Air Terjun Kali Pancur

0 (0 reviews)
Rp5.000
Air Terjun

Tidak hanya wisata perkotaan saja yang khas di Semarang. Air terjun merupakan pilihan yang tidak boleh Anda lewatkan. Salah satu yang paling menarik adalah Air Terjun Kali Pancur Semarang. Tempat wisata alam ini memiliki nuansa pegunungan yang sangat khas.

Lokasinya memang cukup tersembunyi. Walaupun demikian, hal ini tidak menyurutkan minat pelancong untuk mengakses kawasan tersebut. Air Terjun Kali Pancur Semarang ini juga satu lokasi dengan Gunung Telomoyo.

Wisata Air Terjun Kali Pancur Semarang

Pemandangan alam yang memukau di Air Terjun Kali Pancur Semarang ini memang bisa menghipnotis siapa saja. Meski demikian, tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp5.000 per orang. Inilah beberapa informasi penting seputas objek wisata alam ini.

Daya Tarik Air Terjun Kali Pancur

Salah satu keunikan yang bisa Anda dapati di tempat wisata ini adalah panorama alam Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu yang tampak dari kejauhan. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat adanya goa-goa kecil di sekitar kawasan. Hal ini yang membuat panorama alam keseluruhannya menjadi cukup beragam.

Jika ingin menepi sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan, Anda bisa menuju kawasan ini sebagai pilihan refreshing. Secara sekilas, debit air yang jatuh ke bawah terasa seperti hujan karena derasnya. Hal inilah yang juga menjadi daya tarik lain dari tempat wisata ini.

Keunikan Air Terjun Kali Pancur

Ketinggian curug mencapai 100 meter sehingga disebut-sebut merupakan curug tertinggi di Semarang. Suara air yang jatuh terasa begitu khas menandakan debit airnya yang cukup deras. Hijaunya pemandangan di sisi kanan dan kiri tebing menciptakan panorama background alami untuk berfoto.

Ada juga jembatan kayu buatan yang digunakan sebagai jalan pengunjung. Jembatan tersebut juga berguna untuk spot foto bagi para anak muda. Bahkan, pengelola juga menyediakan kursi bambu khusus untuk menambah kesan estetika di jembatan ini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Kali Pancur

Ragam aktivitas bisa Anda lakukan ketika menyambangi air terjun ini, salah satunya adalah bermain air serta berenang. Anda juga bisa duduk-duduk di pinggiran air terjun hingga melakukan trekking mengelilingi kawasan. Berfoto di spot yang tersedia jangan sampai dilewatkan.

Berada di tempat yang cukup tersembunyi memang membuat pedagang makanan tidak menjajakan barang dagangannya di lokasi. Anda bisa membawa bekal jika ingin mengisi perut atau membeli di warung-warung di sekitar jalanan.

Cara Menuju ke Air Terjun Kali Pancur

Secara administratif, Curug Kali Pancur ada di Desa Nogosaren, Kecataman Getasan, Semarang. Ada beberapa alternatif yang bisa digunakan jika ingin menuju lokasi. Anda bisa naik bus dari Semarang dan turun di Terminal Jaka Tingkir Salatiga. Estimasi waktunya sekitar 27 menit dengan jarak tempuh 14,5 km.

Rutenya mulai dari Jalan Lingkar Selatan kemudian menuju Jalan Raya Kopeng sampai ke Magelang-Salatiga. Kemudian teruskan perjalanan ke daerah Kali Pancur, Semarang. Anda bisa naik ojek hingga sampai gerbang pintu masuk dengan biaya sekitar Rp20.000.

Demikianlah ulasan tentang Air Terjun Kali Pancur Semarang. Ragam pesona yang dimilikinya memang menciptakan daya tarik tersendiri. Cocok bagi yang ingin refreshing di tengah penatnya aktivitas.

*Informasi jam buka/tutup dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 8:00 - 16:00
Selasa: 8:00 - 16:00
Rabu: 8:00 - 16:00
Open now
Kamis: 8:00 - 16:00
Jumat: 8:00 - 16:00
Sabtu: 8:00 - 16:00
Minggu: 8:00 - 16:00

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply