Coban Ringin Gantung

Liburan Asyik di 7 Tempat Wisata Alam Air Terjun Terpopuler di Malang

Malang adalah kota di Jawa Timur yang kaya akan tempat wisata, ada wisata kuliner, wisata buatan, dan tentu saja wisata alam. Jika Anda memilih wisata alam Malang, Anda wajib mengunjungi 7 air terjun terpopuler di Malang. Air terjun-air terjun ini akan membuat Anda terkagum-kagum serta membantu Anda menyegarkan diri dari segala kepenatan yang Anda alami. Berikut ini 7 air terjun yang wajib Anda kunjungi selama berlibur di Malang.

1.  Coban Sumber Pitu Pujon

Coban adalah bahasa Jawa untuk air terjun, sedangkan pitu berarti angka tujuh. Jadi Coban Sumber Pitu adalah 7 air terjun dalam satu area tebing. Di Malang sebetulnya ada 2 Coban Sumber Pitu yaitu di Tumpang dan di Pujon. Yang akan kita bahas kali ini adalah Coban Sumber Pitu Pujon yang air terjunnya memiliki ketinggian yang sangat impresif.

Coban Sumber Pitu terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon. Air terjun ini terletak di tengah hutan. Jadi dari Desa Pujon Kidul, Anda harus siap mendaki jalanan menanjak sejauh 3 km menuju lokasi air terjun.

Coban Sumber Pitu seperti tirai 7 air terjun yang menutupi tebing tinggi. Tirai air terjun diselingi oleh tanaman hijau yang membuat lokasi air terjun terlihat asri dan segar. Kelelahan setelah berjalan kaki akan hilang sesaat setelah Anda melihat kemegahan Coban Sumber Pitu.

Coban Sumber Pitu Pujon
Coban Sumber Pitu Pujon (Foto: instagram.com/sobakuyohan)

2. Coban Rondo

Coban Rondo adalah salah satu air terjun paling terkenal dan paling digemari para wisatawan karena selain air terjun, di sini banyak fasilitas outdoor yang bisa dilakukan. Coban Rondo memiliki ketinggian lebih dari 60 meter dan lokasinya sendiri terletak di ketinggian 1.135 meter meter di atas permukaan laut. Jadi bisa Anda bayangkan bagaimana sejuknya jika Anda berada di sana.

Coban Rondo berada di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon. Lokasi menuju Coban Rondo lebih mudah dijangkau dan tidak jauh dari pintu masuk, jadi Anda tidak akan menemui masalah ketika membawa putra putri Anda. Selain menikmati keindahan air terjun Anda bisa bermain flying fox, paintball, fun tubing, atau mencoba keluar dari taman labirin bersama keluarga Anda.

Coban Rondo
Coban Rondo (Foto: instagram.com/rahma.w.dewi)

3. Coban Rais

Satu lagi air terjun di Malang dengan ketinggian yang sangat mengesankan yaitu Coban Rais. Air terjun ini terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Batu. Seperti air terjun lainnya, Coban Rais terletak di dalam hutan yang harus ditempuh dengan berjalan kaki melewati sungai dan jalan setapak. Air terjun ini merupakan bagian dari bumi perkemahan, jadi Anda bisa mengunjungi Coban Rais di siang hari sekaligus berkemah di malam harinya.

Coban Rais
Coban Rais (Foto: instagram.com/rizkyassidiqi)

Baca juga: 5 Air Terjun Populer Di Bali yang Mempesona

4. Coban Tumpak Sewu

Lokasi air terjun ini sejatinya sudah bukan Kabupaten Malang lagi, namun Kabupaten Lumajang. Meskipun begitu Coban Tumpak Sewu terkenal juga di Malang, jadi tidak ada salahnya jika Coban Tumpak Sewu dimasukkan ke dalam daftar.

Coban Tumpak Sewu memiliki ketinggian 180 meter dan terdiri dari tidak hanya satu atau dua air terjun, namun ada banyak air terjun. Itulah sebabnya masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Coban Sewu yang berarti air terjun seribu untuk menggambarkan banyaknya air terjun di sana.

Coban Tumpak Sewu
Coban Tumpak Sewu (Foto: instagram.com/herlinandini)

5. Coban Pelangi

Nama Coban Pelangi diberikan karena warna pelangi sering terpantul di air terjun. Coban Pelangi memiliki ketinggian 30 meter dan dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (BTS). Pengelolaan air terjun dan sekitarnya dilakukan oleh Perum Perhutani KPH Malang. Jika Anda dalam perjalanan menuju Gunung Bromo lewat Malang maka Anda wajib singgah sebentar menikmati keindahan Coban Pelangi ini.

Coban Pelangi
Coban Pelangi (Foto:instagram.com/bahrul_clevo)

6. Coban Talun

Coban Talun terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu. Ketinggian Coban Talun adalah 75 meter. Di dasar air terjun terdapat banyak batu besar yang kemudian memecah aliran air menjadi air terjun-air terjun kecil. Medan menuju Coban Talun serta area sekitarnya licin akibat lumpur sehingga Anda perlu hati-hati dalam melangkah. Saat musim hujan, waktu kunjungan akan dibatasi karena dikhawatirkan akan terjadi banjir di area air terjun. Musim kemarau adalah waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Coban Talun.

Coban Talun
Coban Talun (Foto: instagram.com/piotrunio)

7. Coban Ringin Gantung

Lokasi air terjun ini dekat dengan Coban Sumber Pitu Tumpang. Yang unik dari Coban Ringin Gantung adalah adanya pohon Beringin yang menggantung di sebelah air terjun setinggi 40 meter ini. Medan menuju lokasi cukup ekstrim jadi Anda harus ekstra hati-hati.

Coban Ringin Gantung
Coban Ringin Gantung (Foto: instagram.com/airkeruh_)

Ayo, coba jadwalkan liburan Anda agar bisa mengunjungi semua 7 air terjun terpopuler di Malang ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Unik di Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *