Pusat Kerajinan Perak Jogja

0 (0 reviews)
Pusat Oleh-Oleh

Siapa yang tidak kenal Kota Jogja? Dikenal sebagai Kota Pelajar, Jogja juga menyimpan banyak tempat wisata, baik alam, sejarah, hingga belanja.

Selain menjual batik khas Jogja dan kuliner yang melegenda seperti gudeg, kota ini juga memiliki pusat kerajinan perak yang terkenal. Terletak di Kota Gede, Anda akan mudah menemukan tempat ini karena memang telah populer sebagai pusat oleh-oleh kerajinan perak Jogja.

Kerajinan perak sendiri telah menjadi budaya yang turun-temurun bagi masyarakat setempat. Tidak hanya digemari wisatawan domestik saja, ternyata hasil karya ini juga telah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Mengenal Pusat Kerajinan Perak Jogja

Sebagai pusat kerajinan perak Jogja, para pengrajin di Kota Gede sebagian besar merupakan warga asli. Hampir semua hasil kerajinannya pun merupakan buatan tangan yang digarap secara manual. Tak heran jika hasilnya begitu mengagumkan. Berikut beberapa hal menarik seputar pusat kerajinan perak Kota Gede.

  1. Pusat Kerajaan Mataram Islam

Sebelum populer seperti sekarang, pusat kerajinan perak Jogja yang terletak di Kota Gede ini pada mulanya adalah pusat Kerajaan Mataram Islam. Jadi, jangan heran jika ketika menginjakkan kaki di tempat ini, Anda akan disambut oleh berbagai bangunan dengan arsitektur yang kental akan nuansa tempo dulu. Di daerah ini, banyak terdapat bangunan unik yang menjadi daya tarik banyak wisatawan, selain wisata belanjanya.

  1. Diawali dengan Kerajinan Imitasi

Jika sekarang terkenal akan kerajinan peraknya, ternyata Kota Gede dahulunya terkenal sebagai pusat kerajinan imitasi atau tiruan. Seiring perkembangan, dimulai pada abad ke-16, kerajinan tiruan itu kemudian berubah menjadi kerajinan perak seperti yang dikenal hingga saat ini. Perubahan ini diprakarsai oleh seorang bangsawan Keraton Yogyakarta, yaitu Panembahan Senopati yang menginginkan perlengkapan rumah tangga.

  1. Tidak Hanya Menjual Perhiasan

Dikenal sebagai pusat kerajinan perak, faktanya tempat ini tidak hanya menyediakannya perak dalam bentuk perhiasan saja. Berbagai perlengkapan rumah tangga dan pajangan unik sebagai pelengkap interior rumah juga tersedia di sini. Bahkan, tidak hanya perak, di Kota Gede ini, Anda juga dapat menemukan batik dan berbagai batu akik yang dapat dijadikan oleh-oleh ketika berwisata ke Jogja.

  1. Menyaksikan Langsung Proses Pembuatan Kerajinan

Sebagai pusat kerajinan perak, tentu saja daerah ini dipenuhi oleh pengrajin dan toko-toko yang menjajakan hasilnya. Selain dapat memuaskan keinginan belanja barang-barang yang terbuat perak, Anda juga dapat menambah wawasan dengan mengunjungi salah satu workshop. Di tempat tersebut, Anda dapat melihat proses pembuatan barang-barang dari perak dari awal hingga menjadi produk jadi.

Cara Menuju ke Pusat Kerajinan Perak Jogja

Kota Gede berada di jantung Kota Jogja sehingga amat mudah diakses. Pusat kerajinan perak Jogja ini terletak di sebelah utara Terminal Giwangan. Cara datang ke tempat ini cukup mudah karena kemudahan akses transportasi dan banyaknya pilihan angkutan.

Paling mudah adalah dengan menggunakan angkutan online yang telah banyak beroperasi sehingga mudah ditemukan di Jogja. Anda akan langsung diantarkan ke depan tempat kerajinan yang dituju.

Jika Anda datang dari luar kota dengan menggunakan pesawat dan telah menyewa kendaraan, setelah keluar dari bandara internasional Adi Sucipto, berkendaralah menuju daerah Janti.

Selanjutnya, arahkan kendaraan menuju ring road hingga keluar dan ambil arah kanan sampai melewati Jogja Expo Center (JEC). Lanjutkan perjalanan hingga bertemu belokan ke arah kiri. Ambillah jalur tersebut dan Anda pun akan sampai ke Kota Gede.

*Informasi jam buka/tutup dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 08:00 - 16:00
Selasa: 08:00 - 16:00
Rabu: 08:00 - 16:00
Open now
Kamis: 08:00 - 16:00
Jumat: 08:00 - 16:00
Sabtu: 08:00 - 16:00
Minggu: 08:00 - 16:00

What is Nearby?

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply