Atraksi Lumba-Lumba

Inilah Wahana Ocean Dream Samudra Ancol yang Bisa Kamu Nikmati!

ODS (Ocean Dream Samudra) diresmikan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada bulan Juni tahun 1974. ODS didirikan pada tahun 70-an sebagai perwujudan impian bapak Ali Sadikin tentang perlu adanya sarana rekreasi edukatif yang mengenalkan pada masyarakat mengenai lautan beserta potensinya. Sebagai objek wisata keluarga dan edukasi,  ODS memiliki banyak wahana samudra Ancol.

ODS adalah unit oceanarium paling besar  di Indonesia yang terbagi atas pentas lumba-lumba, singa laut, dan aneka satwa. Selain itu terdapat akuarium ikan tawar dan laut. Tak hanya hewan laut, terdapat pula taman habitat bermacam burung. ODS merupakan Edutainment yang mengusung konservasi alam dan akan memberikan pengalaman pada pengunjungnya untuk lebih dekat mengenal serta menyayangi berbagai satwa khususnya satwa laut.

Berbagai Wahana di Ocean Dream Samudra Ancol

Objek wisata wahana samudra Ancol ini melayani pengunjung setiap hari. Jika hari biasa atau weekdays (Senin hingga Jumat), ODS mulai beroperasi jam 9 pagi hingga 5 sore. Sedangkan di hari libur dan weekend (Sabtu – Minggu), ODS mulai beroperasi jam 9 pagi hingga hingga 6 sore. Lalu apa saja wahana ODS?

1. Wahana Cinema 4D

Wahana cinema 4D merupakan wahana tempat pemutaran film yang penontonnya wajib mengenakan kacamata 3 Dimensi selama film berlangsung. Penonton akan menonton sambil merasakan kursi bergerak, disertai dengan kemunculan special effect misalnya cipratan air, hembusan angin, dan lainnya. Dengan demikian, para penonton bisa merasakan sensasi ketika menonton film tersebut.

Wahana Sinema 4D
Wahana Sinema 4D (foto: jalanjajanhemat.com)

2. Wahana Permainan Balloon Race

Wahana samudra Ancol yang satu ini sekarang telah diganti nama dengan wahana permainan ubur-ubur. Di wahana permainan ini, seluruh anggota keluarga dapat naik permainan berbentuk balon besar yang berputar searah jarum jam.

Wahana Ubur ubur
Wahana Ubur ubur (foto: ancol.com)

Baca juga: 7 Wahana Dufan Ancol yang Wajib Kamu Coba!

3. Wahana Boto-Boto

Wahana ini merupakan salah satu dari tiga wahana permainan di ODS yang dapat dinikmati anak-anak selama seru-seruan di ODS. Permainan boto-boto berbentuk pesawat yang dapat dinaiki dan akan berputar.

Wahana Boto boto
Wahana Boto boto (foto: ancol.com)

4. Taman Surga Burung

Di area wahana samudra Ancol Surga Burung merupakan tempat tinggal bagi beberapa spesies burung, namun saat ini sedang tutup. Di Surga Burung para pengunjung dapat mengambil foto bersama burung kakak tua jinak yang telah patuh dan mudah berinteraksi dengan orang-orang yang mengajak berfoto. Meski demikian, berfoto bersama koleksi burung Ocean Dream Samudra di wahana Surga Burung tetap harus didampingi petugas ODS.

5. Atraksi Lumba-Lumba dan Singa Laut

Di wahana atraksi Lumba-Lumba dan Singa Laut, pengunjung akan terhibur karena dapat menyaksikan kepintaran lumba-lumba dan singa laut dalam mematuhi perintah dan instruksi para pelatihnya. Pertunjukan dua hewan tersebut diadakan sesuai jadwal pada jam tertentu, jadi sebaiknya Anda menanyakan pada petugas ODS mengenai jadwal jam pertunjukan singa laut dan lumba-lumba agar tidak ketinggalan.

Atraksi Lumba-Lumba
Atraksi Lumba-Lumba (foto: ancol.com)

6. Scorpion Pirates

Di area wahana samudra Ancol Scorpion pirates para pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan pertempuran water stuntman di laut untuk melawan sang bajak laut Scorpion. Pertunjukan ini dihiasi dengan special effect yang memukau penonton.

Scorpion Pirates
Scorpion Pirates

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Bali Utara

Demikian sedikit ulasan mengenai beragam wahana di ODS (Ocean Dream Samudra). Harga tiket untuk masuk ke ODS saat weekdays (Senin – Jumat) pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 95.000 dan pada saat weekend (hari libur, Sabtu dan Minggu) pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 130.000. Loket penjualan tiket untuk masuk wahana samudra Ancol akan dilayani mulai jam 9 pagi hingga sejam sebelum waktunya tutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *