Tekwan

7 Makanan Khas Palembang Yang Wajib Dicoba

Selain dikenal dengan tempat wisatanya yang sangat menakjubkan dan juga layak untuk dijelajahi, Palembang merupakan sebuah kota yang memiliki ragam kuliner yang luar biasa lezatnya. Berbagai makanan khas Palembang selalu berhasil menarik hati para wisatawan untuk menyicipi cita rasa makanan tersebut. Tentunya hal ini akan sangat cocok ketika dinikmati di saat menyaksikan ragam pertandingan ASIAN Games 2018 kelak.

Lebih lengkapnya tentang kuliner Palembang, berikut ini beberapa makanan khas Palembang yang wajib kamu coba di saat berwisata ke Palembang, khususnya saat menonton ASIAN Games 2018.

1. Pempek

Salah satu makanan khas Palembang yang sangat mendunia dan banyak buru oleh wisatawan adalah pempek. Makanan yang dibuat dari bahan tepung sagu yang dicampur dengan daging ikan ini sangatlah mudah untuk ditemukan di Palembang. Di dalam kuliner pempek ini, sering kali dibubuhi telur yang kemudian digoreng dan disajikan bersama saus cuka yang dibuat dengan cara tertentu. Tentunya hal ini akan memberikan nilai plus pada dirinya.

Pempek
Pempek (Foto: pempekselamat.com)

2. Mie Celor

Untuk makanan khas Palembang lainnya yang juga sangat terkenal di Sumatera Selatan dikenal dengan sebutan mie celor. Dikenal sebagai olahan dari mie yang dicampurkan dengan santan yang sangat kental ini dianggap sebagai makanan tradisional Palembang yang wajib Anda coba. Sebagai pelengkap, Anda akan mendapati beberapa bahan pelengkap lain seperti bawang goreng, udang, irisan telur, daun bawang dan juga tauge. Lebih nikmatnya lagi, Anda bisa menambahkan suwiran ayam.

Mie Celor
Mie Celor (Foto: http://www.pengusahasukses.com)

3. Kue Lapis Maksuba

Jika dilihat secara sekilas, kue lapis maksuba ini sangat menyeruapi kue lapis pada umumnya. mesikupun demikian, makanan khas Palembang yang satu ini memiliki tekstur yang sangat lembut karena bahan pembuatnya yaitu susu kental manis dan juga telur bebek. Dengan mencampurkan bahan yang sesuai, kudapan lezat kue lapis maksuba ini sangat cocok utuk dijadikan kudapan lezat di saat santai.

Kue Maksuba
Kue Maksuba (Foto: http://kulapislegit.blogspot.com)

Baca juga: 6 Fakta Menarik Asian Games 2018

4. Tekwan

Jika dilihat dari bentuknya, tekwan yang merupakan makanan khas Palembang ini bentuknya hampir sama dengan pempek. Sedangkan perbedaan dari kedua makanan tersebut terletak pada kuah yang disajikan berupa kuah udang yang dicampur dengan berbagai bahan lain, seperti bawang goreng, jamur kuping, bihun dan lain sebagainya. Akan lebih nikmat jika tekwan ini Anda makan saat hangat dengan cuaca dingin.

Tekwan
Tekwan (Foto: citarasaindonesia.co.id)

5. Kue Lumpang

Untuk makanan khas Palembang yang lainnya adalah kue lumping yang merupakan jajanan tradisional khas Palembang dengan bentunya yang menyerupai lumpang dan memiliki tekstur lembut serta gurih. Sering kali parutan kelapa muda diberikan di atasnya sebagai bentuk untuk menambah cita rasa kuliner tersebut. di lain sisi, penambahan parutan kelapa juga mampu mempercantik penampilan dari kue lumpang itu sendiri.

Kue Lumpang
Kue Lumpang (Foto: finsrecipe.com)

6. Es Kacang Merah

Sembari menikmati kuliner lezat pempek yang sangat menggoda, pastikan Anda tidak melewatkan untuk menyantap makanan khas Palembang yang dikenal dengan nama es kacang merah. Sebuah kuliner yang dibuat dari kacang merah dan disajikan pada sebuah es ini sangatlah mudah untuk Anda temukan di seluruh penjuru Palembang. Tentunya, tidak akan lengkap jika Anda berkunjung ke Palembang tanpa mencicipi lezatnya es kacang merah.

Es Kacang Merah
Es Kacang Merah (Foto: http://espisangijoasli.com)

7. Laksan

Bagi Anda yang bukan orang Palembang asli, makanan khas Palembang yang dikenal dengan nama laksan ini akan asing di telinga Anda. pada dasarnya, makanan ini dibuat dari bahan tepung sagu yang juga dicampur dengan ikan sehingga membentuk seperti pempek lenjer. Perbedaannya terdapat pada kuah santan yang berwarna lebih oranye dan kuning layaknya kare. Untuk menikmati kuliner ini akan lebih lengkap jika dibubuhi sambal pedas yang menggoda lidah.

Laksan
Laksan (Foto: http://www.masakandapurku.com)

Baca juga: 7 Oleh-Oleh Khas Palembang

Banyak sekali makanan khas Palembang yang pastinya wajib Anda coba di saat Anda berkunjung ke Palembang untuk berwisata atau sekedar melihat pertandingan ASIAN Games 2018 mendatang. Dengan mencicipi kulier khas Palembang, maka sudah pasti Anda akan merasa ada di Palembang seutuhnya. Jadi, pastikan untuk menyempatkan diri berburu kuliner Palembang yang tersebut di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *