Gunung Lokon

8 Tempat Wisata di Tomohon yang Wajib Kamu Kunjungi!

Kota Tomohon merupakan kota yang mempunyai julukan Kota Bunga. Mirip dengan julukan Kota Bandung tetapi ini di wilayah timur Indonesia yakni Provinsi Sulawesi Utara. Tomohon dianugerahi keindahan alam yang tidak kalah indah dengan daerah-daerah wisata lainnya. Selain pemandangan banyak bunga, Kota Tomohon juga memiliki cuaca yang sejuk.

Daftar Tempat Wisata Tomohon

Perlu diketahui bahwa ada banyak tempat wisata Tomohon. Berikut ini sedikit ulasan mengenai 8 tempat wisata Tomohon yang wajib untuk dikunjungi :

1. Danau Linow

Salah satu tempat wisata Tomohon ini begitu populer karena pesona alamnya. Yang paling menarik perhatian adalah air danau vulkanis ini dapat berubah-ubah tiga warna yakni biru, hijau toska, dan coklat muda. Danau ini berada di tengah pepohonan hijau yang menyejukkan ditemani kicauan burung. Pengunjung dapat menyaksikan sekumpulan burung belibis bermain-main di sekitar danau.

Danau Linow
Danau Linow (foto: Alampriangan.com)

2. Bukit Doa

Kawasan tempat wisata ini mempunyai magnet untuk menarik banyak wisatawan. Bukit Doa yang hijau terhampar luas sejauh pandangan mata. Pohon dan rerumputan yang tertata rapi dan bersih menghiasi sekitar Bukit Doa. Destinasi wisata religi bagi umat Kristen ini, juga dijadikan tempat wisata umum bagi non-Kristen sebagai lokasi gathering, outbond, dan pesta pernikahan bertema garden party.

Bukit Doa
Bukit Doa (foto: eljohnnews.com)

3. Gunung Mahawu

Tempat wisata Tomohon Gunung Mahawu menyajikan panorama alam eksotis nan cantik. Tidak heran jika kawasan Mahawu menjadi salah satu destinasi favorit yang wajib dikunjungi. Dari puncaknya Mahawu, wisatawan juga dapat melihat pemandangan Pulau Bunaken, Gunung Lokon, Teluk Manado, Gunung Klabat, Danau Tondano, serta pemandangan Kota Tomohon. Jalan pendakiannya pun cukup mudah karena telah ada anak tangga.

Gunung Mawahu
Gunung Mawahu (foto: betawian.blogspot.com)

Baca juga: 8 Tempat Wisata Populer Di Manado

4. Puncak Temboan

Dari Puncak Temboan, wisatawan bisa menikmati keindahan Gunung Klabat yang megah sekaligus menjadi gunung tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara. Menikmati keindahan danau Tondano yang terkenal sebagai danau terbesar di Provinsi Sulawesi Utara. Dan menikmati keindahan lautan Kota Bitung yang biru. Tempat wisata Tomohon yang satu ini berlokasi di Tomohon Timur, Rurukan Satu, Kota Tomohon.

Puncak Temboan
Puncak Temboan (foto: aufasidix.blogspot.com)

5. Pasar Ekstrem

Destinasi wisata lain yang sayang bila dilewatkan saat mengunjungi Tomohon ialah pasar ekstrem. Tak hanya pemandangan indah yang disuguhkan Tomohon tetapi juga pemandangan ekstrem yang mungkin membuat mengerutkan kening bahkan tidak tega. Di pasar ekstrem banyak dijual makanan yang berasal dari hewan seperti daging kucing, daging anjing, daging kelelawar (paniki), daging tikus, daging biawak, daging dan darah ular, dan beberapa makanan dari jenis hewan lainnya.

Hewan di pasar ekstrem umumnya sudah mati dan dipanggang. Selain itu, wujud rupa hewan masih sangat jelas tidak dipotong-potong, misalnya tikus panggang yang masih lengkap dengan kepala dan buntutnya.

6. Kaisanti Woloan

Tempat wisata Tomohon yang satu ini merupakan objek wisata baru. Kaisanti menawarkan panorama indah karena dari bukit ini pengunjung dapat memandang Gunung Lokon dengan jelas dan puluhan hektar kawasan persawahan. Selain itu, tersedia beberapa lokasi untuk swafoto dengan latar taman-taman bunga cantik.

Destinasi wisata ini cocok pula dikunjungi bersama anak-anak karena tersedia  fasilitas tempat makan, rumah pohon, ayunan, beberapa tenda dan tempat duduk untuk bersantai.

Kaisanti Woloan
Kaisanti Woloan (foto: @reginzs)

7. Gunung Lokon

Destinasi wisata ini banyak menarik kunjungan wisatawan mancanegara. Untuk mempermudah mendaki ke puncak Gunung Lokon yang massif aktif ini, jalur masuknya melalui pertigaan di depan gereja St. Fransiskus Xaverius. Gunung Lokon berada di ketinggian sekitar 1.580 mdpl.

Gunung Lokon
Gunung Lokon (foto: exploremanado.com)

8. Bukit Valentine

Dari Bukit Valentine, mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan persawahan serta rumah penduduk berlatar Gunung Lokon, Gunung Tatawiran dan Gunung Empung. Pengunjung yang suka swafoto tersedia spot khusus dengan rancangan sedemikian rupa agar hasil jepretan kamera pemula maupun profesional makin luar biasa. Selain itu, terdapat cafe untuk menikmati kopi dan makanan ditemani pemandangan indah di Bukit Valentine.

Bukti Valentine
Bukti Valentine (foto: zonautara.com)

Baca juga: 7 Wahana Dufan Ancol yang Wajib Kamu Coba!

Sedikit ulasan tersebut pasti membuat kamu penasaran untuk mengunjungi Kota Tomohon. Rencanakan liburan kamu ke Tomohon mulai sekarang. Jangan lewatkan 8 tempat wisata Tomohon yang sayang bila tak dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *