labuanbajo

10 Destinasi Bali Baru yang Wajib Dikunjungi!

Di mata internasional, Pulau Bali adalah salah satu pulau eksotis yang menjadi ikon Indonesia sejak dahulu. Meski ada banyak potensi wisata alam lain, Bali tetap saja menjadi primadona. Demi memperkenalkan deretan destinasi wisata keren yang tak kalah dari Pulau Dewata, 10 destinasi Bali baru berikut wajib masuk agenda tempat liburan yang wajib Anda kunjungi. Yuk, simak 10 tempat menarik yang direkomendasikan pemerintah Indonesia tersebut!

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba masuk dalam kawasan provinsi Sumatera Utara yang memiliki luas hingga 1.145 kilometer. Danau terluas di Asia Tenggara ini pun memiliki panorama alam tiada tara apalagi jika Anda singgah ke Pulau Samosir. Pemandangan alam berupa gunung, air terjun dan lain-lain bakal memikat mata.

Keindahan Danau Toba

2. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Siapa yang tidak mengetahui candi terbesar di dunia satu ini? Ya, Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan salah satu tempat tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara yang terletak di Magelang, Jawa Tengah.  Candi Borobudur termasuk salah satu Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

borobudur
Candi Borobudur (Foto: instagram.com/adeliadw)

3. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Kawasan wisata Mandalika memiliki luas 1035 ha di kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kawasan ini memiliki destinasi Bali Baru yang menarik yaitu deretan pantai ciamik seperti Pantai Kuta, Pantai Seger, Bukit Merese, Tanjung Aan dan lain-lain.

Baca juga: 5 Candi yang Terkenal di Indonesia

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo merupakan salah satu tempat wisata yang lagi hits dan berada di kawasan Taman Nasional Komodo, Flores , Nusa Tenggara Timur. Disini kita bisa menikmati keindahan alam dari pantai, bukit, goa bahkan dalam laut.

labuanbajo
Pulau Padar, Labuanbajo (Foto: instagram.com/filhaqa)

5. Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

Tanjung Kelayang merupakan pantai berpasir putih yang terletak di Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Selain memiliki pasir putih, Tanjung Kelayang juga memiliki air laut yang biru dan bebatuan granit yang menghiasi pantai tersebut.

6. Tanjung Lesung, Banten

Di Banten, ada destinasi Bali baru yang bakal dikembangkan menjadi resort internasional yaitu Tanjung Lesung. Tempat ini terletak 170 kilometer dari Jakarta atau bisa ditempuh dengan jarak setidaknya 3,5 jam. Tanjung Lesung merupakan salah satu pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, tentu saja disini selain bisa menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa melakukan snokerling ataupun diving untuk melihat keindahan dalam laut.

Baca juga: 5 Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

7. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Kepulauan Seribu telah lama dikenal sebagai pusat destinasi Bali baru di Indonesia yang letaknya tak jauh dari pusat Ibukota Indonesia yaitu Jakarta. Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu memiliki luas mencapai 108.000 ha. Pulau-pulau terkenal yang sering dikunjungi adalah Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Bidadari dan masih banyak lagi.

Jembatan Cinta
Jembatan Cinta di Pulau Tidung (Foto: suksessyam.wordpress.com)

8. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo adalah salah satu potensi wisata alam yang terdapat di provinsi Jawa Timur yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl. Gunung ini masuk dalam daftar gunung aktif di Indonesia yang memiliki pemandangan sunrise paling apik. Destinasi Bali baru satu ini tidak kalah populer dengan Pulau Dewata sebab menawarkan keindahan alam tiada dua.

Gunung Bromo
Gunung Bromo

9. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi adalah tempat wisata menarik yang ada di Indonesia Timur tepatnya Sulawesi Tenggara. Kawasan ini pun menjadi perhatian dunia dan ditetapkan sebagai destinasi Bali baru sebab menjadi habitat alami 90% karang di dunia dan ratusan spesies ikan.

Kepulauan Wakatobi
Keindahan Kepulauan Wakatobi diatas udara (Foto: www.backpackerindonesia.com)

10. Morotai, Maluku Utara

Beralih ke Maluku Utara, ada potensi wisata alam menakjubkan yang tak kalah dari Bali yaitu Morotai. Berlokasi di Halmahera, Pulau Morotai yang memiliki luas 695 mil/1800 km2 ini dihuni setidaknya 53.000 penduduk. Pemandangan alam yang dimiliki Morotai sangat indah hingga ia disebut sebagai mutiara di bibir Pasifik.

Saat ini, pemerintah pun berupaya mengembangkan potensi destinasi Bali baru agar mampu menyerap kunjungan wisatawan secara maksimal. Setidaknya ada 4 destinasi wisata yang menjadi prioritas utama yaitu Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo.

Baca juga: 5 Pulau Favorit di Kepulauan Seribu yang Wajib Dikunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *