Penginapan di Derawan

8 Objek Wisata Hits di Derawan

Derawan, surga tersembunyi di Kalimantan Timur ini memiliki pesona yang menakjubkan. Merupakan gugusan pulau yang menyuguhkan keindahan pantai dan alam bawah lautnya. Memiliki air yang sebening kristal, membuat wisatawan dapat melakukan snorkeling maupun selam dengan nyaman. Karena matahari dapat menembus hingga taman bawah lautnya.

Ketika mengunjungi objek wisata Derawan, sempatkan untuk menginap di penginapan apung yang berada di bibir-bibir pantai Derawan. Pengalaman yang berbeda ketika menginap di hotel pada umumnya. Aroma laut dan suara deburan ombak akan menjadi suguhan utama saat menginap di penginapan apung ini.

Mengunjungi Objek Wisata Derawan yang Menawan

1. Menginap di penginapan apung

Untuk kamu yang tidak siap ketika begitu cepat liburan di Derawan, tenang saja, Derawan menyiapkan penginapan yang eksotis. Berada di bibir-bibir pantai Derawan, penginapan apung menyuguhkan segala keindahan laut yang bisa dinikmati pengunjung sambil bermalam di Derawan. Deburan ombak dan aroma khas laut akan menjadi pengalam menginap yang tak terlupakan.

2. Menengok keindahan bawah laut

Keindahan yang ditawarkan objek wisata Derawan salah satunya adalah keindahan taman bawah laut. Beberapa gugusan karang dapat dilihat ketika Anda menyelam hingga dasar maupun snorkeling. Derawan memiliki spot-spot terbaik menyelam untuk menikmati keindahan lautnya. Salah satu spot andalannya adalah Big fish country, dimana segala jenis ikan laut dan anemo berwarna-warni ditemukan.

3. Danau Ubur-ubur

Pulau Kakaban merupakan satu-satunya pulau dengan danau di tengah-tengah daratan ini. Selain itu, danau ini merupakan satu diantara tiga habitat ubur-ubur yang tidak menyengat di Indonesia. Sehingga setiap wisatawan diperbolehkan untuk berenang di danau, sambil merasakan pengalaman berenang dengan ratusan ubur-ubur di dalam danau.

Pulau Kakaban
Pulau Kakaban (Foto: Awan Harinto/Mongabay Indonesia)

Baca juga: 7 Destinasi Wisata Dieng yang Bisa Anda Kunjungi

4. Pantai Pulau Derawan

Sebagai pecinta wisata bahari, mengunjungi dan mengitari pantai pulau derawan akan memberikan pengalaman sendiri. Bentangan pantai dengan pasir putih lembutnya akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan uyang berkunjung di pantai pulau derawan ini. Ombak yang bersahabat akna membuat pengunung tenang saat berenang di pantai pulau Derawan ini.

5. Menginap di pulau Maratua

Salah satu pulau yang banyak dikunjungi di gugusan kepulauan Derawan ini adalah pulau Maratua. Memiliki resort sekelas internasional, menyuguhkan segala fasilitas kelas dunia. Selain dapat pengalaman sekelas internasional saat menginap di pulau Maratua ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan air laut nan eksotis berwarna hijau tosca yang langka.

Penginapan di Derawan
Penginapan di Derawan (foto: pesona.travel)

6. Goa Haji Mangku

Terletak 7 jam dari Maratua Resort dengan perjalann darat, Goa Haji Mangku merupakan objek wisata Derawan yang memiliki pemandangan unik. Untuk mempercepat treking, dapat menggunakan speed boat saat air laut pasang. Goa yang memiliki bentuk vertikal ini memiliki warna air biru. Selain pengunjung disuguhi ornamen khas goa, pengunjung dapat mencoba memacu adrenalin dengan melombat ke danau mini didalamnya.

Pesona Goa Haji Mangku
Pesona Goa Haji Mangku (foto: lupimargareth.blogspot.com)

7. Berenang di Labuan Cermin

Salah satu destinasi objek wisata Derawan adalah danau Labuan Cermin. Sangking jernihnya air di danau ini, wisatawan dapat melihat dasar Danau. Berenang di Labuan Cermin akan memberikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan. Wisatawan yang menyukai fotografi bawah laut akan dipuaskan dengan mengambil pose-pose unik di dalam danau cermin ini.

Danau Labuan Cermin
Jernihnya air seperti cermin (Foto: https://penjualgorengan.files.wordpress.com)

8. Menikmati kuliner khas Derawan

Berkunjung ke objek wisata Derawan tentunya kurang pas jika tidak menikmati kuliner-kuliner khas yang disediakan. Tehe-tehe, kuliner khas Derawan yaitu olahan ketan yang dimasak dengan santan dan panda. Terdengar biasa saja bukan, namun yang membuat unik adalah wadah memasaknya. Ketan, santan dan pandan ini dimasukkan ke dalam cangkang landak laut. Unik bukan?

Baca juga: 8 Tempat Wisata Banyuwangi yang Hits

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *