Kota Jogja memang telah dikenal sebagai Kota Seni, selain Kota Pelajar, tentunya. Banyak kesenian yang berkembang di kota ini dan salah satu pusat seni yang menarik terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di desa Timbulharjo.

Di kawasan, ini terletak Pasar Seni Gabusan Pusat yang dijadikan sebagai objek wisata, selain sebagai tempat jual beli karya seni masyarakat Bantul khususnya dan seniman Jogja pada umumnya.

Anda yang menyukai seni cocok sekali jika bertandang ke tempat ini. Tidak hanya lukisan, berbagai kerajinan yang terbuat dari kayu, bambu, kulit hingga logam, semuanya ditampung di tempat ini.

Mengenal Pasar Seni Gabusan Pusat

Sebagai pasar seni, ternyata tempat ini tidak hanya menyediakan barang seni untuk dipajang, tetapi juga peralatan rumah tangga. Jika Anda menginginkan tampilan rumah yang unik dan berbeda, patut sekali berburu barang-barang unik pelengkap interior rumah di tempat ini.

Keunikan Pasar Seni Gabusan Pusat

Pada umumnya, pasar merupakan tempat pusat jual beli masyarakat yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok untuk kehidupan sehari-hari. Namun, jika berkunjung ke Pasar Seni Gabusan Pusat, Anda akan menemukan hal berbeda.

Tak seperti pasar lainnya, barang-barang yang dijual di tempat ini sangat unik, yaitu berbagai hasil kerajinan tangan masyarakat Jogja. Jadi, jangan harap Anda menemukan bahan-bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

Sesuai namanya, pasar ini hanya menjajakan barang seni, mulai dari lukisan hingga berbagai pernak-pernik buatan para pengrajin Jogja. Pasar Seni Gabusan Pusat juga menyediakan workshop membatik yang dapat Anda kunjungi untuk melihat langsung serta mencoba belajar cara membuat batik dari pengrajinnya.

Lokasi Pasar Seni Gabusan Pusat

Pasar Seni Gabusan Pusat terletak di Jalan Parangtritis KM 9,5 di Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul. Jarak dari pusat Kota Jogja kurang lebih sekitar 15 menit jika berkendara dengan sepeda motor.

Saat memasuki area ini, akan ada penanda yang khas dan mudah ditemukan, yaitu berupa gong raksasa yang bertuliskan “Bantul Projo Taman Sari”. Pada bagian belakang gong, terdapat patung pesawat terbang.

Barang yang Dijual di Pasar Seni Gabusan Pusat

Saat Anda ke Jogja dan bingung memilih oleh-oleh yang akan dibawa, langsung saja meluncur ke Pasar Seni Gabusan Pusat. Di tempat ini, terdapat berbagai karya seni buatan tangan, mulai dari peralatan tradisional hingga modern.

Tidak hanya aksesoris, berbagai perabot rumah tangga dan pelengkap interior yang unik dan bernilai estetika tinggi dapat Anda temukan di sini.

Untuk memudahkan konsumen yang ingin membeli dan memilih barang-barang seni di tempat ini, pengelola mengelompokkannya berdasarkan bahan baku dan jenis barangnya.

Jadi, Anda tidak perlu bingung dan mondar-mandir ketika ingin membeli sesuatu di tempat ini. Terdapat 16 los yang mudah Anda datangi, yang berisi barang-barang sesuai kategori masing-masing.

Cara Menuju ke Pasar Seni Gabusan Pusat

Pasar seni ini berjarak kurang lebih 20 menit dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk menuju tempat ini, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk naik kendaraan umum, jika Anda datang dari arah Terminal Giwangan, pilihlah bus dengan jurusan Parangtritis. Apabila Anda datang dari Terminal Jombor, naiklah bus tujuan Terminal Giwangan, kemudian pindah bus ke jurusan Parangtritis.

*Informasi jam buka/tutup dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 09:00 - 17:00
Selasa: 09:00 - 17:00
Rabu: 09:00 - 17:00
Kamis: 09:00 - 17:00
Jumat: 09:00 - 17:00
Sabtu: 09:00 - 17:00
Minggu: 09:00 - 17:00
Closed

Agent

Send a message

Review

0Base on 0 Reviews

    Reply

    Cancel reply