Masjid Agung Jawa Tengah

0 (0 reviews)
Masjid

Masjid Agung Jawa Tengah atau di dalam Bahasa Jawa adalah Masjid Ageng Jawi Tengah ini merupakan masjid yang berada di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Masjid ini dibuat oleh arsitek bernama Ir. H. Ahmad Fanani. Dengan memadukan arsitektur Jawa dan Arab, secara resmi Masjid sudah melakukan peletakan batu pertama pada 6 September 2002. Dan memiliki luas sekitar 10.000 M2 lalu selesai pada 14 November 2006 Silam.

Sejarah Masjid Agung Jawa Tengah

Awal mula berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah ini bermula sejak kembalinya harta benda milik Masjid Besar Kauman Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah ini dibangun tepat di salah satu atas petak tanah banda wakaf milik Masjid Besar Kauman Semarang.

Lalu pada bulan Juni 2021, Masjid Agung Jawa Tengah sempat membuat suatu tim yang ditujukan untuk melakukan koordinasi mengenai keberadaan Masjid. Hal ini dilakukan agar tim bisa dapat berkontribusi dalam menangani berbagai hal.

Fakta Menarik Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah dibangun dengan luas sekitar 10 hektar dengan luas bangunan utara untuk salat sekitar 7.669 meter persegi. Masjid ini dibangun sejak tahun 2001 sampai dengan 2006 dan menjadikan Masjid ini menjadi yang termegah di Semarang.

Pembangunan Masjid ini pun dilakukan oleh seorang arsitek bernama Ir. H. Ahmad Fanani yang berasal dari pt Atelier Enam Jakarta. Untuk gaya yang dipilih merupakan perpaduan budaya antara Timur Tengah, Jawa dan Yunani.

Bangunan ini dibangun dengan Masjid beratap limas khas bangunan Jawa. Di tiap menaranya terdapat berbagai kubah ala Timur Tengah dan merupakan salah satu ciri khas dari bangunan Islam. Dan dilengkapi juga dengan bangunan 25 pilar di pelataran Masjid seperti koloseum lengkap dengan kaligrafinya.

Rute Ke Masjid Agung Jawa Tengah

Untuk menuju ke Masjid Agung Jawa Tengah, ada banyak rute yang dipilih. Salah satunya bisa melewati Jakarta ke Cikampek dengan mengambil Tol Cikompo, Palimanan, dan Kanci. Kemudian bisa melanjutkan perjalanan kembali melalui Tol Pejagan dan Pemalang.

Selanjutnya dapat melanjutkan perjalanan ke Pekalongan dan juga Batang. Nanti akan melewati Alas Roban, Weleri dan Kendal. Jika sudah sampai di Jalan Jenderal Sudirman, Sugiopranoto dan Pandaran. Lalu bisa mengambil Simpang Lima dan menuju ke Jalan Mayjend Sutoyo.

Kemudian bisa melanjutkan untuk mengambil Jalan R.A Kartini, Jalatundo, Gajah Raya dan akhirnya sampai di Masjid Agung Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya gratis, jika ingin ke Menara Asmaul Husna perlu membayar sekitar Rp 7.500.

Masjid Agung Jawa Tengah memang terkenal dengan fasilitasnya secara lengkap. Selain itu, Anda pun bisa menyempatkan untuk beribadah di Masjid Termegah ini. Sekarang tidak perlu bingung jika ingin berwisata Islami, bisa datang saja ke Masjid Agung Jawa Tengah.

Informasi harga tiket dan jam buka dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu

Maps

Opening Hours

Senin: 4:00 - 21:00
Selasa: 4:00 - 21:00
Rabu: 4:00 - 21:00
Open now
Kamis: 4:00 - 21:00
Jumat: 4:00 - 21:00
Sabtu: 4:00 - 21:00
Minggu: 4:00 - 21:00

What is Nearby?

Agent

Send a message

Review

0 Base on 0 Reviews
Service
Quality of customer service and attitude to work with you
0
Value for Money
Overall experience received for the amount spent
0
Location
Visibility, commute or nearby parking spots
0
Cleanliness
The physical condition of the business
0

Reply

Cancel reply