5 Danau Terunik dan Tercantik di Indonesia

Selain pantai ataupun gunung yang dijadikan objek wisata, danau juga tidak kalah menarik bagi para wisatawan, berikut ini terdapat 5 danau di Indonesia yang wajib kamu kunjungi:

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Siapa yang tidak pernah mendengar nama danau Toba? Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau Toba sangat terkenal dan mendatangkan banyak turis dari berbagai negara. Ada sebuah keunikan di danau ini yaitu sebuah pulau tengah danau yang bernama Pulau Samosir. Lokasi danau Toba terletak di Sumatera Utara.

Keindahan Danau Toba
Keindahan Danau Toba (Foto:http://www.zona1000.com)

2. Danau Labuan Cermin, Berau, Kalimantan Timur

Danau ini bernama Labuan Cermin dikarenakan jernihnya air danau yang seperti sebuah cermin, lokasi danau ini terletak di kecamatan Biduk-biduk,Berau, Kalimantan Timur atau 3 jam perjalanan laut dari Derawan. Sebuah keunikan dari Danau Labuan Cermin yaitu terdapat aliran air asin pada dasar danau, namun permukaaan air tetap merupakan air tawar seperti umumnya sebuah. Unik bukan?

Danau Labuan Cermin
Jernihnya air seperti cermin (Foto: https://penjualgorengan.files.wordpress.com)

3. Danau Kelimutu, Ende, Nusa Tenggara Timur

Keunikan Danau Kelimutu adalah warnanya, terdapat 3 kawah dengan 3 warna yang berbeda yaitu warna biru, merah dan putih, namun seiring waktu warna 3 danau ini pun sering berubah. Karena terdapat 3 warna, danau ini sering juga dikenal dengan nama Danau Tiga Warna. Lokasi Danau Kelimutu terletak diĀ Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

 

Danau Kelimutu
Kawah Danau Kelimutu (Foto: http://masdonie.blogspot.co.id)

Baca Juga: 5 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

4. Danau Kawah Putih, Ciwidey, Jawa Barat

Danau Kawah Putih terbentuk dari letusan Gunung Patuha dan berada di Ciwidey, Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 2000 meter dari dasar laut, keunikan danau ini adalah air danau yang berwarna putih dan mengandung belerang. Kawah Putih dianggap tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau kita berwisata ke Bandung.

Kawah Putih Ciwidey
Keindahan Kawah Putih (Foto: https://medischfun.wordpress.com)

5. Danau Segara Anak, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Danau ini terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat dinamai dengan Segara Anak atau anak laut, karena memiliki air dengan warna biru seperti laut. Danau Segara Anak ini merupakan kawah dari Gunung Rinjani dan uniknya, danau ini memiliki sumber air panas alam yang berkhasiat mengobati penyakit kulit.

Danau Segara Anak
Warna biru yang seperti air laut (Foto: https://kudubatja.files.wordpress.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *