jembatan ampera

7 Tempat Wisata Populer Di Palembang

Selain dijadikan sebagai tuan rumah dalam acara bergengsi ASIAN Games 2018 kelak, Palembang juga merupakan salah satu wilayah yang juga terkenal dengan sektor pariwisatanya. Berbagai tempat wisata Palembang mulai dari wisata kuliner hingga sejarah bisa Anda jelajahi di kota yang ada di wilayah Sumatera Selatan ini. Untuk lebih jauhnya, berikut ini beberapa tempat wisata di Palembang yang sangat populer di kalangan wisatawan:

1. Jembatan Ampera

Salah satu tempat wisata Palembang yang sangat populer adalah Jembatan Ampera. Jembatan yang dibangun pada tahun 1962 ini telah dinobatkan sebagai ikon serta lambang dari kota Palembang. Pada dasarnya, jembatan ini dibuat untuk menghubungkan dua daerah yaitu Seberang Ilir dan juga Seberang Ulu di mana di bawahnya mengalir sebuah sungai terpanjang yaitu sungai Musi. Untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh bisa berjalan sejauh 50 meter dari lokasi wisata ini.

jembatan ampera
Jembatan Ampera (Foto: http://www.rmolsumsel.com)

2. Sungai Musi

Dikenal sebagai sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang mencapai 750 km, sungai Musi dulunya memiliki peranan yang sangat penting dalam hal transportasi. Seiring dengan perkembangan zaman, sungai ini dimanfaatkan oleh sebagian warga Palembang untuk mengais rezeki serta dijadikan sebagai tempat wisata Palembang. Salah satunya Anda bisa berburu kuliner di restoran terapung, benteng kuto besak dan juga Kampung Arab. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu singgah di sungai yang sangat terkenal ini.

3. Pulau Kemaro

Uniknya lagi, di tengah-tengah pulau Musi terdapat sebuah pulau yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata Palembang yang sangat menarik dan unik. Dikenal dengan sebutan Pulau Kemaro, di tempat ini ada sebuah vihara yang masih aktif dan dijadikan sebagai pusat peribadatan. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat sebuah makam Putri Palembang yang menikah dengan Raja Cina yang diberikan mas kawin berupa 9 guci emas. Disini Anda bisa berfoto dengan pada pagoda 9 lantai yang dibangun tahun 2006.

Pulau Kemaro
Pulau Kemaro (foto: anekatempatwisata.com)

Baca juga: 6 Fakta Menarik Asian Games 2018

4. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Berlokasi di 7 km dari pusat kota Palembang, tempat wisata Palembang yang dikenal dengan sebutan Taman Hutan Wisata Punti Kayu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer. Di lokasi seluas 50 hektar ini, Anda bisa menikmati keindahan alam serta penangkaran buaya dan juga kebun binatang. Berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini diantaranya adalah bermain perahu, bermain di taman, berenang hingga berpiknik. Untuk tiket masuk lokasi wisata ini hanya dibandrol seharga Rp 5,000.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu
Taman Hutan Wisata Punti Kayu (Foto: http://era-wisata.blogspot.com)

5. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Salah satu tempat wisata Palembang yang mengusung nilai keislaman adalah Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin yang dibangun dengan memanfaatkan arsitektur Cina, Eropa dan Indonesia. dengan menerapkan berbagai sentuhan desain yang beragam ini menjadikan masjid tersebut sangat unik dan menarik. Terlebih lagi, di sekitar masjid tersebut juga dijual berbagai souvenir yang berupa kerajinan kayu, tenun serta makanan.

Masjid Agung Palembang
Masjid Agung Palembang (Foto: http://simas.kemenag.go.id)

6. Taman Kembang Iwak

Untuk Anda yang ingin menjelajah tempat wisata Palembang bisa singgah ke Taman Kembang Iwak yang notabene merupakan peninggalan Belanda zaman dahulu. Di era modern kali ini, lokasi taman kembang iwak ini menjadi primadona mereka yang sedang berkunjung ke Palembang. Di sini Anda bisa berlari di sepanjang kolam atau menikmati kudapan lezat di sekitarnya.

7. Air Terjun Lematang Indah

Berlokasi di Pagar Alam, salah satu tempat wisata Palembang yang selanjutnya dikenal dengan nama Air Terjun Lematang Indah ini memiliki ketinggian 40 meter dengan pemandangan serta nuansa sejuk di sekitarnya. Untuk berkunjung ke lokasi ini, pastikan Anda selalu berhati-hati dalam berjalan, karenan jalannya yang licin jika di musim penghujan. Untuk singgah di lokasi ini, Anda dikenakan biaya Rp 4,000.

Air Terjun Lematang Indah
Air Terjun Lematang Indah (Foto: http://www.tenda.biz)

Jika Anda berencana berkunjung ke Palembang demi menyaksikan ajang bergengsi ASIAN Games, pastikan Anda singgah di beberapa tempat wisata Palembang yang sangat terkenal dan sering dijadikan sebagai icon dari kota tersebut. Dengan mengunjungi wisata tersebut, liburan Anda akan semakin menyenangkan.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Favorit di Lembang Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *