Vihara Buddhagaya Watugong

0 (0 reviews)
Vihara & Kelenteng

Vihara Buddhagaya Watugong merupakan tempat ibadah agama Buddha yang bertempat di Semarang, Jawa Tengah. Tepatnya berada di depan Markas Kodam 4 Diponegoro. Komplek ini pada dasarnya terdiri dari dua bangunan tersebut.

Ada bangunan Pagoda Avalokitesvara dan Dhammasala serta berbagai bangunan lainnya. Pagoda Avalokitesvara ini merupakan bangunan yang terkenal memiliki nilai artistik tinggi. Tingginya saja mencapai 45 meter dan dianggap sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

Sejarah Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong berdiri sekitar tahun 1950. Vihara ini dipercayai merupakan vihara yang pertama dibangun setelah runtuhnya kerajaan Majapahit. Dinamakan dengan Watugong dikarenakan terdapat batu alam asli yang berbentuk gong yang sekarang terletak tepat di depan pos keamanan vihara. Batu tersebut unik karena secara langsung berbentuk gong tanpa rekayasa tangan manusia, juga sebagai peninggalan sejarah setelah keruntuhan Kerajaan Majapahit.

Fakta Menarik Vihara Buddhagaya Watugong

Terdapat salah satu bangunan di Vihara Buddhagaya Watugong ini yaitu Pagoda Avalokitesvara atau Pagoda Metta Karuna dan bisa diartikan sebagai pagoda cinta dan kasih sayang. Awalnya pagoda didirikan untuk menghormati seorang dewi bernama Dewi Kwan Sie Im Po Sat.

Dewi Kwan Sie Im Po Sat pun sudah dipercaya oleh umat Buddha sebagai dewi kasih sayang. Bangunan Pagoda Avalokitesvara ini memiliki tinggi 45 meter dan terdapat 7 tingkatan yang menyempit ke arah atas.

Pagoda Avalokitesvera terlihat memiliki percampuran warna merah dan kuning khas bangunan Tiongkok. Bahkan bangunan ini pertama kali diresmikan langsung oleh MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia tahun 2006.

Rute Menuju Vihara Buddhagaya Watugong

Untuk menuju ke Vihara Buddhagaya, ada banyak rute yang bisa dipilih. Mulai dari Harumi Tea & Noodle House, Kota Semarang hanya menempuh waktu sekitar 61 menit. Sedangkan jika dari X Pool Lounge & Cafe hanya menempuh waktu 51 menit saja.

Jika dari arah Burjo Meisya hanya menempuh waktu sekitar 54 menit. Lalu kalau dari SPBU Poncol hanya menempuh waktu 57 menit. Sedangkan kalau dari Gama Candi Resto “Spesial Ikan Bakar” bisa ditempuh dengan waktu 28 menit saja.

Itulah penjelasan mengenai Vihara Buddhagaya Watugong yang berada di Semarang. Berwisata agama Buddha sekarang bisa langsung datang saja ke Vihara Buddhagaya Watugong. Anda bisa belajar langsung mengenai budaya hingga berbagai hal lainnya.

Informasi harga tiket dan jam buka dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 8:00 - 21:00
Selasa: 8:00 - 21:00
Rabu: 8:00 - 21:00
Open now
Kamis: 8:00 - 21:00
Jumat: 8:00 - 21:00
Sabtu: 8:00 - 21:00
Minggu: 8:00 - 21:00

What is Nearby?

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply