Curug Cikaso

8 Tempat Wisata Hits di Sukabumi

Kota Sukabumi merupakan salah satu kota terkecil di provinsi Jawa Barat. Memasuki kota Sukabumi pertama kali akan disambut dengan udara segar khas kota ini. Hawa sejuk nan asri di Sukabumi karena kota ini dikelilingi oleh pegunungan. Sehingga, menyempatkan berlibur kesini setelah penatnya pekerjaan adalah hal terbaik.

Selain itu, Sukabumi memiliki Geopark sekelas dunia. Ketika liburan ke Sukabumi, maka rencanakan terlebih dahulu tempat-tempat yang akan dikunjungi. Hal ini karena banyak sekali pilihan tempat wisata yang dapat didatangi. Umumnya tempat wisata Sukabumi merupakan wisata alam yang dikombinasikan dengan wisata edukasi yang ramah anak.

Tempat Wisata Sukabumi Kekinian

1. Jembatan Gantung Situ Gintung

Jembatan gantung situ gintung merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia dan juga di Asia. Memiliki panjang jembatan yaitu 243 m yang menggantung di atas lembah dan sungai. Memiliki ketinggian 150 m yang dapat memacu adrenalin kamu ketika kamu mencoba menyeberangi jembatan gantung ini.

Jembatan Gantung Situ Gintung
Jembatan Gantung Situ Gintung (foto: @umi_awaludin)

2. Kawah Ratu

Bagi kamu yang suka mendaki atau perjalanan yang menantang, Kawah Ratu adalah destinasi yang tepat. Merupakan kawah di salah satu lereng Gunung Salak yang fenomenal. Kawah Ratu, menyuguhkan pemandangan jajaran tebing yang akan membuat momen tak terlupakan karena kecantikan alamnya.

Kawah Ratu
Kawah Ratu (foto: limakaki.com)

3. Danau Batu Bacan

Danau Batu Bacan terbentuk akibat adanya sisa aktivitas pertambangan. Tanah kerukan sisa pertambangan akhirnya menjadi kubangan air dan menjadilah danau. Danau Batu Bacan tidaklah seluas danau pada umumnya, malah terbilang kecil. Menariknya, air di Danau Batu Bacan yang hijau inilah yang menarik wisatawan. Selain itu mereka juga tertarik dengan jajaran tebing batu yang ada pada tempat tersebut.

Danau Batu Bacan
Danau Batu Bacan (foto: @indahsopana)

Baca juga: 8 Tempat Wisata Banyuwangi yang Hits

4. Bukit Karang Para

Memiliki pemandangan alam yang menawan dan perumahan tradisional penduduk sekitar, membuat bukit Karang Para didatangi banyak wisatawan. Selain itu, keindahan baru-batu yang ada pada bukit ini yang merupakan ikon tempat ini. Pada bukit Karang Para juga dilengkapi spot foto selfie yang instagramble, yang bebas untuk digunakan bersama orang terdekat.

Bukit Karang Para
Bukit Karang Para (foto: basabasi.co)

5. Kampung Ciptagelar

Bagi kamu yang suka dengan wisata adat, kampung Ciptagelar ini jadi tempat yang sesuai untuk kalian. Kampung Ciptagelar merupakan salah satu perkampungan di Sukabumi yang masih memegang adat. Bentuk rumah-rumah adat di kampung ini masih dijaga dan dirawat dengan baik. Kadang-kadang saat kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan acara-acara adat digelar.

Kampung Ciptagelar
Kampung Ciptagelar (foto: budaya-sukabumi.blogspot.com)

6. Goa Buniayu

Goa Buniayu merupakan salah satu goa di Asia Tenggara yang memiliki sistem gua terbaik. Hal ini karena pada goa Buniayu telah dilengkapi peralatan keamanan bertaraf internasional. Selain itu, pemandu-pemandu yang berada pada goa Buniayu merupakan sesorang yang amat terlatih. Sehingga pengunjung akan mendapatkan kemanan yang terjaga.

Goa Buniayu
Goa Buniayu (foto: dianjuarsa.com)

7. Tebing Panenjoan

Tempat wisata Sukabumi berikutnya adalah tebing panenjoan terletak didaerah kawasan Geopark Ciletuh yang terdaftar sebagai taman bumi di UNESCO. Merupakan amfiteater raksasa dimana kamu dapat melihat hampir seluruh kawasan Sukabumi dan pesona alam yang disajikan. Pemandangan alam nan menakjubkan akan menghasilkan foto-foto terbiaik dari tempat ini.

Tebing Panenjoan
Tebing Panenjoan (foto: trivindo.com)

8. Curug Cikaso

Curug Cikaso merupakan air terjun alami yang memiliki pemandangan alam yang indah. Disebut sebagai curug Luhur. Berbeda dengan air terjung biasanya yang hanya memiliki satu air terjung, Curug Cikasi memiliki tiga curug yang membuatnya berbeda dengan curug-curug lainnya.

Curug Cikaso
Curug Cikaso (foto: hargatiket.net)

Baca juga: 8 Tempat Nongkrong Paling Hits di Bandung

8 tempat wisata hits di Sukabumi tersebut dapat kamu kunjungi ketika kamu sedang berlibur ke tempat wisata Sukabumi. Menikmati liburan dengan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan akan dapat mengembalikan pikiran yang segar. Yuk main ke tempat wisata Sukabumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *