Tempat wisata Pantai Selong Belanak berlokasi di Desa Selong Belanak, kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah atau 30 menit dari Bandara Internasional Lombok. Pantai ini dikenal dengan pemandangan indah sekaligus juga mitos kematian yang sempat menghantui masyarakat. Disebutkan bahwa pantai yang mempunyai garis pantai 1km ini memiliki sebuah pulau di tengahnya yang dikenal dengan Pulau Gunung Wayang.

Banyak yang menganggap bahwa Pulau Gunung Wayang yang ada di tempat wisata Pantai Selong Belanak ini menyimpan suatu misteri dan menjadi tempat sakral bagi suku Sasak. Tidak boleh ada wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut tanpa adanya izin dari pemangku adat, Arnaq Salmah. Jika wisatawan nekat mengunjunginya tanpa izin, maka kematian sudah pasti akan mengancam. Hal ini telah berkembang lama dan dipercayai oleh masyarakat sekitar.

Dengan mencuatnya cerita mistis tersebut justru menarik wisatawan untuk datang ke tempat wisata Pantai Selong Belanak. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini diantaranya adalah berjemur, berjalan-jalan di tepi pantai, berenang atau bisa menyewa perahu penduduk setempat untuk aktivitas memancing. Sangat disayangkan jika wisata pantai ini kalah populer dengan pantai lainnya sehingga tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini.

Cara Menuju ke Pantai Selong Belanak

Untuk tiba di Pantai Selong Belanak, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Bandara Internasional Lombok dengan mengambil jalur yang menuju ke perempatan Batujai. Selanjutnya, belok kanan hingga bertemu dengan masjid Nurul Huda Batujai.

Setibanya di pertigaan masjid, wisatawan bisa belok ke kiri yang mengarah ke jalur Penunjak hingga mengarah ke tikungan pasar. Setelah itu, 30m dari tikungan pasar wisatawan akan melalui Desa Mungkus dan lurus ke selatan hingga tiba di Gapura Selong Belanak. Gapura itulah yang menjadi pintu masuk pantai.

Maps

Agent

Send a message

Review

0Base on 0 Reviews

    Reply

    Cancel reply