengan wisata di Bali bagian selatan.

Informasi lengkap tempat wisata di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *