Kawasan Ungaran, Semarang, memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik. Salah satunya Curug Lawe Semarang. Tempat wisata alam ini masuk ke dalam kawasan anak Gunung Ungaran serta merupakan hulu Kali Banjir Kanal Barat atau yang sering disebut Kali Garang.

Banyak hal menarik yang bisa pengunjung dapatkan ketika berwisata ke air terjun satu ini. Mulai dari akses lokasi, pesona dan daya tarik, hingga sejarahnya begitu menarik dikupas. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk Curug Lawe Semarang.

Berbagai Hal Menarik di Curug Lawe Semarang

Air terjun dengan udara sejuk ini merupakan salah satu daya tarik utama kawasan Ungaran, Semarang. Tentu saja berbagai daya tarik dimilikinya sehingga menjelma sebagai destinasi unggulan.

Keunikan Curug Lawe

Salah satu keunikan dari Curug Lawe adalah aksesnya yang cukup panjang. Pengunjung harus melewati perjalanan cukup panjang untuk sampai ke air terjun. Sebelum memasuki kawasan, terdapat jalur yang berupa hamparan perkebunan the dan cengkeh.

Nama lengkap dari Curug Lawe sendiri adalah Curug Lawe Benowo Kalisidi atau CLBK. Sesampainya di pintu gerbang, wisatawan akan disambut oleh kawasan hutan lindung yang masih sangat rapat. Aliran sungai dengan arus cukup deras juga makin menambah keunikan wisata alam ini.

Daya Tarik Curug Lawe

Curug Lawe merupakan air terjun yang memiliki karakteristik unik. Bentuknya sangat khas dengan tebing curamnya. Tebing tersebut membentuk cekungan serta menghasilkan debit air yang cukup deras.

Tidak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan indahnya pesona pemandangan hutan yang ada di sekitarnya. Hutan hijau ini memiliki sumbangsih besar dalam menciptakan hawa sejuk yang sangat menenangkan pengunjung.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Curug Lawe

Curug Lawe memang termasuk ke dalam wilayah administratif Perhutani Semarang. Walaupun demikian, banyak aktivitas yang tetap bisa Anda lakukan, misalnya saja trekking di sekitar lokasi. Bermain air dan berenang di perairannya yang sejuk juga menarik dicoba.

Tidak hanya melakukan aktivitas umum lain seperti berfoto, Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata terdekat Curug Lawe, seperti Curug Benowo maupun Sendang Pengantin.

Cara Menuju ke Curug Lawe

Secara administratif, Curug Lawe berada di Desa Kalisidi, Gunung Pati, Kecamatan Ungaran Barat. Untuk lebih mudahnya, air terjun indah ini berada di sebelah barat lereng Gunung Ungaran. Jika ditempuh dari pusat Kota Semarang sekitar 12 km. Apabila hendak menempuhnya dari alun-alun Ungaran, jaraknya sekitar 7 km.

Ada sejumlah rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju kawasan wisata ini. Anda bisa berkendara dari alun-alun Ungaran ke Mapangan melalui Boja. Setelah sampai Boja, ambil arah kiri persimpangan menuju menuju kebun The Zanzibar, lalu belok kiri hingga ke Desa Muncar yang menjadi lokasi parkir.

Anda juga bisa melewati jalur lama. Jika melewatinya, Anda akan menemui saluran serta jembatan irigasi. Jika jalur baru yang Anda lewati, Anda akan melihat Sendang Pengantin hingga ke bendungan.

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, Anda bisa membayar tiket masuk sekitar Rp5.000 dan datang antara pukul 06.00 WIB sampai 15.00 WIB.

*Informasi harga tiket masuk & jam buka/tutup dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 6:00 - 15:00
Selasa: 6:00 - 15:00
Rabu: 6:00 - 15:00
Kamis: 6:00 - 15:00
Jumat: 6:00 - 15:00
Sabtu: 6:00 - 15:00
Minggu: 6:00 - 15:00
Closed

Agent

Send a message

Review

0Base on 0 Reviews

    Reply

    Cancel reply