Yellow Bridge, Nusa Ceningan

7 Tempat Wisata Di Nusa Penida Bali yang Tidak Kamu Lewati!

Sekarang jangan terlalu fokus dengan Kuta. Tidak dipungkiri jika Kuta memiliki pesona alam yang sangat indah, namun sekarang sudah muncul primadona baru yang bakal jadi saingan Kuta yaitu Nusa Penida.  Ada banyak sekali tempat wisata Nusa Penida yang cantik dan masih alami. Bahkan beberapa spot layak untuk disandingkan dengan Raja Ampat atau Wakatobi. Menarik bukan?

Nusa Penida berlokasi di tenggara Bali dan dipisahkan hanya oleh selat Badung. Beberapa spot wisata disana didominasi dengan wisata pantai dan laut yang masih terbilang alami. Nah, beberapa spot yang harus dan wajib Kamu kunjungi ketika berada disini antara lain:

1. Pasih Uug (Broken Beach)

Ini adalah salah satu pantai terfavorit yang berlokasi di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Salah satu spot terbaik disini yakni spot foto berlatar tebing patah yang mirip terowongan.

Pasih Uug
Pasih Uug (Foto: instagram.com/nanangsujana)

2. Nusa Ceningan

Tempat wisata Nusa Penida selanjutnya berlokasi di Desa Lembongan. Ini adalah salah satu pulau kecil dari tiga gugusan pulau di Nusa Penida. Perairan disekitar Nusa Ceningan sangatlah jernih sehingga Kamu bisa melihat apa yang ada didasarnya. Nah, jika Kamu adalah seorang penantang adrenalin, cobalah untuk melompat ke laut dari tebing tinggi disampingnya. Aksi lompat tebing inilah yang menjadi daya tarik Nusa Ceningan, khususnya bagi wisatawan mancanegara.

Yellow Bridge, Nusa Ceningan
Yellow Bridge, Nusa Ceningan (Foto: journeyera.com)

3. Angels Billabong

Tempat wisata Nusa Penida ini merupakan muara sungai dimana diujung muara yang berakhir di laut terbentu kolam memanjang dari himpitan karang. Untuk menuju kesini Kamu harus menuruni tebing batu yang tajam dan terjal. Meski begitu, rasa lelah akan terbayar dengan air biru kehijauan yang segar dan jernih.

Nah, jika ingin merasakan sensasi renang disini, tunggulah sampai surut karena ombak Angel’s Billabong ketika pasang cukup berbahaya.

Angel's Billabong
Angel’s Billabong (Foto: instagram.com/onesonesan/)

Baca juga: 5 Pura Favorit di Bali yang Wajib Dikunjungi

4. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking atau disebut dengan T-Rex beach memiliki bentuk tebing yang menjorok seperti dinosaurus. Memang medan untuk menuju lokasi ini cukup ekstrem karena harus menuruni tebing yang terjal. Namun jangan khawatir karena semua akan terbayarkan. Bagi penyuka snorkeling atau diving, Kamu juga bisa menyalurkan hobimu disini lho.

Pantai Kelingking
Pantai Kelingking (Foto: instagram.com/thismattexists)

5. Toyapakeh

Lokasi ini menjadi salah satu tempat wisata Nusa Penida terbaik bagi para penyelam. Kumpulan karang keras dan luna, gerombolan ikan cantik sudah siap menyambut para penyelam mulai kedalaman 6 meter.

Toyapakeh
Toyapakeh (Foto: onedaytripnusapenida.com)

6. Goa Giri Putri

Goa sepanjang 262 meter ini juga menjadi salah satu spot wisata terbaik di Nusa Penida. Goa ini merupakan rumah dari sejkumpulan kelelawar. Nah, menariknya, aliran air yang ada dalam goa ini dipercaya warga sekitar sebagai air suci.

Goa Giri Putri
Goa Giri Putri (Foto: wisatabaliku.com)

7. Manta Point

Satu lagi tempat wisata Nusa Penida yang menjadi daya tarik bagi para pecinta snorkeling adalah Manta Point. Disini Kamu bisa bertemu dengan jenis ikan pari terbesar didunia. Lokasinya berada disekitar Pantai Kelingking. Sayangnya, saat ini Manta Point sudah sedikit tercemar oleh sampah yang terbawa arus laut. Terlepas dari itu, Manta Point tetap menjadi spot terfavorit yang wajib dikunjungi di Nusa Penida.

Manta Point
Manta Point (Foto: baliscubamasters.com)

Baca juga: 5 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

Nah, banyak bukan spot wisata yang menarik di Nusa Penida. Sudahkah Kamu menentukan mana tempat wisata Nusa Penida yang hendak Kamu kunjungi? Manapun itu, pastikan untuk selalu menjaga lingkungan sebaik mungkin agar lokasi wisata tetap asri dan bisa dinikmati sampai anak cucu kita nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *