Informasi di Surabaya

Tentang Surabaya

Kota Surabaya merupakan ibu kota dari Jawa Timur. Surabaya termasuk kota metropolitan. Luas wilayahnya mencapai 350,54 km2. Jumlah penduduk kota ini berada di kisaran angka 2,8 juta jiwa.

Wilayah Surabaya terdiri dari dataran rendah. Serta di kelilingi oleh banyak perbukitan. Walaupun kota ini berada di tepi wilayah perairan. Surabaya tidak terletak di jalur sesar yang aktif.

Budaya dan Bahasa

Meskipun tergolong sebagai kota besar. Surabaya tetap punya banyak kebudayaan yang unik dan khas. Kota ini masih menjaga kelestarian budayanya. Misalnya, seni tari ngremo, ludruk, okol, dan lain sebagainya.

Warga Surabaya mayoritas menggunakan bahasa jawa akan tetapi berbeda dengan bahasa jawa yang digunakan di Jawa Tengah. Dialek bahasa jawa Surabaya lebih lugas dan keras. Walaupun bahasa jawa halus juga kerap digunakan sebagai penghormatan kepada orang lain.

Transportasi di Surabaya

  • Angkot

Di Surabaya, angkot disebut juga dengan bemo atau lyn. Ada lebih dari 50 trayek angkot di kota ini. Setiap angkot dilengkapi dengan huruf dan rutenya. Tarifnya hanya sekitar Rp 4.000. Untuk meminta turun, penumpang cukup memencet bel yang berada di bagian atas angkot.

  • Bus

Terdapat dua jenis bus kota di Surabaya yaitu, ekonomi dan patas. Rutenya berjumlah 19, setiap rute akan melewati jalan utama. Tiap bus diberi kode huruf atau gabungan huruf serta angka

Ada pula bus khusus untuk kegiatan wisata yakni, SSCT dan SHT. Tiap bus memiliki rute wisata yang berbeda. Untuk bus SHT bisa dinaiki dengan gratis. Sedangkan bus SSCT memasang biaya sekali perjalanan sebesar Rp 7.500.

  • Becak

Alternatif transportasi lain yang bisa dipilih adalah becak. Transportasi tradisional ini sangat cocok untuk transportasi jarak dekat. Becak lebih banyak digemari para wisatawan. Tarif untuk jarak dekat hingga sedang berkisar Rp 10.000 - Rp 15.000.

Tempat Belanja di Surabaya

  • Tunjungan Plaza

Tempat ini termasuk pusat perbelanjaan yang terbesar dan tertua di Surabaya. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1986. Tempat perbelanjaan ini buka selama 12 jam setiap harinya. Plaza ini juga punya beberapa pusat hiburan yang menarik.

  • Hi-Tech Mall

Bagi yang mencari barang elektronik. Area ini merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya tempat ini menjual beragam perangkat teknologi yang lengkap. Tempat ini tidak hanya menjual produk baru tetapi juga barang elektronik bekas.

  • Kampoeng Ilmu

Pilihan tempat belanja unik yang tidak boleh dilewatkan adalah Kampoeng Ilmu. Tempat ini punya banyak pilihan buku lama dan antik. Ada juga beberapa komik dan majalah keluaran lama yang dijual dengan harga murah.

Destinasi Wisata di Surabaya

  • House of Sampoerna

Tempat ini punya arsitektur khas zaman kolonial belanda. Bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 1862. Di tempat ini wisatawan bisa menyaksikan proses produksi rokok, berfoto, melihat museum, dan bersantai di kafe.

  • Pantai Ria Kenjeran

Pantai terkenal ini berjarak 9 km dari pusat kota Surabaya. Pantai ini punya keindahan yang mempesona. Selain itu, wisatawan akan menemukan berbagai bangunan bergaya tiongkok di sekitar pantai ini.

  • Ciputra Waterpark

Tempat wisata air ini dibangun di atas lahan dengan luas lebih dari 5 ha. Konsep yang diusung tempat ini diadaptasi dari kisah dongeng. Terdapat beragam wahana yang seru mulai dari sirens river sampai flying fox.

Kuliner Khas Surabaya

  • Rawon

Ciri khas makanan ini adalah kuah yang berwarna kehitaman. Rawon menggunakan daging sebagai bahan utama. Untuk menambah kesegaran rawon diberi taburan kecambah dan daun seledri.

  • Tahu Tek

Makanan ini termasuk kuliner yang sederhana. Makanan ini terdiri dari kentang, lontong, tahu, kecambah, dan seledri. Makanan ini mudah sekali ditemukan baik di restoran maupun warung pinggir jalan.

  • Rujak Cingur

Makanan satu ini merupakan salah satu kuliner andalan Surabaya. Makanan ini terbuat dari campuran lontong, buah, dan sayuran. Bahan tersebut kemudian disiram dengan campuran petis dan bumbu kacang.