Taman Tebing Breksi

0 (0 reviews)
Rp10.000
Gunung

Pada tahun 2015, Sultan Hamengkubuwo X meresmikan Taman Tebing Breksi sebagai salah satu tempat cagar budaya. Tempat wisata ini mulanya merupakan tambang batu breksi. Setelah tidak digunakan, pemerintah mengubahnya menjadi salah satu wisata alam yang terkenal karena pemandangannya.

Rute Menuju Taman Tebing Breksi

Tebing Breksi berada di Dusun Groyokan, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini berdekatan dengan Candi Ijo yang merupakan salah satu candi tertinggi di Yogyakarta. Selain itu, candi ini juga masih satu jalur menuju Candi Prambanan.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, pengunjung bisa melewati jalur menuju Prambanan. Jika sudah sampai di pertigaan Pasa Prambanan, ambil arah ke kanan menuju Piyungan. Kemudian, pada pertigaan sebelum SDN Sambirejo, belok ke kiri. Lurus terus hingga 1 kilometer, dan tebing breksi berada di sana.

Harga Tiket Masuk Taman Tebing Breksi

Untuk masuk ke tempat ini, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk dan parkir kendaraan. Tiket masuk untuk wisatawan lokal sebesar Rp10.000 dan wisatawan mancanegara sebesar Rp20.000. Sedangkan biaya parkir motor adalah Rp2.000, mobil Rp5.000, minibus Rp15.000, dan untuk bus sebesar Rp25.000.

Di masa pandemi, tempat ini sudah mulai beroperasi sejak pertengahan 2020. Namun, untuk berkunjung ke sana, pengunjung tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Jam operasional tempat ini adalah jam 6.00-18.00 WIB pada hari Senin, jam 6.00-22.00 pada Selasa-Minggu.

Wisata Tebing Breksi

Tebing ini terkenal karena keindahan panorama alam yang ditawarkannya. Dari puncak tebing, pengunjung dapat menyaksikan sunrise dan sunset yang indah dengan pemandangan Yogyakarta dari kejauhan.

Selain itu, banyak juga tempat-tempat di tebing ini yang instagramable. Ada juga beberapa hal yang menarik dari tempat wisata ini.

  1. Ukiran Dinding Tebing

Seperti namanya, tempat wisata ini menawarkan tebing batuan breksi yang berwarna putih. Hal yang membuatnya berbeda dari tebing lainnya adalah tebing pada tempat ini diukir dengan berbagai tema, di antaranya seperti ukiran berbentuk naga raksasa dan ukiran sejarah Tebing Breksi sendiri.

  1. Sunrise dan Sunset di Atas Tebing

Di tempat ini, terdapat sebuah tangga yang bisa digunakan pengunjung untuk naik ke atas tebing. Dari sana, panorama alam Yogyakarta yang asri dapat dilihat dengan jelas.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika pagi atau sore hari. Selain karena tidak begitu panas, pada waktu tersebut, pengunjung juga bisa menikmati sunset dan sunrise di sana.

  1. Amphiteater

Di kaki bukit tempat ini, dibangun sebuah amphiteater. Area tersebut biasanya digunakan sebagai tempat pertunjukan atau hiburan yang bisa dinikmati pengunjung pada waktu-waktu tertentu.

Itulah beberapa informasi menarik seputar Tebing Breksi. Nah, jika Anda berkesempatan berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk singgah ke objek wisata alam yang satu ini.

*Informasi harga tiket dan jam buka dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 6:00 - 18:00
Selasa: 6:00 - 22:00
Rabu: 6:00 - 22:00
Kamis: 6:00 - 22:00
Closed
Jumat: 6:00 - 22:00
Sabtu: 6:00 - 22:00
Minggu: 6:00 - 22:00

What is Nearby?

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply