Candi Ratu Boko

Wisata ke Jogja? Ini 5 Candi yang Boleh Kamu Kunjungi!

Candi Borobudur dan Candi Prambanan adalah dua destinasi wisata sejarah yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik lokal atau mancanegara. Kedua candi tersebut merupakan ikonik wisata di Jawa Tengah dan Jogjakarta bahkan Indonesia. Namun, Jogja juga memiliki 5 candi yang boleh kamu kunjungi selain Candi Borobudur dan Candi Prambanan lho! Berikut ulasan lengkap mengenai 5 candi untuk wisata di Jogja yang recommended dan bisa kamu jadikan referensi terbaru.

1. Candi Ijo

Meski bernama Candi Ijo, bukan berarti seluruh warna pada candi adalah hijau melainkan tetap susunan bebatuan warna hitam. Candi Ijo merupakan tempat wisata Jogja yang tepat berada di atas bukit Gumuk Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Kecantikan Candi Ijo yang berada di ketinggian 410 mdpl cukup memukau para wisatawan yang berkunjung. Kamu bakal menemukan dua ukiran mulut raksasa berbentuk naga di pintu gerbang. Setidaknya ada 17 bangunan pada 11 teras berundak yang harus kamu eksplore kalau berkunjung ke sini.

Candi Ijo
Candi Ijo (Foto: https://spadepicnic.wordpress.com)

2. Candi Sambisari

Terletak 12 kilometer timur kota Jogjakarta, kamu bisa mampir ke Candi Sambisari sebelum berkunjung ke Candi Prambanan. Lokasi kedua candi ini memang berdekatan sehingga kamu harus mampir ke Candi Sambisari yang diperkirakan ada sejak tahun 812-838 Masehi ini. Keunikan situ purbakala ini sebab berbeda dengan candi yang lain. Bangunan candi berada 6,5 meter di bawah tanah baik candi utama dan 3 candi pendamping. Selain itu, candi ini terdapat tembok yang mengelilingi setidaknya 50×48 meter.

Ingin mendapatkan informasi terkait proses rekonstruksi Candi Sambisari? Kamu bisa datang langsung ke ruang informasi untuk melihat langsung foto penemuan, rekonstruksi dan peninggalan Candi Sambisari yang berupa arca serta perunggu.

Candi Sambisari
Candi Sambisari (Foto: http://proyekwisata.blogspot.com)

Baca juga: 5 Candi yang Terkenal di Indonesia

3. Candi Ratu Boko

Tempat wisata Jogja yang semakin menjadi favorit wisatawan adalah Candi Ratu Boko yang berada di sebelah selatan Candi Prambanan. Candi ini lebih mirip dengan bekas bangunan keraton sebab kompleks candi memiliki luas 25 hektare. Terdapat paket wisata menyaksikan keindahan sunset yang wajib kamu coba lho! Sunset di Candi Ratu Boko telah lama dikenal sebagai pemandangan paling eksotis. Jangan heran kalau lokasi wisata satu ini kerap menjadi tempat favorit melakukan pemotretan.

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko (Foto: instagram.com/palmer.travel.k22)

4. Candi Sewu

Terletak di perbatasan antara Yogyakarta dan Klaten, Candi Sewu memiliki panorama yang cukup memukau. Meski pernah mengalami kerusakan akibat gempa bumi pada tahun 2006 lalu, kawasan Candi Sewu tetap ramai dikunjungi wisatawan. Kompleks candi bercorak Budha ini memiliki setidaknya 257 candi yang terdiri dari candi utama, 8 candi pengapit serta candi pawarta. Kalau berkunjung ke Yogjakarta, jangan lupa mampir ke destinasi wisata Jogja bersejarah ini, ya!

Candi Sewu
Candi Sewu (Foto: instagram.com/atika_muth)

5. Candi Kalasan

Candi peninggalan agama Budha ini berada di Desa Kalibening, Kecamatan Tirtamani, Kabupaten Sleman yang menjadi wisata Jogja menarik lainnya. Ya, kamu bakal melihat situs peradaban nenek moyang terdahulu yang terdiri dari tiga bagian yaitu kaki, tubuh dan atap candi. Kecantikan candi ini terdapat pada hiasan kala di setiap pintu masuk sebelah utara. Kuncup bunga, daun dan sulur menjadi penghias bagian jengger. Kamu bakal terhipnotis setiap relief lukisan yang ada di Candi Kalasan ini.

Candi Kalasan
Candi Kalasan (Foto: http://yacob-ivan.blogspot.com)

Baca juga: 5 Tempat Wisata Unik di Yogyakarta

Nah, 5 rekomendasi candi Jogja di atas wajib kamu kunjungi kalau berlibur ke Kota Pelajar ini. Wisata Jogja yang sarat akan peninggalan bersejarah bisa memberikan pengalaman dan edukasi baru. Yuk, kunjungi destinasi wisata historis untuk menambah khazanah wawasan kamu sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *