Curug Tujuh Bidadari merupakan tempat wisata alam yang banyak dilirik pelancong ketika datang ke Semarang. Pesona keindahan alamnya memang begitu memukau. Salah satunya dengan adanya tiga tingkatan yang memiliki ketinggian berbeda.

Selain itu, udara di sekitarnya juga sangat sejuk sehingga membuat pengunjung makin betah berlama-lama. Hijaunya panorama khas pegunungan juga tidak lepas sebagai daya tarik utama wisata air terjun ini.

Wisata Curug Tujuh Bidadari Semarang

Air terjun yang berada di Desa Keseneng, Semarang ini dipercaya masyarakat sekitar menyimpan sejumlah legenda dan sejarah menarik. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara akses ke sekitar lokasi jika ingin mengunjunginya.

Daya Tarik Curug Tujuh Bidadari

Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah tiga tingkatan air terjun yang dimilikinya. Tingkatan tersebut mengalirkan air yang sangat jernih dengan bebatuan alam yang terhampar di sekelilingnya.

Ketinggian air terjunnya memang tidak terlalu ekstrem sehingga tetap aman untuk pengunjung. Bahkan, tidak heran ada yang kuat memanjat sampai tiga tingkatan. Air terjun yang paling tinggi adalah 15 meter, tingkatan kedua setinggi 10 meter dan yang terakhir memiliki ketinggian hanya 5 meter.

Sejarah dan Asal-usul Curug Tujuh Bidadari Semarang

Asal-usul dinamakan Curug Tujuh Bidadari konon katanya merupakan tempat yang dulu sering digunakan untuk tempat mandi oleh bidadari. Bahkan, legenda Jaka Tarub yang meliputinya terkenal sampai sekarang.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan tempat wisata ini juga semakin pesat. Proses pembangunan sarana dan prasarana pendukungnya menghabiskan dana mencapai Rp130 juta. Dana tersebut merupakan hasil patungan dari Dana Desa, swadaya masyarakat, dan pemerintah.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Curug Tujuh Bidadari Semarang

Sejuknya air yang mengalir dari aliran curug memang menarik pengunjung untuk berenang. Selain berenang, wisatawan juga bisa sekadar bermain air atau berfoto dengan latar belakang pemandangan air terjun.

Panorama sekitar yang hijau dengan udara yang sejuk juga membuat tempat wisata alam ini cocok untuk refreshing. Anda juga bisa mencicipi kuliner khas daerah tersebut dan menikmati sejumlah fasilitas yang tersedia, seperti:

  • Mushola
  • Pondokan
  • Camping ground
  • Sarana outbond
  • Area parkir yang luas
  • Toilet bersih, dan lain sebagainya

Cara Menuju ke Curug Tujuh Bidadari Semarang

Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk menuju air terjun yang berada di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang ini. Jika berkendara dari Semarang, Anda bisa mengukuti jalur Semarang-Solo. Setelah itu, arahkan kendaraan sampai ke Pom Lemah Abang dan teruskan ke Wisata Bandungan.

Setelah ke Bandungan, arahkan lagi ke Sumowono sampai menuju Curug Tujuh Bidadari. Anda juga bisa berkendara melewati Kaliwungu hingga pertigaan Boja. Dari pertigaan ini, ambil jalur kiri sampai ke Sumowono. Arah Magelang, Jogja, hingga Wonosobo juga bisa menggunakan jalur Ambarawa sebagai rute yang singkat.

Demikian ulasan tentang Curug Tujuh Bidadari Semarang. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp4.000 per orang, tentu saja objek wisata ini cukup terjangkau. Terlebih pemandangan alam di sekitarnya sangat memanjakan mata dengan segenap fasilitas yang dimilikinya.

*Informasi harga tiket masuk & jam buka/tutup dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 8:00 - 17:00
Selasa: 8:00 - 17:00
Rabu: 8:00 - 17:00
Kamis: 8:00 - 17:00
Jumat: 8:00 - 17:00
Sabtu: 8:00 - 17:00
Minggu: 8:00 - 17:00
Closed

Agent

Send a message

Review

0Base on 0 Reviews

    Reply

    Cancel reply