gua-pindul

5 Gua Terkenal di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!

Dengan mendengar kata ‘gua’ atau ‘goa’, membuat kita sering terbayang akan sebuah lubang hitam yang menyeramkan. Sebenarnya gua merupakan salah satu objek wisata yang juga sering dikunjungi oleh para wisawatan yang ingin melihat isi gua yang terbentuk dari ribuan tahun yang lalu. Coba dulu kunjungi 5 gua favorit di Indonesia ini:

1. Gua Jomblang, Gunungkidul, Yogyakarta

Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Goa Jomblang memiliki sebuah sinkhole atau lubang diatas gua sehingga menghasilkan sebuah cahaya indah yang juga disebut dengan cahaya surga. Cahaya surga lah yang menarik para wisatawan yang berkunjung kesini dan tentu saja tidak lupa mengambil foto di pemandangan yang indah tersebut.

Gua Jomblang
Cahaya surga Gua Jomblang (Foto: instagram.com/raynaldwynn)

2. Gua Pindul, Gunungkidul, Yogyakarta

Seperti Gua Jomblang, Gua Pindul ini juga terletak di daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Gua Pindul menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para wisatawan yang mengunjungi daerah Yogyakarta. Gua Pindul yang memiliki aliran sungai ini sering digunakan para wisatawan untuk menelusuri dan menikmati keindahan dalam gua dengan menggunakan ban.

gua-pindul
Menikmati keindahan Gua Pindul (Foto: www.justgola.com)

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Sering Dikunjungi!

3. Gua Hawang, Kei Kecil, Maluku Utara

Gua Hawang termasuk tempat wisata yang sangat populer dan tersembunyi karena terletak di Desa Letvuan, 15 km dari  Tual, Kepulauan Kei. Gua Hawang memiliki air yang sangat jernih sehingga terlihat berwarna biru yang sangat menarik perhatian para wisatawan.

Gua Hawang
Gua Hawang (Foto: instagram.com/jeffsug)

4. Gua Gong, Pacitan, Jawa Timur

Gua Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan dan memiliki banyak stalaktit maupun stalakmit berwarna putih.  Gua Gong memiliki sebuah keunikan yaitu ketika batu gua dipukul akan menghasilkan suara seperti gong. Selain itu, Gua Gong juga dihiasin dengan lampu dengan berbagai warna yang membuat gua ini terlihat lebih indah.

Gua Gong
Gua Gong (Foto: http://seospeeds.blogspot.co.id)

5. Gua Jatijajar, Kebumen, Jawa Tengah

Gua Jatijajar terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Seperti biasanya, kamu bisa menikmati keindahan stalaktit maupun stalakmit di dalam gua ini, namun Gua Jatijajar juga memiliki diorama dengan 32 buah patung yang mengisahkan Lutung Kasarung.

gua-jatijajar
Keindahan Gua Jatijajar (Foto: http://wisatajateng.com)

Baca juga: 5 Pulau Favorit di Kepulauan Seribu yang Wajib Dikunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *