Malioboro

8 Kegiatan Saat Wisata ke Jogja

Berlibur ke Jogja rasanya kurang pas jika kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Memang di Jogja terdapat banyak tempat wisata yang dijamin bakal membuat kita betah. Namun tanpa rencana kegiatan yang matang tentu acara wisata Jogjamu bakalan menjadi sia-sia. Untuk mengantisipasinya, Kamu butuh rencana kegiatan. Nah, dibawah ini akan Kami ulas sedikit gambaran kegiatan yang bisa Kamu lakukan ketika menginjakkan kaki di Kota Pelajar ini.

Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Berfoto di Tugu Jogja

Berwisata ke Jogja kurang lengkap jika tidak berfoto di spot utama kota Jogja, Tugu Jogja. Memang sekilas spot foto ini nampak biasa saja, tapi justru tempat inilah yang menjadi spot terfavorit wisatatawan baik dalam dan luar negeri untuk mengabadikan momen liburan mereka di Jogja.

Tugu Jogja sendiri terletak tepat di bundaran jalan yang penuh dengan lalu lintas kendaraan. Jadi cukup sulit mengambil gambar disini. Nah, mayoritas wisatawan lebih memilih berfoto dimalam hari karena diwaktu ini jalanan lumayan lenggang tidak sepadat siang hari. Selain itu background lampu mobil dan motor disekitar Tugu Jogja turut menambah cantik foto kenanganmu.

tugu jogja
Tugu Jogja (Foto: instagram: @amiw.photo)

2. Menjelajahi Malioboro

Tidak terlalu jauh dari Tugu Jogja, wisata Jogja satu ini masuk kategori wisata belanja. Ya, disini, disepanjang trotorar Jalan Malioboro, Kamu bakal disuguhkan dengan banyak pedagang yang menjual beragam kerajinan dan makanan khas Jogja. Malioboro sangat ramai dimalam hari. Salah satunya karena biasanya setiap malam disini selalu ada aksi dari para seniman jalanan.

Malioboro
Malioboro(Foto:pontas.id)

3. Berburu barang murah di Pasar Beringharjo

Sehabis dari Malioboro, jangan lupa ke Pasar Beringharjo. Bagi Kamu yang ingin mencari kuliner khas atau batik asli Jogja, maka ini adalah lokasi yang tepat. Apalagi harganya juga dibandrol sangat murah dan kualitasnya juga cukup bagus.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta

4. Sunset di Ratu Boko

Salah satu situs sejarah yang cukup terkenal dan hits saat ini adalah keraton Ratu Boko. Waktu yang paling tepat untuk datang ke tempat wisata Jogja ini adalah saat menjelang matahari tenggelam. Suasana yang syahdu dengan background indah pemandangan atas bukit di sore hari sangat indah untuk mengabadikan momen romantis bersama pasangan halalmu.

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko (Foto: instagram.com/palmer.travel.k22)

5. Berkunjung ke candi

Jogja memiliki banyak candi yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa berkunjung ke Candi Borobudur sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia, atau bisa juga ke Candi Prambanan sambil menikmati sendratari Ramayana.

borobudur
Candi Borobudur (Foto: instagram.com/adeliadw)

6. Nongkrong asyik di angkringan

Jogja memiliki banyak angkringan, nah salah satu yang terkenal adalah angkringan kopi joss di stasiun Tugu. Kamu bisa mampir kesini dan merasakan beberapa kuliner khas angkringan. Tak perlu khawatir masalah harga, mayoritas angkringan selalu memberikan harga yang terjangkau untuk sajiannya.

7. Makan gudeg

Datang ke Jogja tak lengkap tanpa makan gudeg. Hampir diseluruh penjuru Jogja Kamu bisa menemukan penjual gudeg, Kamu tinggal pilih mana lokasi yang ingin Kamu jadikan tempat bersantap. Nah, salah satu penjual gudeg yang cukup terkenal dan terbilang legend adalah Gudeg Yu Djum. Tak hanya bisa disantap ditempat, Kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

Gudeg
Gudeg (Foto:https://ksmtour.com)

8. Berkunjung ke berbagai wisata Jogja

Selain beberapa kegiatan diatas, jangan lupa untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata di Jogja. Hampir diseluruh penjuru Jogja menawarkan wisata mulai dari wisata pantai, tempat bersejarah, wisata unik, museum, wisata air, dan lain sebagainya.

Pilihlah lokasi wisata yang sekiranya bisa terjangkau dengan mudah sesuai dengan budget dan waktu liburanmu di Jogja. Untuk masalah transportasi, tak perlu khawatir karena selain ada Bus Trans, dan angkutan umum lain yang siap mengantarkanmu ke berbagai tujuan, disini juga banyak penyewaan motor dan mobil.

Informasi lengkap tempat wisata di Jogja

Itulah 8 kegiatan yang bisa Kamu lakukan saat di Jogja. Selain itu masih banyak lagi. Nah, rencanakan liburanmu dari jauh-jauh hari mulai dari transportasi hingga tempat wisata Jogja mana saja yang hendak Kamu kunjungi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *