Pasar Terapung Lok Baintan

5 Pasar Terapung di Indonesia

Pasar terapung atau floating market adalah pasar dimana penjualnya melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan perahu di atas perairan seperti sungai atau danau. Di luar negeri, pasar terapung sangat diminati para wisatawan seperti The Damnoen Saduak Floating Market yang berada di Thailand. Tahukah kamu? Indonesia juga memiliki pasar terapung, inilah 5 pasar terapung yang boleh coba kamu kunjungi:

1. Pasar Terapung Muara Kuin, Kalimantan Selatan

Pasar Terapung Muara Kuin juga sering disebut dengan Pasar Terapung Sungai Barito, karena berada di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimatan Selatan. Di pasar terapung ini, kamu bisa menemukan pemandangan para penjual dengan menggunakan jukung, yang artinya perahu dalam bahasa Banjar.

Pasar Terapung Muara Kuin
Para pedagang yang membawa jakung (Foto: instagram.com/mertatristina)

2. Pasar Terapung Lok Baintan, Kalimantan Selatan

Pasar Terapung Lok Baintan yang berada di desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar ini tidak berbeda jauh dengan Pasar Terapung Muara Kuin. Para pedagang menjual hasil kebun mereka dengan perahu diatas sungai. Uniknya, pasar terapung ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar.

Pasar Terapung Lok Baintan
Suasana di Pasar Terapung Lok Baintan (Foto: instagram.com/ediyasmi)

Baca juga: 5 Foto Favorit Instagram pergiyuk! di Bulan September 2016

3. Pasar Terapung Siring Piere Tendean, Kalimantan Selatan

Pasar Terapung Siring Piere Tendean ini berada diatas sungai Martapura, kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Selain menjadi pasar, Pasar Terapung Siring sering dijadikan tempat untuk bersantai dan tempat untuk menikmati pemandangan sungai oleh para wisatawan. Kamu juga bisa menikmati berbagai kegiatan atau acara pesta kesenian rakyat disini loh!

Pasar Terapung Siring
Suasana di Pasar Terapung Siring (Foto: instagram.com/reza_ferizal)

4. Pasar Ah Poong, Jawa Barat

Pasar Ah Poong terletak di sungai Cikeas, Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Pasar Ah Poong merupakan pasar buatan dan sangat cocok untuk liburan keluarga. Para wisatawan bisa menikmati berbagai jajanan kuliner disini sambil menikmati pemandangan sungai.

Pasar Ah Poong
Pemandangan sungai di Pasar Ah Poong (Foto: http://propertiniaga.blogspot.co.id)

5. Pasar Apung Lembang, Jawa Barat

Pasar Apung Lembang ini sering juga disebut dengan Floating Market Lembang yang berada di Lembang, Bandung Utara. Pasar Apung Lembang merupakan tempat wisata favorit di kota Bandung yang wajib dikunjungi. Para pengunjung diperkenankan untuk membayar tiket masuk ke dalam Pasar Apung, selain pasar, wisatawan juga dapat menikmati berbagai wahana wisata disini.

Floating Market Lembang
Floating Market Lembang (Foto: sheratonbandung.com)

Baca juga: 5 Museum Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *