Tol Medan-Binjai Seksi I Segmen Helvetia-Jalan Veteran

Mudik Tahun 2019, Bisa Pakai 5 Tol Baru Ini!

Sebentar lagi lebaran, tol baru mudik lebaran di Indonesia bisa jadi akses pilihan untuk Anda. Dalam rangka menjelang arus mudik, Persero (PT. Jasa Marga) sudah memastikan bahwa terdapat beberapa tol yang sudah bisa dilalui di banyak pulau di Indonesia. Tentu ini akan memudahkan pemudik yang ingin menuju ke kampung halamannya.

Danang Parikesit, Kepala BPJT atau Badan Pengatur Jalan Tol, mengatakan bahwa pihaknya sudah merencanakan untuk membuka lima ruas jalan tol. Fungsinya adalah untuk mendukung kegiatan mudik dan balik untuk persiapan lebaran 2019. Berikut ini adalah beberapa ulasan singkat  tentang tol baru mudik lebaran:

Inilah 5 Tol Baru Mudik Lebaran Tahun 2019

1. Tol Pandaan-Malang

Tol Pandaan-Malang menjadi salah satu tol baru mudik lebaran yang fungsional untuk mudik lebaran. Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Gatot Sulistyo Hadi sebagai Kepala Dinas telah memastikan bahwa tol tersebut untuk seksi I-III sudah siap dan telah diresmikan oleh Presiden RI Jokowi pada 13 Mei 2019. Tol Pandaan-Malang sendiri memiliki panjang 38 km dengan jumlah 5 seksi.

Tol Pandaan-Malang
Tol Pandaan-Malang (foto: http://suryamalang.tribunnews.com)

2. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang Kayu

BPJT sudah menyatakan bahwa tol Terbanggi-Penatang bisa digunakan dengan catatan bahwa yang digunakan hanya satu arah. Pembukaan tol baru mudik lebaran tersebut dilakukan pada H-10 dan H+10 lebaran. Perencanaan tersebut sudah dipersiapkan dengan baik oleh pihaknya bersamaan dengan Pemerintah Daerah setempat dan perhubungan darat.

Baca juga: Inilah 8 Mall Terbesar di Jakarta

3. Tol Medan-Binjai Seksi I Segmen Helvetia-Jalan Veteran

Tol baru mudik lebaran selanjutnya yaitu Tol Medan-Binjai. Dalam rangka menghadapi lebaran, pemerintahan sudah meresmikan pembukaan tol tersebut untuk jalur mudik sementara. Ia akan resmi dibuka untuk mudik pada H-10 dan H+10 lebaran. Semua pihak berharap bahwa dengan dibuka nya tol ini, arus mudik menjadi lebih lancar dan terkendalikan.

4. Tol Manado-Bitung

Tol Manado-Bitung akan resmi dibuka untuk mudik lebaran mendekati lebaran Idul Fitri 2019. Seperti yang diketahui, Tol ini akan dibuka pada H-10 dan H+10. Selanjutnya, untuk menindaklanjuti masalah ini, kepala BPJN XV Triono Junoasmono dan Direktur PT Jasa marga Manado-Bitung George Manurung bersepakat untuk membuat pertemuan dalam rangka pembukaan tol.

Mereka bersepakat bahwa ruas tol yang akan difungsikan untuk mudik dimulai dari kilometer 11 sampai dengan kilometer 25. Tol sepanjang 39.9 km tersebut sebelumnya pernah digunakan untuk jalur mudik natal dan tahun baru. Sejauh penggunaannya, tol baru mudik lebaran ini beroperasi dengan baik dan diharapkan hal yang sama pun terjadi pada mudik lebaran 2019 ini.

Tol Medan-Binjai Seksi I Segmen Helvetia-Jalan Veteran
Tol Medan-Binjai Seksi I Segmen Helvetia-Jalan Veteran (foto: detik.net.id)

5. Tol Balikpapan-Samarinda seksi I-III

PT JBS atau Jasa marga Balikpapan Samarinda sudah merencanakan untuk mengoperasikan Tol Balikpapan-Samarinda sebagai jalur mudik balik lebaran 2019. Untuk merealisasikan nya, JBS mengusahakan pembangunan tol baru mudik lebaran tersebut dapat rampung sesuai waktunya yaitu sebelum penggunaannya di H-10 lebaran.

Untuk sekarang, keseluruhan pembebasan lahan untuk seksi 1-5 sudah mencapai 98.77% sampai dengan awal April. Sedangkan, jika dilihat dari perkembangan konstruksi fisiknya, persentasenya mencapai 84.99%. Semua usaha dilakukan untuk mewujudkan target dari PT JBS tersebut akan pengoperasian tol untuk mudik.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Favorit di Lembang Bandung

Dari semua daftar tol di atas, dapat dijumlahkan semua total dari masing-masing panjang tol sebanyak 311,1 km. Dibukanya tol tersebut diharapkan dapat membantu kegiatan mudik-balik lebaran bagi semua yang ingin merayakannya di kampung halaman. Demikian Informasi tentang tol baru mudik lebaran di atas, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *