Taman Hutan Raya Gunung Kidul

0 (0 reviews)
Rp10.000
Hutan

Taman Hutan Raya Gunung Kidul merupakan salah satu destinasi wisata di Gunung Kidul. Dari sekian banyaknya destinasi wisata alam yang ada di Gunung Kidul, Taman Hutan Raya ini merupakan salah satu destinasi yang sangat disarankan untuk dikunjungi.

Terutama bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan terhadap ilmu alam, Taman Hutan Raya Gunung Kidul tentu menarik karena tempat ini memiliki aneka hayati dan tanaman langka.

Taman ini diresmikan pada tahun 2012 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Kawasan dengan luas 634 hektar ini menyajikan wisata alam dengan ragam varietas tanaman dan hewan yang banyak. Di antaranya adalah seperti rusa timor yang sudah ditangkarkan sejak 1999.

Selain itu, tentunya masih ada banyak lagi hal yang menarik dari taman hutan ini. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.

Lokasi Taman Hutan Raya Gunung Kidul

Taman yang sering digunakan sebagai wilayah konservasi penelitian ini berada di kawasan konservasi Hutan Bunder, tepatnya di daerah Pathuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika ingin pergi ke tempat ini, Anda bisa melewati jalan yang menuju Wonosari. Selama pandemi taman tetap buka, tetapi pengunjung disarankan untuk mengikuti protokol kesehatan yang berlangsung.

Untuk masuk ke dalam hutan raya, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp10.000 saja. Namun, jika ingin mencoba beberapa wahana yang disediakan seperti flying fox atau ayunan, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Jika berkenan, tempat ini juga bisa disewa untuk acara game ataupun foto prewedding.

Wisata Taman Hutan Raya Gunung Kidul

Tempat ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta yang bekerja sama dengan kelompok tani di sekitar daerah tersebut. Mereka inilah yang mengelola berbagai macam varietas tanaman dan hewan yang berada di taman ini.

Di taman ini, ada beberapa kawasan yang dikhususkan untuk tanaman atau hewan tertentu saja. Area seluas 6,2 hektar dikhususkan bagi penangkaran rusa timor dan sekarang, taman hutan raya ini sudah memiliki lebih dari 30 ekor rusa timor.

Generasi rusa timor yang pertama kali diambil dari Kebun Binatang Gembira Loka. Selain itu, juga terdapat berbagai macam burung seperti burung elang, burung alap-alap, burung madu, burung kepodang, dan burung cucak kutilang.

Ada juga area yang dikhususkan untuk varietas tanaman. Area 10,7 hektar dari taman hutan raya ini ditanami berbagai macam tanaman kehutanan, di antaranya adalah mahoni, jambu mete, kayu putih dan jati. Taman hutan ini juga rajin melakukan penanaman atau reboisasi.

Selain itu, di taman ini juga terdapat pabrik minyak kayu putih yang sudah berdiri seja tahun 1980-an. Pabrik ini melakukan proses penyulingan kayu putih yang berbahan dasar daun dan ranting pohon kayu putih yang banyak tumbuh di sana.

Jadi, selain menyenangkan, Taman Hutan Raya Gunung Kidul ini juga merpakan tempat wisata yang menyimpan berbagai ilmu pengetahuan.

Maps

Opening Hours

Senin: 8:00 - 15:30
Selasa: 8:00 - 15:30
Rabu: 8:00 - 15:30
Kamis: 8:00 - 15:30
Closed
Jumat: 8:00 - 15:30
Sabtu: 8:00 - 15:30
Minggu: 8:00 - 15:30

What is Nearby?

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply