Museum WR Soepratman

0 (0 reviews)
Museum & Pameran

Berlibur ke museum merupakan ide menarik yang bisa Anda lakukan. Selain menyegarkan pikiran, tempat wisata bersejarah ini juga bisa menambah pengetahuan para pengunjungnya. Museum WR Soepratman merupakan salah satu tempat menarik yang ada di Surabaya.

Sebagai rumah tinggal pencipta lagu Indonesia Raya, ada sejumlah hal menarik yang dijumpai di sekitarnya. Mulai dari peninggalan-peninggalan beliau hingga tingginya nilai sejarah yang dimilikinya. Berikut ini ulasan lebih lanjut untuk wisata Museum WR Soepratman.

Berbagai Hal Terkait Wisata Museum WR Soepratman

Sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memang terkenal dengan tempat-tempat wisata bersejarah, tidak kecuali Museum WR Soepratman ini. Apa saja hal menarik yang ada di dalamnya? Inilah ulasannya.

  1. Sejarah Museum WR Soepratman

Museum WR Soepratman merupakan tempat bersejarah yang dulunya merupakan rumah komposer lagu Indonesia Raya. Selain menjadi rumah salah satu pahlawan Indonesia tersebut, tempat bersejarah ini juga terletak di tengah pemukian penduduk.

Nilai historis tiap lininya juga sangat tinggi karena dulunya museum ini juga menjadi tempat bersembunyi WR Supratman dari kejaran Belanda setelah menciptakan lagu Indonesia Raya. Ia pun akhirnya menetap di rumah ini sampai meninggal dunia.

  1. Daya Tarik Museum WR Soepratman

Bentuk museumnya sangat sederhana dengan ukuran 5×10 meter dan menghadap ke timur. Halamannya dihiasi taman mungil serta terdapat patung Wage Rudlof Soepratman yang tengah bermain biola. Rumah dengan 2 kamar tidur ini terpampang foto-foto beliau beserta keluarga dan sanak kerabatnya.

Daya tarik lainnya dari museum bersejarah ini adalah lemari kaca yang berisikan replika biola WR Soepratman. Sebagai tempat wisata sejarah, pengelola juga sudah menyediakan beberapa sarana dan prasarana lainnya untuk para pengunjung, diantaranya:

  • Area parkir yang memadai
  • Mushola
  • Rumah makan
  • Kamar mandi bersih
  1. Aktivitas di Museum WR Soepratman

Mengunjungi museum sama dengan napak tilas sejarah masa lalu. Anda bisa melihat-lihat setiap peninggalan bersejarah yang terpajang di lokasi. Misalnya saja replika biola, foto-foto WR Soepratman, perabot tempo dulu, dan masih banyak lagi.

Berfoto dan bersantai di taman halaman depan juga menarik untuk dilakukan. Pastikan untuk tidak menyentuh atau bahkan merusak barang-barang yang ada di dalam museum. Jika membawa anak kecil, usahakan agar tidak berlarian sembarangan agar ketertiban dan keamanan lokasi terjaga.

  1. Cara Menuju ke Museum WR Soepratman

Untuk yang ingin berlibur ke Museum WR Soepratman, akses lokasinya sebenarnya cukup mudah. Jika menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota atau bus, Anda bisa menuju daerah Tambak Sari. Sesampainya di pemberhentian Tambak Sari, lanjutkan dengan menaiki ojek agar bisa sampai ke lokasi secara cepat.

Adapun alamat museum bersejarah ini ada di Jalan Mangga 21, Tambak Sari, Surabaya, Jawa Timur. Jika masih bingung mencari lokasinya, Anda disarankan untuk mencarinya di Google Maps karena sudah ditandai secara jelas di layanan tersebut.

Bagi yang bingung menentukan lokasi yang tepat untuk berlibur, Museum WR Soepratman merupakan tempat terbaik yang bisa dikunjungi keluarga untuk mengisi waktu. Jangan lupa bagikan pengalaman berkunjung ke tempat bersejarah ini agar pamornya tidak surut di tengah maraknya tempat wisata baru.

*Informasi jam buka/tutup dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: Libur
Closed
Selasa: 9:00 - 17:00
Rabu: 9:00 - 17:00
Kamis: 9:00 - 17:00
Juamt: 9:00 - 17:00
Sabtu: 9:00 - 17:00
Minggu: 9:00 - 17:00

What is Nearby?

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply