Pasar Beringharjo

0 (0 reviews)
Lainnya

Berwisata ke Pasar Beringharjo merupakan salah satu agenda wajib ketika Anda berlibur ke Jogja, baik untuk mencicipi kuliner khasnya ataupun untuk berbelanja oleh-oleh.

Kegiatan berwisata ke pasar tradisional yang satu ini akan memberikan pengalaman tersendiri kepada Anda karena dapat merasakan seni tawar-menawar yang menyenangkan. Bahkan, Anda juga dapat bercengkerama langsung dengan para penjual.

Berwisata ke Jogja rasanya kurang lengkap jika tidak singgah ke Pasar Beringharjo. Amat mudah menemukan tempat legendaris ini, yaitu di kawasan Malioboro yang merupakan salah satu ikon Kota Jogja.

Fakta Menarik Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo sendiri buka hingga malam sehingga memudahkan Anda saat akan berbelanja oleh-oleh. Sebagai ikon tempa belanja di Kota Jogja, tidak ada salahnya Anda mencoba menawar di pasar yang terkenal murah ini. Apa saja hal unik seputar pasar ini?

  1. Pasar Tertua

Tak hanya menjadi pasar yang paling populer, ternyata Beringharjo adalah pasar tertua di Kota Jogja. Sebelum menjadi pusat jual beli seperti sekarang, Beringharjo adalah hutan beringin yang amat lebat. Itulah sebabnya pasar ini diberi nama Beringharjo.

Beringharjo berarti “hutan pohon” sebagai simbol harapan untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Tempat ini kemudian dibuka dan dijadikan pasar setelah Keraton Jogja didirikan dan menjadi pusat ekonomi pada masa itu.

Nama pasar ini disahkan pada tahun 1925 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VII.Ciri khas yang paling menonjol dari Pasar Beringharjo adalah berbagai bangunan dengan tema arsitektur percampuran antara Jawa lama dan Eropa.

  1. Wisata Kuliner Legendaris

Jika Anda ingin mencicipi kuliner khas Jogja, Pasar Beringharjo adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi.

Sejak pagi hingga sore hari, banyak makanan yang dapat memuaskan selera Anda. Mulai dari pecel di pagi hari hingga berbagai kuliner angkringan yang khas pada malam hari. Salah satu makanan khas yang paling banyak diburu tentu saja adalah gudeg Jogja.

  1. Pusat Batik Terlengkap

Sebagai salah satu daftar wajib kunjungan wisata, Pasar Beringharjo menyediakan berbagai macam batik, mulai dari pakaian yang sudah jadi hingga kain yang terbuat dari berbagai material. Salah satu material batik premium yang tersedia di sini adalah sutra.

Tidak hanya batik, penutup kepala khas masyarakat Jawa, yaitu blangkon, juga tersedia. Tas-tas tote bag unik dengan kalimat-kalimat yang kreatif khas para seniman muda Jogja juga bisa Anda temukan di sini.

  1. Barang Murah, tetapi Tidak Murahan

Sebagai pasar tradisional dengan arsitektur terindah di Pulau Jawa, barang-barang yang dijual Pasar Beringharjo ini amat ramah di kantong.

Meskipun begitu, bukan berarti produk yang dijual adalah barang murahan karena material yang digunakan untuk pakaian mulai dari katun hingga sutra.

Selain itu, tersedia juga berbagai barang unik yang berkualitas. Untuk mendapatkan harga termurah, hal itu tergantung kepandaian Anda dalam hal tawar-menawar.

Cara Menuju ke Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo sendiri berada tepat di pusat wisata Kota Jogja yang ikonik, yaitu kawasan selatan Malioboro. Tepatnya yaitu di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Kecamatan Gondoman.

Jika turun di Stasiun Tugu, Anda bisa menuju tempat ini hanya dengan berjalan kaki. Apabila Anda menggunakan angkutan umum, pilihlah bus kota nomor 4 dan 7 atau bisa juga dengan menggunakan bus TransJogja jalur 1A, 2A, dan 3A

*Informasi jam buka/tutup dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 08:30 - 21:00
Selasa: 08:30 - 21:00
Rabu: 08:30 - 21:00
Kamis: 08:30 - 21:00
Closed
Jumat: 08:30 - 21:00
Sabtu: 08:30 - 21:00
Minggu: 08:30 - 21:00

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply