Gunung Merbabu

7 Tempat Wisata Populer di Magelang

Wisata Magelang dari waktu ke waktu kini kian diminati tak hanya wisatawan domestik namun juga wisatawan asing. Keindahan spot wisata di Magelang juga membuat pemerintah gencar mempromosikan Magelang dengan sebutan Bali Baru. Nah, jika Kamu hendak berlibur, kota ini sepertinya sangat layak untuk dikunjungi.

Berikut ini 7 tempat wisata Magelang yang rekomended dan populer yang bisa Kamu kunjungi bersama teman atau keluarga.

1. Alun-Alun Kota Magelang

Ini adalah salah satu ikon kota Magelang. Tidak sekedar berputar-putar berkeliling alun-alun saja, disini terdapat beberapa fasilitas yang siap memanjakanmu. Mulai dari taman bunga, patung Diponegoro hingga bangunan menara air.

Alun-Alun Kota Magelang
Alun-Alun Kota Magelang (Foto: liburmulu.com)

2. Candi Borobudur

Mayoritas wisatawan menyebut jika Candi Borobudur terletak di Yogyakarta. Padahal, Candi Buddha bersejarah ini terletak di Magelang. Candi Borobudur terletak di Bukit Menoreh dan setiap tahunnya candi megah ini menjadi pusat perayaan Waisak.

Selain berjalan-jalan mengitari candi, Kamu juga bisa mengunjungi Museum Karmawibangga, Museum Samudraraksa, naik kereta kelinci, menunggang gajah, menikmati sunrise atau sunset hingga bersepeda santai.

Candi Borobudur
Tampak atas Candi Borobudur (foto: @mn.irfanfaiz)

3. Punthuk Setumbu

Bagi Kamu yang ingin menikmati sunrise berlatar Gunung Merapi dan Merbabu, datanglah ke Punthuk Setumbu. Tak hanya pemandangan dua gunung saja, disini Kamu juga bisa menikmati kemegahan Candi Borobudur yang diselimuti dengan kabut dari kejauhan.

Punthuk Setumbu sendiri adalah sebuah bukit dengan ketinggian kisaran 400mdpl. Nah, bukit ini masih masuk dalam gugusan Bukit Menoreh. Dulunya ini bukanlah tempat wisata melainkan hanya ladang dari penduduk sekitar.

Nah, Punthuk Setumbu kemudian ramai dikunjungi semenjak ada seorang fotografer yang mengambil pemandangan sunrise disana. Saat ini ketika Kamu berwisata kesana, Kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti gazebo, kursi kayu, rumah panggung, dan fasilitas lainnya.

Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu (foto: explorewisata.com)

Baca juga: 5 Tempat Wisata Alam Populer di Malang

4. Gereja Ayam

Jika dilihat dari bentuknya, sebenarnya ini lebih mirip dengan burung merpati. Meski begitu namanya adalah Gereja Ayam. Sebelumnya wisata Magelang ini adalah tempat tinggal warga hingga kemudian dijadikan sebagai rumah doa untuk umum.

Pendiri Gereja Ayam, Daniel Alamsjah, sebenarnya lebih suka menyebutnya sebagai rumah doa daripada menyebutnya gereja. Selain menjadi tempat ibadah, Gereja Ayam juga dijadikan sebagai pusat rehabilitas anak-anak yang cacat, orang gila dan juga pecandu narkoba.

Namun, sangat disayangkan karena pembangunan dari Gereja Ayam ini sempat terganggu sehingga jika dilihat mirip seperti bangungan yang tidak terurus. Meski begitu, semakin lama semakin banyak wisatawan yang kesini. Dan eksistensi dari wisata Magelang ini semakin tinggi semenjak digunakan sebagai syuting film AADC 2.

Gereja Ayam
Gereja Ayam (Foto: visitmagelang.id)

5. Curug Silawe

Wisata Magelang selanjutnya yakni Curug Silawe. Curug yang terletak di kaki pegunungan Sumbing ini terkenal sangat cantik dan asri. Hawanya juga sejuk. Cocok bagi Kamu yang ingin melepas penat.

Curug Silawe
Curug Silawe (Foto: kompasiana.com/wj_kusuma)

6. Gunung Merbabu

Gunung dengan ketinggian 3142mdpl ini adalah salah satu gunung favorit pendaki di Jawa. Untuk mendaki gunung ini, rata-rata dibutuhkan waktu sekitar 5 jam. Nah rasa lelah terbayar lunas ketika Kamu bisa melihat enam puncak gunung di Jawa Tengah dari puncak Merbabu. Selain itu, Gunung Merbabu juga memiliki padang sabana yang sangat mirip dengan yang ada di Pulau Kenawa, NTT.

Gunung Merbabu
Gunung Merbabu (Foto: http://explore1ndonesia.blogspot.com)

7. Air Terjun Grenjengan Kembar

Masih satu kawasan dengan Gunung Merbabu, seperti namanya, air terjun ini kembar alias punya dua air terjun yang saling bersebelahan.

Nuansa pedesaan sangat kental disini. Tak hanya itu, rimbunnya pinys juga membuat suasana di sekitar air terjun ini sangat sejuk.

Air Terjun Grenjengan Kembar
Air Terjun Grenjengan Kembar (Foto: jalanwisata.id)

Baca juga: 8 Kegiatan Seru Saat Wisata ke Jogja

Itulah 7 tempat wisata Magelang yang bisa Kamu kunjungi. Diantara ketujuhnya, mana saja tempat yang sudah Kamu kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *