Telaga Warna dan Telaga Pengilon Dieng

7 Destinasi Wisata Dieng yang Bisa Anda Kunjungi

Dataran tinggi Dieng yang terletak di Jawa Tengah menyimpan banyak keunikan alam yang mempesona. Dalam beberapa waktu yang lalu saat Indonesia sedang mengalami hawa dingin di kawasan wisata Dieng bahkan ditemukan tanaman yang diselimuti es sebagaimana musim dingin di luar negeri. Fenomena alam tersebut tentunya sangat jarang bisa ditemui di sebagian besar wilayah negeri tercinta ini. Lokasi wisata di Dieng memiliki hawa sejuk yang menyegarkan.

Di kawasan wisata tersebut Anda tidak hanya akan bisa menikmati satu atau dua bentuk keindahan panorama alam. Ada banyak destinasi alam menarik yang bisa Anda temukan ketika mengunjungi Dieng Plateu tersebut. Berada di wilayah 2 kabupaten yaitu Banjarnegara dan Wonosobo, di tempat ini Anda juga akan bisa menemukan kawah vulkanik yang masih aktif dengan aroma belerang yang khas. Inilah salah satu hal yang cukup menarik dari kawasan wisata dataran tinggi Dieng.

Telaga Warna dan Telaga Pengilon Dieng
Telaga Warna dan Telaga Pengilon Dieng (foto: panduanwisatadieng.com)

Lalu ada apa saja di kawasan wisata Dieng tersebut? Inilah beberapa rekomendasi tempat yang patut dikunjungi saat kesana.

7 Destinasi Wisata Menarik di Dieng

1. Telaga Pengilon

Pengilon dalam bahasa jawa berarti cermin. Telaga Pengilon yang ada di kawasan Dieng tersebut memiliki air yang sangat jernih sehingga bisa untuk bercermin. Itulah mengapa telaga tersebut dinamakan pengilon karena airnya yang bening seperti cermin. Letaknya bersebelahan dengan kawasan Telaga Warna yang cukup terkenal tersebut.

2. Telaga Merdada

Selain Telaga Pengilon di kawasan wisata Dieng Anda juga akan menemukan Telaga Mardada. Telaga terluas di kawasan tersebut mirip dengan Danau Batur di Bali yang terbentuk oleh kaldera gunung berapi. Kalau Anda memiliki kesempatan untuk melihat telaga tersebut dari ketinggian maka akan bisa terlihat dengan jelas bentuk kaldera tersebut.

3. Gardu Pandang Tieng

Belum afdol rasanya jika berwisata di dataran tinggi atau pengunungan tetapi tidak ada tempat untuk bisa melihat alam dari ketinggian. Jangan khawatir karena Anda bisa datang ke Gardu Pandang Tieng yang berada di ketinggian 1700 di atas permukaan laut (dpl). Datanglah pada pagi hari untuk menikmati sunrise sambil melihat keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Kembang. Mata Anda juga akan dimanjakan dengan hijaunya lahan pertanian yang ada di sekitarnya.

Pemandangan Gunung Sindoro dari Gardu Pandang Tieng (foto: panduanwisatadieng.com)

Baca juga: 8 Tempat Wisata Hits di Batu, Malang

4. Batu Ratapan Angin

Nama dari lokasi wisata ini memang agak aneh untuk didengar yaitu Batu Ratapan Angin. Sebenarnya di tempat wisata ini Anda akan menemukan tebing yang cukup tinggi sehingga bisa untuk melihat Telaga Pengilon dan Telaga Warna sekaligus. Hanya saja untuk bisa menjangkau tempat ini Anda harus menyiapkan fisik dan tenaga yang cukup besar. Tetapi semua rasa lelah akan hilang saat menyaksikan keindahan alam Dieng dari ketinggian.

5. Kawah Sikidang

Ini adalah destinasi cukup terkenal di wisata Dieng yaitu Kawah Sikidang. Anda akan bisa melihat dari dekat bagaimana kawah aktif yang meletup-letup dan mengeluarkan aroma khas belerang. Jangan mencoba melewati pagar pembatas untuk keamanan Anda sendiri.

Kawah Sikidang (foto: manusialembah.com)

6. Telaga Warna

Yang sudah cukup terkenal dari Dieng adalah Telaga Warna yang airnya bisa berubah-ubah karena kandungan belerang tinggi di dalamnya. Air di telaga ini bisa berubah dari hijau menjadi merah, kadang juga berwarna putih, biru atau lembayung. Sebuah fenemena alam yang langka.

7. Museum Kailasa

Di kawasan wisata Dieng juga terdapat sebuah museum sejarah purbakala yang layak untuk dikunjungi. Museum ini secara administratif masuk ke wilayah Kabupaten Banjarnegara dan didirikan pada tahun 1984 yang lalu. Lokasinya berada di sekitar 500 meter sebelah selatan dari Candi Arjuna.

Museum Kailasa
Museum Kailasa (foto: ihategreenjello.com)

Baca juga: Inilah Aktifitas Seru Saat Liburan ke The Ranch Puncak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *