salah satu relief Candi Borobudur

7 Fakta Candi Borobudur yang Belum Kamu Ketahui!

Berbicara tentang Candi Borobudur yang masuk dalam 7 keajaiban dunia, tentulah kita bakal menemukan beragam fakta Borobudur yang cukup mengejutkan. Ya, Beberapa diantaranya bahkan sangat jarang dibahas di publik.

Nah, wujud cinta kita kepada sejarah di Indonesia, maka wajib bagi kita mengetahui beragam fakta menarik terkait dengan satu-satu keajaiban dunia yang ada di Indonesia ini. Lantas apa sajakah fakta Borobudur itu? Berikut ulasannya:

1. Candi Borobudur sampai kini belum jelas asal muasal namanya

Banyak ahli ikut merepresentasikan nama Candi Borobudur. Disitus Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, nama Borobudur disini diartikan sebagai pohon kehidupan yang tumbuh subur dan hidup disekitar kawasan candi.

Namun berbeda dari apa yang dituliskan dalam situs Dirjen Kemedikbud, Raffles dalam bukunya juga ikut mencoba mengartikan nama Borobudur. Dirinya menemukan 3 versi asal nama Borobudur antara lain: tempat yang kuno, Buddha Agung, dan banyak Buddha.

Nah, menurutmu mana yang benar?

borobudur
Candi Borobudur (Foto: instagram.com/adeliadw)

2. Candi Borobudur yang mulai dikenal dari catatan Thomas Raffles

Sir Thomas Raffles adalah seorang gubernur jenderal Inggris yang ditempatkan di Pulau Jawa. Pada masa jabatannya, dirinya menulis buku yang cukup terkenal tentang Pulau Jawa dengan judul “The History of Java”.

Dalam buku ini Raffles menuliskan pengalamannya menemukan gundukan bebatuan yang terkubur dan juga terlindungi oleh semak belukar. Dalam buku ini jugalah nama Borobudur dituliskan untuk pertama kalinya.

Sir Thomas Raffles
Sir Thomas Raffles (Foto: kompas.com)

3. Fakta Borobudur sebagai Candi Buddha terbesar di dunia yang disusun tanpa bahan perekat

Siapapun yang bertandang ke Candi Borobudur pastinya tahu jika bangunan candi ini disusun dengan balok-balok tanpa perekat. Ya, terbuat dari batuan vulkanik berbentuk balok, candi ini disusun tanpa perekat. Meski begitu, kekokohannya jangan diragukan.

Terlepas dari bentuk kokohnya bangunan, dari sini kemudian muncul pertanyaan. Darimana asal muasal balok vulkanik dan siapa penyusunnya? Sampai saat ini dua pertanyaan tersebut masih menjadi misteri. Belum ada penelitian pasti yang menyebutkan asal muasal balok vulkanik tersebut dan bagaimana cara menyusunnya.

fakta candi borobudur
Foto: instagram: @margarittta

4. Seniman dan arsitektur Hindu Buddha menyebutkan dulunya daratan kedu adalah danau purba

Fakta Borobudur satu ini sampai sekarang masih menjadi perdebatan para ahli. Penemuan yang terbilang kontroversial ini disampaikan oleh W.O.J Nieuwenkamp, seorang arsitektur Hindu Buddha.

Menurutnya, Candi Borobudur merupakan lambang dari bunga teratai yang mengapung pada permukaan danau purba. Lantas dimana danau purba? Menurutnya ada kemungkinan jika danau kedu adalah danau purba.

Baca juga: 5 Candi yang Terkenal di Indonesia

5. Lokasi Candi Borobudur yang amat sangat istimewa

Jika dilihat sekilas mungkin tidak ada yang menarik dari lokasi candi ini, namun jika diteliti lebih jauh kita akan menemukan fakta Borobudur yang cukup mengejutkan. Ya, Candi Borobudur lokasinya benar-benar strategis dan subur.

Candi Borobudur diapit oleh dua pasang gunung yakni gunung Sindoro – Sumbing dan gunung Merapi – Merbabu. Hal ini membuat kawasan disekitarnya nampak asri, indah dan subur. Selain itu, barisan Pegunungan Menoreh dan sungai Elo dan Progo yang mengeliling candi juga seakan menjadi “penjaga” Candi Borobudur.

Candi Borobudur
Candi Borobudur (Foto: instagram: @mn.irfanfaiz)

6. Bangunan Candi Borobudur memiliki 2672 relief yang terdiri dari relief dekoratif dan relief kisah

Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 123×123 meter. Disini Kamu akan menemukan sebanyak 504 arca Buddha. Tak hanya itu, disini Kamu juga akan menemukan total 2672 pahatan relief yang terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama adalah relief kisah sebanyak 1460 relief dan sisanya sebanyak 1212 relief merupakan jenis relief dekoratif.

Tampak Candi Borobudur dari atas (Foto: instagram: @mn.irfanfaiz

7. Setiap relief menggambarkan kehidupan Buddha

Tidak semua relief yang ada pada dinding candi merupakan relief dekoratif, sebagian adalah relief kisah. Dan mayoritas relief yang terphat di dinding candi ini menceritakan kehidupan Buddha. Salah satunya adalah relief Jataka dan Awadana dimana relief ini mengisahkan tentang kelahiran Buddha.

salah satu relief Candi Borobudur
Salah satu relief Candi Borobudur (Foto: http://borobudurpark.com/)

Itulah 7 fakta Borobudur yang jarang diungkap publik. Dari beberapa ulasan diatas, adakah yang mungkin baru Kamu ketahui? Simak terus update informasi kami untuk mengetahui hal-hal lain yang lebih mengejutkan!

Informasi lengkap tempat wisata di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *