Kebun Buah Mangunan adalah  sebuah objek wisata yang terkenal di Yogyakarta. Wisata ini makin terkenal ketika banyak akun-akun sosial media mempromosikan keelokan alamnya di dunia maya. Keunikan dari kebun ini adalah berada di atas bukit dengan ketinggian sekitar 200 mdpl. Dari ketinggian inilah, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Wisatawan bisa melihat deretan pegunungan seribu yang berada persis di bawah Kebun Buah Mangunan.

Daya Tarik dan Keunikan Kebun Buah Mangunan

Daerah di Kebun Buah Mangunan ini dibangun pada tahun 2003 oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Dulunya kawasan ini adalah kawasan yang belum seterkenal sekarang. Dulu terkenal sebagai sentra dikembangkannya aneka tanaman buah yang layak konsumsi seperti  jambu air, jambu biji, rambutan, mangga, sawo, kelengkeng, dan durian.

Dulunya, kawasan Kebun Buah Mangunan belum memiliki akses jalan yang sebaik seperti saat ini. Zaman dulu jalannya terjal dan berbatu. Tetapi makin ramai jumlah pengunjung, pemerintah setempat bergerak cepat untuk memperbaiki dan menjadikan sebagai ikon Kabupaten Bantul.

Tak hanya itu saja, di sini ada kawasan outbound untuk menunjang aktivitas para wisatawan.  Fasilitas lain yang bisa didapatkan antara lain mushola, penginapan, dan warung makan. Di hari-hari libur, tempat wisata ini dibanjiri oleh banyak wisatawan baik dari Bantul maupun wisatawan dari berbagai kota.

Rute Menuju ke Kebun Buah Mangunan

Untuk menuju ke Mangunan, rute yang paling mudah yakni dengan berkendara melewati perempatan ringroad terminal Giwangan. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah selatan atau melewati Jalan Imogiri Timur. Lantas lanjut ke Jalan Imogiri Barat dan ikuti alur jalanan sampai nanti muncul papan-papan penunjuk jalan ke lokasi Kebun Buah Mangunan.

Ikuti terus papan penunjuk tersebut sampai menemukan gerbang masuk Kebun Buah Mangunan. Untuk ke puncaknya sendiri, wisatawan masih harus berjalan kurang lebih 300 meter.

*Informasi harga tiket dan jam buka dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 4:30 - 18:00
Selasa: 4:30 - 18:00
Rabu: 4:30 - 18:00
Kamis: 4:30 - 18:00
Jumat: 4:30 - 18:00
Sabtu: 4:30 - 18:00
Minggu: 4:30 - 18:00
Open now

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews

Reply

Cancel reply