8 Tempat Bermain Anak di Jakarta

Taman Margasatwa Ragunan

Tak perlu jauh-jauh berlibur ke luar kota, datang ke tempat bermain anak di Jakarta juga bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menyenangkan. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi mulai dari yang menyediakan hiburan semata sampai yang bersifat edukatif. Jika Anda masih bingung, simak ulasan tentang 8 tempat bermain anak yang seru di Jakarta berikut ini.

Rekomendasi 8 Tempat Bermain Anak di Jakarta

Bagi warga Jakarta, kesibukan bekerja sehari-hari sering kali menyita waktu untuk keluarga. Karena itu, akhir pekan adalah saat yang tepat untuk membawa anak berekreasi ke tempat-tempat menarik di dalam kota. Di tempat-tempat bermain berikut ini, anak bisa bersenang-senang sambil belajar.

1. Kidzania

Jika Anda ingin mengenalkan beragam profesi kepada anak dengan cara yang menyenangkan, datanglah ke Kidzania. Berlokasi di Pacific Place lantai 6, tempat bermain ini menawarkan permainan yang seru dan edukatif. Anak-anak bisa mencoba berbagai profesi, seperti koki, dokter, atau wartawan dan mendapatkan “gaji”.

Kidzania, Jakarta
Kidzania, Jakarta (foto:ikurniawan.com )

2. Planetarium Jakarta

Anak-anak biasanya tertarik pada hal-hal yang berhubungan dengan luar angkasa. Untuk memperkenalkan benda-benda langit, Anda bisa mengajak anak-anak ke Planetarium Jakarta yang terletak di kompleks Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya. Selain teater bintang, anak-anak juga bisa mengamati luar angkasa di observatorium yang ada di sini.

Planetarium Jakarta
Planetarium Jakarta (foto: busbluestar.co.id)

3. Jakarta Aquarium

Menghabiskan waktu di mall juga bisa memiliki nilai edukatif. Contohnya dengan membawa putra-putri Anda ke Jakarta Aquarium yang terdapat di Neo Soho, Jl. Letjen S. Parman, Grogol, Jakarta Barat. Di sini, anak-anak pasti akan terkesan menyaksikan dan mengenal beragam biota laut di sebuah akuarium raksasa.

Jakarta Aquarium
Jakarta Aquarium

Baca juga: Inilah 8 Mall Terbesar dan Terbaik di Jakarta!

4. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan bukan saja tempat untuk mengenal aneka satwa, tetapi juga merupakan tempat bermain anak di Jakarta yang mengasyikkan, lho. Di sini, disediakan taman bermain yang tak kalah dengan playground yang biasa ada di mall-mall. Bahkan, bermain di tempat ini jauh lebih menyenangkan karena terletak di alam bebas dengan area yang luas.

Taman Margasatwa Ragunan
Taman Margasatwa Ragunan (foto: bisniswisata.co.id)

5. The Playground Kemang

Melakukan aktivitas out bond di tengah kota? Bisa, kok. Datang saja ke The Playground di Jl. Kemang Dalam 3B, Jakarta Selatan. Di tempat ini, anak-anak mulai usia bayi hingga 10 tahun bisa puas menikmati wahana air atau menguji keberanian dengan bermain flying fox dengan ketinggian 25 meter.

Baca juga: 9 Wahana Baru Dufan di Tahun 2019 yang Wajib Kamu Coba

6. The Wave Pondok Indah Waterpark

The Wave Pondok Indah Waterpark adalah tempat bermain anak di Jakarta yang menawarkan wahana permainan air. Tempat ini pasti disukai anak-anak karena banyak alternatif permainan yang disediakan. Mau berenang, meluncur dan terjun ke air, atau bermain tembak-tembakan dengan water gun di atas kapal bajak laut, semuanya ada.

The Wave Pondok Indah Waterpark
The Wave Pondok Indah Waterpark (foto: pondokindahwaterpark.co.id)

7. Museum of Toys

Nama Museum of Toys sangat dikenal di kalangan pecinta mainan. Anak-anak juga pasti senang datang ke tempat ini karena bisa melihat sekitar 5.000 mainan yang ada di sini. Untuk bisa melihat berbagai macam koleksi action figure dan patung yang disimpan di museum ini, pengunjung hanya diminta untuk membayar Rp50 ribu per orang. Museum ini terletak di Rukan CBD Blok I No. 1 Cipondoh, Tangerang.

Museum of Toys
Museum of Toys (foto: traveloka.com)

8. Trans Studio Cibubur

Jika Anda ingin mengajak anak bersenang-senang dengan permainan yang serba canggih dan menantang, Trans Studio Cibubur-lah tempatnya. Bukan hanya roller coaster-nya yang seru, di sini juga ada pertunjukan multimedia, 4D Theater, Jurassic Island, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada juga wahana khusus sebagai tempat untuk anak-anak bermain sambil belajar, yaitu di Science Center.

Trans Studio Cibubur
Trans Studio Cibubur (foto: tiket.com)

Tips Aman Bermain di Tempat Umum

Mengunjungi berbagai tempat bermain anak di Jakarta memang menyenangkan, tetapi orang tua juga perlu waspada soal keamanannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan orang tua agar anak aman bermain di tempat umum.

    • Hindari memakai gawai karena akan mengalihkan fokus dan perhatian Anda sehingga bisa membuat lengah dalam mengawasi anak.
    • Lakukan survei atau carilah informasi tentang tempat bermain yang akan dikunjungi dan pastikan tempat tersebut cukup aman dan dilengkapi fasilitas pengaman yang memadai.
    • Beri tahu anak tentang aturan bermain di tempat tersebut dan ingatkan anak untuk mengikutinya supaya keamanan terjaga.

Kebahagiaan anak adalah sumber kebahagiaan orang tua. Jadi, meskipun kesibukan sangat padat, jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk anak. Salah satunya dengan mengajaknya ke tempat bermain anak di Jakarta di akhir pekan.

Baca juga: Inilah Wahana Ocean Dream Samudra Ancol yang Bisa Kamu Nikmati!

Baca juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *