Pantai Ngur Sarnadan

8 Destinasi Wisata di Kepulauan Kei yang Mempesona

Wisata Kepulauan Kei di kabupaten Maluku Tenggara merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat mempesona. Keindahan panorama alam di daerah tersebut sangat luar biasa, serta terdapat berbagai macam pilihan spot wisata yang menarik. Tak heran bila banyak sekali wisatawan yang penasaran ingin berkunjung ke sana.

Saat ini, wisata di Kepulauan Kei sudah bisa dijangkau dengan mudah dengan adanya infrastruktur yang memadai untuk menuju ke sana. Hal ini terlihat dari adanya penerbangan Ambon – Langgur yang sudah dilayani oleh 3 maskapai dengan frekuensi 4 kali dalam sehari.

Inilah 8 Destinasi Wisata Kepulauan Kei

Di Kepulauan Kei, Anda bisa menikmati banyak sekali spot wisata yang menarik, berikut ini 8 di antaranya, yaitu:

1. Pantai Ngur Sarnadan di Ohoi Lilir

Salah satu wisata pantai yang patut dikunjungi yaitu pantai Ngur Sarnadan yang ada di Ohoi Lilir, Kepulauan Kei. Di pantai ini pasirnya sangat halus dan memiliki keindahan sunset yang tak boleh dilewatkan.

Pantai Ngur Sarnadan
Pantai Ngur Sarnadan (Foto: www.pedomanwisata.com)

2. Pantai Pasir Panjang di Ngurbloat, Ohoi Ngilngof

Masih satu garis dengan pantai Ngur Sardanan, pantai Pasir Panjang ini memiliki garis pantau sepanjang 2 km lebih. Di sekitaran pantai, ada banyak saung milik warga yang bisa disewa untuk bersantai sambil menyantap makanan dan minuman. Air lautnya sangat jernih, cocok untuk berenang, sunset nya juga sangat indah. Bahkan, majalah National Geographic menobatkannya sebagai pantai berpasir paling halus di dunia.

Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang (foto: marcorettobjaan.blogspot.com)

3. Pantai Pasir Timbul Ngurtafur sebagai Habitat Burung Pelikan

Wisata Kepulauan Kei ini merupakan sebuah kawasan pasir yang timbul saat air laut sedang surut, lokasinya berada di pulau Waha. Pulau ini memiliki pantai berpasir putih yang menjorok ke tengah laut sepanjang 2 km dan lebar 7 meter. Jika air sedang pasang, Anda tetap bisa menuju ke area pasir timbul dengan perahu. Ngurtafur sendiri merupakan habitat burung Pelikan yang sedang bermigrasi ke Maluku.

Pantai Timbul Ngurtafur
Pantai Timbul Ngurtafur (foto: @berangan_trip)

Baca juga: 8 Objek Wisata Terbaik di Pulau Sumba

4. Pulau Bair

Pulau Bair juga merupakan salah satu wisata yang wajib dikunjungi karena memiliki panorama laguna yang indah. Di sini pasirnya sangat bersih, terdapat ikan dan juga terumbu karang yang masih sehat. Selain itu, Anda juga bisa masuk di antara celah tebing karang yang eksotik di sekeliling pulau Bair.

Pulau Bair
Pulau Bair (foto: harnas.co)

5. Pulau Ngav, Er dan Ngodan

Salah satu daya tarik utama dari wisata Kepulauan Kei ini adalah keindahan bawah laut yang bisa dinikmati dengan aktivitas snorkeling. Tiga pulau ini memiliki pasir berwarna putih yang bersih, terumbu karang dan ikan hiu sirip hitam.

6. Gua Hawang

Gua Hawang merupakan sebuah kolam air tawar yang dalam, lokasinya terletak di Desa Letvuan. Gua ini terdiri dari dua liang yang dihubungkan oleh sungai di bawah tanah yang bisa dijelajahi dengan melakukan aktivitas diving. Gua ini sangat indah dengan adanya pantulan sinar matahari yang masuk dari celah-celah liang.

Gua Hawang
Gua Hawang (foto: @atre7)

7. Gua Luvat (Tebing Lukisan Tangan)

Destinasi wisata yang satu ini merupakan sebuah situs purbakala yang berupa tebing dengan lukisan matahari, panah, perahu, hewan dan lainnya. Lukisan yang menggambarkan kehidupan prasejarah tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

Gua Luvat
Gua Luvat (foto: phinemo.com)

8. Desa Adat Tanimbar Kei

Desa adat Tanimbar Kei ini memiliki daya tarik wisata karena masih memegang teguh bangunan, seni dan juga adat istiadat leluhurnya. Di sini Anda bisa melihat bentuk rumah adat Kepulauan Kei dengan beragam benda unik seperti patung, bejana, tembikar, atau perhiasan.

Baca juga: 8 Objek Wisata Hits di Derawan

Nah, itulah beberapa destinasi wisata Kepulauan Kei yang sangat indah dan mempesona. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *