Air Terjun Lapopu

8 Objek Wisata Terbaik di Pulau Sumba

Jika Nusa Tenggara Barat memiliki keindahan memukau di Pulau Lombok, Flores dan Sumbawa, maka Nusa Tenggara Timur tak kalah indah sebab memiliki Pulau Sumba. Ya, tempat wisata di Sumba terkenal eksotis dan mampu memikat banyak pelancong. Tak jarang artis atau public figure yang tertarik mengunjungi destinasi wisata di Sumba sekadar melepas lelah dan melakukan pemotretan. Kalau Anda tertarik liburan ke Pulau Sumba, wajib singgah ke 8 destinasi wisata rekomended berikut ini.

1. Bukit Wairinding

Bukit Wairinding menjadi salah satu tempat wisata di Sumba yang begitu fenomenal setelah aktris cantik Dian Sastro melakukan pemotretan di sini. Anda bisa memilih menikmati keindahan padang savana berwarna hijau kalau musim penghujan atau berwarna kuning keemasan saat masa kemarau tiba. Bukit Wairinding sendiri berlokasi di Desa Pambotanjara, Waingapu, Sumba Timur.

Bukit Wairinding
Bukit Wairinding (foto: indonesiakaya.com)

2. Pantai Puru Kambera

Wisata alam terindah yang ada di Sumba adalah Pantai Puru Kambera yang terletak kurang lebih 25 kilometer dari Waingapu. Eksotisme alam ini patut menjadi salah satu latar dalam foto Instagram Anda. Pasalnya, panorama pasir putih cantik dengan air laut berwarna biru menjadi pemandangan paling indah. Ditambah pula padang savana berwarna hijau dengan beberapa kuda yang tengah mencari makan. Keren ya?

Pantai Puru Kambera
Pantai Puru Kambera (foto: forester85.blogspot.com)

3. Persawahan Mauliru

Kata siapa persawahan tidak bisa menjadi tempat wisata yang eksotis? Anda mungkin bakal terhipnotis dengan keindahan persawahan Mauliru yang ada di Sumba. Hamparan yang hijau akan membuat pikiran penat Anda langsung hilang. Selain itu, Anda juga bisa berpose terbaik untuk menghiasi akun sosial media Anda.

Persawahan Mauliru
Persawahan Mauliru (foto: shirleensheila)

Baca juga: 8 Tempat Wisata Populer Di Manado

4. Danau Weekuri

Tempat wisata di Sumba yang wajib Anda kunjungi adalah Danau Weekuri. Anda bisa melepas lelah dengan berenang nyaman di danau yang memiliki kadar air garam tinggi ini. Tubuh lelah Anda bakal mengapung seperti berenang di Laut Mati lho! Datang saja ke Kabupaten Sumba Barat untuk menikmati destinasi wisata alam terbaik ini.

Danau Weekuri
Danau Weekuri (foto: sm.raga)

5. Pantai Mandorak

Liburan memang tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata pantai. Salah satu destinasi terbaik yang wajib Anda kunjungi kalau liburan ke Sumba adalah Pantai Mandorak. Pantai ini memiliki keindahan yang digadang menyamai keindahan Hawaii lho! Hamparan pasir putih dengan biru laut yang jernih menjadi keunggulan destinasi wisata di balik tebing ini. Sunset Pantai Mandorak disebut banyak orang sebagai salah satu kepingan surga di Indonesia.

Pantai Mandorak
Pantai Mandorak (foto: hilmanfazaldy)

6. Air Terjun Lapopu

Air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru yang berada di Desa Lapopu, Wanokaka, Sumba Barat. Air terjun bertingkat ini memiliki kolam berundak-undak yang akan menghilangkan semua stress Anda.

Air Terjun Lapopu
Air Terjun Lapopu (foto: indonesiakaya.com)

7. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu merupakan tempat wisata di Sumba yang menjadi tempat favorit para peselancar. Ombak di Pantai Nihiwatu merupakan salah satu ombak terganas yang menjadi tantangan tersendiri. Kalau Anda memiliki kemampuan menaklukkan ombak, tak ada salahnya datang ke Pantai Nihiwatu.

Pantai Nihiwatu
Pantai Nihiwatu (foto: satutimor.com)

8. Pantai Ratenggaro

Wisata alam dan budaya menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Pantai Ratenggaro. Anda bisa melihat langsung corak kebudayaan masyarakat sekitar atau sekadar menikmati keindahan wisata pantai. Ombak Pantai Ratenggaro juga lumayan menantang untuk Anda yang ingin mencoba berselancar. Tempat wisata di Sumba ini merupakan spot favorit pelancong baik lokal atau mancanegara.

Pantai Ratenggaro
Pantai Ratenggaro (foto: pedomanwisata.com)

Baca juga: 7 Kegiatan Seru Wisata di Ancol

8 tempat wisata di Sumba rekomended ini wajib Anda kunjungi bersama rekan atau keluarga. Agendakan liburan Anda bersama orang tersayang ke Nusa Tenggara Timur, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *