Wisata Bukit Panguk Kediwung merupakan tempat wisata terbaik untuk menikmati indahnya matahari pagi di Kota Yogyakarta. Berlokasi di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, tempat wisata ini pertama kali dibuka untuk umum pada 16 Mei 2016 silam. Untuk pengembangan wisata, Bukit Panguk Kediwung ini dikelola oleh kelompok pelestari lingkungan yang dipimpin oleh Eli Rusnanto.

Asal Mula dan Keindahan yang Ditawarkan

Asal mula nama wisata Bukit Panguk Kediwung berasal dari istilah “anguk-anguk” atau yang dalam bahasa Indonesia adalah menengok dari ketinggian tertentu. Sedangkan Kediwung merupakan nama dusun lokasi tempat wisata yang kini sudah mulai populer tersebut. Lokasi dari tempat ini terbilang sangat strategis yaitu berada di pinggiran tebing Watu Lawang serta berdampingan dengan Sungai Oyo.

Untuk menikmati pemandangan indah pada pagi hari di tempat wisata Bukit Panguk Kediwung, wisatawan disarankan untuk memulai perjalanan sekitar pukul 05.00. Demi mendapatkan panorama yang sangat mengagumkan, wisatawan harus menapaki sebuah jembatan dari bambu yang cukup panjang dan nantinya berakhir dengan sebuah pemandangan yang menakjubkan.

Selama berwisata di sini, wisatawan bisa sepuasnya melakukan selfie dengan berlatarbelakang bukit serta sorot matahari yang mempesona.

Cara Menuju ke Bukit Panguk Kediwung

Obyek wisata Bukit Panguk Kediwung berlokasi 24km dari Kota Yogyakarta atau 2km dari wisata Kebun Buah Mangunan. Jika perjalanan dimulai dari terminal Giwangan, maka wisatawan bisa berkendara dengan mengambil arah lampu merah Giwangan.

Dari sini lalu mengambil arah ke selatan yang menuju Pasar Imogiri. Selanjutnya, belok kiri yang mengarah ke makam raja-raja yang sebelumnya ada pertigaan. Di pertigaan ini nantinya akan ada papan penunjuk arah dan ikuti arahan tersebut untuk tiba di tujuan.

*Informasi harga tiket dan jam buka dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews

Reply

Cancel reply