Danau Satonda, Dompu

8 Tempat Wisata di Sumbawa yang Paling Hits

Tempat wisata di Sumbawa yang hits memang cukup banyak. Anda hanya perlu mempersiapkan jadwal dan rencana anggaran agar bisa mengeksplore pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Lombok ini. Ada potensi wisata apa saja yang dimiliki salah satu aset besar propinsi Nusa Tenggara Barat ini? Yuk, simak 8 tempat wisata terelok yang ada di Sumbawa berikut ini.

1. Liang Petang

Lokasi tempat wisata di Sumbawa ini berada di Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, Sumbawa. Anda bakal diajak menyusuri gua yang begitu gelap dengan kedalaman hingga 80 kilometer. Gua ini menawarkan keindahan stalaktit dan stalakmit yang telah tercipta ratusan tahun. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan kamar-kama yang pernah digunakan para penyiar agama Islam terdahulu. Setelah puas menjelajah isi gua, Anda bisa menyegarkan diri dengan mandi di laguna.

Salah satu pemandangan di Liang Petang (foto: indonesiakaya.com)

2. Air Terjun Mata Jitu

Berlokasi di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Labuhan Badas, Sumbawa merupakan destinasi wisata yang pernah dikunjungi mendiang Putri Diana asal Inggris. Keindahan air terjun yang memiliki empat undakan dengan tujuh kolam ini merupakan salah satu bagian cagar alam Indonesia yang mempesona.

Air Terjun Mata Jitu
Air Terjun Mata Jitu (foto: kumparan.com)

3. Pantai Kencana

Eksotisme Pantai Kencana yang memiliki garis pantai melengkung indah dengan gradasi warna biru khas. Butiran pasir putih halus, ombak yang mengantam bukit karang serta dilengkapi fasilitas yang menarik seperti cottage, hotel, warung makan dan lain-lain. Pantai Kencana sendiri terletak kira-kira 11 kilometer dari Sumbawa Besar atau perlu waktu tempuh 15 menit saja.

Pantai Kencana
Pantai Kencana (foto: strawberryhillz.blogspot.com)

Baca juga: 7 Kegiatan Seru Wisata di Ancol

4. Pulau Moyo

Pulau Moyo terletak tak jauh dari Pantai Kencana merupakan tempat wisata di Sumbawa yang paling hits. Eksotisme pulau ini begitu memukau semua pelancong yang datang. Keindahan Pantai Air Manis dan pesona bawah laut di sini begitu eksotis. Anda bisa mencoba diving dan snorkeling menikmati biota laut yang ada di Pulau Moyo. Jangan lupa mengabadikan momen bersama hiu putih dan ikan pari, ya!

5. Gili Bedil dan Gili Keramat

Duo tempat wisata di Sumbawa yang sedang hits dikalangan traveler ini memiliki panorama eksotis. Lokasi dua pulau kecil ini berdekatan dan hanya dipisahkan oleh selat sempit saja. Eksotisme bawah laut dua gili ini bahkan menandingi tiga gili paling terkenal di Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Tak percaya? Datang saja ke Sumbawa.

Gili Bedil
Gili Bedil (foto: ketahui.com)

6. Pulau Kenawa

Sumbawa dikenal dengan eksotisme padang savana yang akan membuat Anda takjub. Datang saja ke Pulau Kenawa yang bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari Pelabuhan Poto Tano. Anda bisa mengabadikan spot paling instagramable dengan hamparan savanna hijau kala musim hujan. Selain itu, tempat wisata di Sumbawa ini memiliki pantai berpasir putih yang tak kalah memukau.

Pulau Kenawa
Pulau Kenawa

7. Pulau Dompu

Penghasil madu dan susu kuda liar paling populer ini memiliki destinasi wisata apik yang patut Anda kunjungi. Ya, Pulau Dompu terletak di tengah Pulau Sumbawa yang memiliki tempat wisata paling hits. Bagi Anda yang hendak menjauh dari kepenatan kota, bisa bersantai di Danau Satonda, Pulau Satonda, Pantai Lakey dan Pulau Nisa Pidu.

Danau Satonda, Dompu
Danau Satonda, Dompu (foto: traveltodayindonesia.com)

8. Tanjung Menangis

Seperti nama yang tersemat, Anda akan dibuat menangis selama perjalanan menuju ke tempat wisata di Sumbawa ini. Pasalnya, Anda perlu mendaki, melewati jalanan berpasir dan berbatu yang cukup menguras tenaga selama kurang lebih 30 menit dari pusat kota Sumbawa. Tetapi, pemandangan matahari terbenam dari ketinggian Mercusuar akan membuat Anda jatuh cinta pada Sumbawa.

Pantai Tanjung Menangis
Pantai Tanjung Menangis (foto: newswantara.com)

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Bali Utara

8 tempat wisata di Sumbawa di atas bisa menjadi tujuan liburan akhir pekan Anda. Ajak orang tersayang menikmati cuilan surga di tanah Sumbawa, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *