Gunung Kerinci

5 Gunung Tertinggi di Indonesia

Tidak beda jauh dengan pantai, gunung juga sering dijadikan sebagai tempat wisata dan tempat yang sering dikunjungi oleh orang yang memiliki hobi mendaki. Warna hijau daun dan udara segar dapat membuat kita lebih tenang saat berlibur ke gunung. Berikut ini 5 gunung tertinggi di Indonesia yang wajib kamu ketahui:

1. Puncak Jaya, Papua (4884 m)

Puncak Jaya yang juga dikenal dengan Piramida Carstensz pada masa penjajahan Belanda ini terletak di Provinsi Papua. Dengan ketinggian yang mencapai 4888 meter, Puncak Jaya menjadi gunung tertinggi di Indonesia. Selain itu, Puncak Jaya memiliki gletser tropika diatas puncak dan menjadi gunung satu-satunya yang memiliki gletser di Indonesia.

Puncak Jaya
Puncak Jaya, Gunung Tertinggi di Indonesia (Foto: http://peakbagger.com)

2. Puncak Mandala, Papua (4760 m)

Puncak Mandala adalah gunung tertinggi kedua dengan ketinggian 4760 meter dan terletak di Provinsi Papua. Di masa penjajahan Belanda, Puncak Mandala juga dikenal dengan Puncak Juliana.

Puncak Mandala
Puncak Mandala, Foto: (http://elevation.maplogs.com)

Baca juga: 5 Candi yang Terkenal di Indonesia

3. Puncak Trikora, Papua (4751 m)

Puncak Trikora memiliki ketinggian 4751 meter atau hanya beda 9 meter dengan puncak Mandala sehingga menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia dan terletak di Provinsi Papua. Di masa penjajahan Belanda, Puncak Trikora dikenal dengan nama Puncak Wilhelmina.

Puncak Trikora
Puncak Trikora di Papua (Foto: http://elevation.maplogs.com)

4. Ngga Pilimsit, Papua (4717 m)

Gunung Ngga Pilimsit terletak di Provinsi Papua atau tidak jauh dari Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi keempat di Indonesia. Dengan ketinggian sekitar 4717 meter, Gunung Ngga Pilimsit ini juga dikenal dengan nama Idenberg pada masa penjajahan Belanda.

Ngga Pilimsit
Gunung Ngga Pilimsit yang juga dikenal dengan Mount Idenberg (Foto: travelingizzy.com)

5. Gunung Kerinci, Jambi (3805 m)

Beda dengan keempat gunung tertinggi lainnya yang terletak di Papua, Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi, Pulau Sumatera. Dengan ketinggian sekitar 3805 meter menjadi gunung tertinggi kelima di Indonesia, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan gunung tertinggi di Sumatera.

Gunung Kerinci
Gunung Kerinci yang terletak di Sumatera (Foto: http://frontroll.com)

Baca juga: 5 Danau Terunik dan Tercantik di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *