Kepulauan Wakatobi

5 Kepulauan Terindah di Indonesia yang Wajib Diketahui!

Bagi kamu yang mencari tempat untuk menenangkan diri atau berwisata laut, pulau dengan angin sepoi-sepoi dan lautan bagi adalah pilihan terbaik. Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki lebih dari tiga belas ribu pulau, namun terdapat 5 kepulauan tercantik yang perlu kamu ketahui:

1. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Asal usul nama Raja Ampat berasal dari mitos masyarakat yang menceritakan empat raja yang memimpin empat daerah. Kepulauan Raja Ampat terdiri dari 4 pulau terbesar, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta Karena memiliki banyak habitat laut yang unik dan  keindahan bawah laut yang luar biasa, Kepulauan Raja Ampat menarik banyak turis maupun penyelam yang datang dari berbagai negara.

Kepulauan Raja Ampat
Warna biru laut dan hijau pulau yang menghiasi Kepulauan Raja Ampat (Foto: masdonie.blogspot.com)

2. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Kepulauan Anambas terletak di Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan kepulauan tropis terindah di Asia karena memiliki biota laut yang bervariasi, dan alami. Banyak sekali pantai pasir putih bisa kamu temukan di Kepulauan Anambas, selain itu, aktivitas bawah laut seperti snorkeling ataupun diving bisa kamu lakukan disini.

Kepulauan Anambas
Salah satu pulau di Kepulauan Anambas (Foto: indahnya-ibupertiwi.blogspot.com)

Baca Juga: 5 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

3. Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah

Kepulauan Karimunjawa merupakan Taman Laut yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.  Selain pantai dengan pasir putih, kamu bisa mengunjungi hutan bakau dan menemukan berbagai fauna langka di Kepulauan Karimunjawa.  Yang menarik, terdapat sebuah tempat penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Besar yang sering dikunjungi para wisatawan untuk foto bersama ikan hiu.

Penangkaran Hiu
Penangkaran hiu di Kepulauan Karimunjawa(Foto: jawa-karimun.blogspot.com)

4. Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Kepulauan Wakatobi juga merupakan Taman Nasional seperti Kepulauan Karimunjawa, yang ditetapkan pada tahun 2002. Kepulauan Wakatobi yang terletak di kabuputen Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sering dikunjungi wisatawan yang  melakukan aktivitas laut seperti snorkeling dan diving untuk melihat biota laut.

Kepulauan Wakatobi
Keindahan Kepulauan Wakatobi diatas udara (Foto: www.backpackerindonesia.com)

5. Kepulauan Seribu, Jakarta

Kepulauan Seribu terletak di laut utara Jakarta. Kepulauan seribu sering digunakan oleh penduduk dalam maupun luar Jakarta sebagai tempat beraktivitas laut yaitu, snorkeling dan diving. Terdapat beberapa pulau yang sering dikunjungi seperti Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, Pulau Pari, Pulau Tidung dan Pulau Harapan, kamu bisa menemukan lautan biru dan pantai pasir putih di kelima pulau loh.

Pulau Harapan
Pulau Harapan, Kepulauan Seribu (Foto: ngebolang.com)

Baca Juga : 5 Danau Terunik dan Tercantik di Indonesia

 

Setelah mengetahui kelima kepulauan tercantik di Indonesia, kepulauan mana yang kamu pilih untuk tempat wisatamu selanjutnya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *