Air Terjun Telaga Dwi Warna di Sibolangit

8 Tempat Wisata Populer di Sumatera Utara

Ketenaran tanah Batak Sumatera Utara memang sudah tidak diragukan lagi salah satunya sebagai daerah penghasil penyanyi bersuara emas. Ditambah dengan banyaknya pengacara handal merupakan orang Batak. Belum lagi kalau kita bicara tentang tempat wisata Sumatera Utara termasuk kulinernya yang lezat. Bika Ambon, teri medan, durian hanya sebagian kecil dari beberapa makanan enak yang berasal dari propinsi yang ber-ibukota di Medan tersebut.

Bukan hanya Danau Toba saja tempat wisata bagus yang ada di Sumatera Utara masih banyak lagi yang lainnya. Hanya saja mungkin memang belumlah setenar danau yang berada di sekitar Pulau Samosir tersebut. Inilah beberapa tempat wisata yang populer di Sumatera Utara.

8 Destinasi Wisata Populer di Sumatera Utara

1. Salju Panas Tinggi Raja

Bicara tentang tempat wisata Sumatera Utara jangan lupa untuk mengunjungi tempat yang mirip dengan kawasan wisata Kawah Putih di Jawa Barat ini. Jaraknya cukup dekat dari kota Medan hanya sekitar 3 kilometer saja. Selama perjalanan dari pusat kota menuju tempat wisata tersebut kita akan dimanjakan dengan beberapa pemandangan indah seperti Lubuk Pakam dan Dolok Masihul. Tidak ada tiket masuk alias gratis hanya membayar parkir kendaraan saja sebesar Rp. 5000.

Salju Panas Tinggi Raja
Salju Panas Tinggi Raja (foto: ksmtour.com)

2. Air Terjun Telaga Dwi Warna di Sibolangit

Air terjun memang sudah hal biasa dan banyak ditemui di daerah lainnya tapi yang ini berbeda karena airnya dua warna. Sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Timbulnya warna biru muda dan putih abu-abu pada air terjun disebabkan oleh kandungan fosfor di dalamnya.

Air Terjun Telaga Dwi Warna di Sibolangit
Air Terjun Telaga Dwi Warna di Sibolangit (foto:ranselkecil.com )

3. Air Terjun Sipiso Piso di Berastagi

Jangan lupa mampir ke tempat wisata Sumatera Utara yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Tinggi pancuran dari air terjun tersebut mencapai 120 meter dan berada pada ketinggian sekitar 800 meter di permukaan laut. Buktikan sendiri keindahannya.

 

Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso (Foto: piknikzone.com)

Baca juga: 5 Air Terjun Tertinggi di Indonesia

4. Taman Nasional Gunung Leuser

Ingin mengunjungi kawasan pegunungan datang saja ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Terletak di perbatasan antara propinsi Aceh dan Sumatera Utara, destinasi wisata ini merupakan salah satu cagar budaya yang dilindungi oleh UNESCO. Cukup membayar Rp. 7500 saja untuk masuk ke tempat wisata ini.

Taman Nasional Gunung Leuser
Taman Nasional Gunung Leuser (foto: goodnewsfromindonesia.id)

5. Bukit Gundaling

Dari bukit ini kita bisa menyaksikan kegagahan 2 gunung berapi yang berdiri di sekitarnya. Lokasi yang mencapai 1500 meter dpl Anda akan merasakan sensasi kesejukan seperti sedang berada di kawan Puncak, Jawa Barat. Masukkan tempat wisata Sumatera Utara tersebut sebagai tujuan Anda.

6. Rumah Tjong A-Fie

Mengapa sebuah rumah dianggap luar biasa dan layak dijadikan sebagai tujuan wisata? Karena rumah ini dulunya adalah milik orang terkaya di Sumatera Utara, Tjong A-Fie namanya. Meninggal karena sakit pendarahan otak kemudian mewariskan rumah dan isinya yang selanjutnya dijadikan sebagai museum hingga sekarang.

Rumah Tjong A-Fie
Rumah Tjong A-Fie (foto: ksmtour.com)

Baca juga: 5 Makanan Khas Indonesia

7. Kampung Keling Medan

Mengunjungi kampung keling dimana mayoritas penduduknya adalah orang India akan membuat Anda serasa sedang berada di Bollywood. Kampung tersebut meskipun ada di Indonesia namun sangat kental dengan budaya dan makanan India. Dipadu dengan banyak bangunan khas Belanda yang masih banyak disana.

Kampung Keling Medan
Kampung Keling Medan (foto: cindyshiners.wordpress.com)

8. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Anda pecinta sejarah sebaiknya sempatkan diri untuk berkunjung ke museum dan galeri ini. Anda akan menemukan banyak koleksi binatang liar yang telah diawetkan sebagai sarana edukasi. Sangat tepat mengajak anak-anak mengunjungi tempat wisata Sumatera Utara yang satu ini. Kapan lagi bisa berwisata sambil belajar.

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery
Rahmat International Wildlife Museum and Gallery (foto: wisatamedan.net)

Baca juga: 5 Minuman Khas Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *